Kemlandingan

Giant Wood Spider

 

Laba-laba ini saya lihat sedang tergelantung cuek dan santai di tengah perkebunan kelapa sawit di Tanjung Morawa, Sumatera Utara. Tidak menunggu terlalu lama camera Canon S5is saya jepretkan dengan kondisi angin bertiup cukup kencang sehingga objek bergerak terus. Setting manual. Keterangan di bawah dilengkapi oleh teman baik saya Pak Handoko Widagdo salah seorang ahli serangga, khususnya laba-laba. Thanks to Pak Handoko Widagdo.

Ini namanya laba-laba kemlandingan atau bahasa latinnya Nephila maculata. Ini termasuk jenis laba-laba raksasa yang penyebarannya dari Jepang sampai Australia, dari India sampai Papua New Guinea. Dia membuat sarang untuk memerangkap serangga yang terbang. Serangga-serangga yang terjebak di jaringnya akan langsung dimakan, atau akan dibungkus dengan jaringnya untuk disimpan. Coba lihat pasangan kaki nomor tiga.

 

Panjang kaki ini lebih pendek dari tiga pasang kaki lainnya. Padahal biasanya laba-laba mempunyai empat pasang kaki yang sama panjang. Beberapa dari jenis ini adalah beracun. Namun tidak sampai mematikan manusia jika menggigit. Paling jari jadi bengkak membiru. Laba-laba ini membiarkan anak-anaknya berkeliaran di sarangnya sebelum mereka mampu membuat sarang sendiri. Sayangnya kalau lapar, anak-anak tersebut akan dimakannya.

Referensi:
http://www.richard-seaman.com/Insects/Japan/Spiders/GiantWood/
http://www.zoosprint.org/ZooPrintJournal/2000/March/229-230.pdf

 

 

About J C

I'm just another ordinary writer. Seorang penulis lepas dengan ketertarikan bidang: budaya, diversity, fotografi, ekonomi dan politik.

Arsip Artikel Website

3 Comments to "Kemlandingan"

  1. rara  5 November, 2017 at 00:00

    kalo di daerah saya namanya nggarang gati

  2. darren dragosta  25 March, 2012 at 11:47

    thanks atas penjelasannya, saya punya laba2 kyk gini,… dia bersarang di garace mobil di rumah, tp saya jaga dan kasi makan, karena laba2 ini sangat cantik dan unik.. dia bisa membengkok’an serat besi (net) utk d jadikan sarang, laba2 yg kuat sekali…

  3. innast  18 August, 2011 at 16:01

    oalahh lb 2 kyk gitu mah di kebun rumah q banyak

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *