Shanghai World Expo 2010

Sophie – Nanjing

Setelah Olympiade Beijing yang spetakuler, Pemerintah China kembali mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Expo 2010. Expo 2010 akan diadakan di ShangHai.

clip_image002[5]

Expo pertama kali diadakan pada tahun 1851. World Expo adalah suatu pameran non komersil, dan berskala besar, dan mendunia. Tujuan dari pameran ini adalah mempromosikan ide dan perkembangan ekonomi, budaya dan ilmu pengetahuan, teknologi dan sekaligus mempererat hubungan International antar bangsa. Pameran ini mencakup banyak negara negara di seluruh dunia.

Para peserta akan mempublikasikan karya2 mereka, menyajikan ide2 yang inovatif sebagai bentuk apresiasi terhadap negara mereka.

Di kota Shanghai, pada tgl 1 Mei 2000 tepatnya di The Oriental Pearl TV tower, telah diadakan event yang bertemakan Better City, Better Life. Event ini merayakan hitungan mundur 1 tahun perayaan Expo 2010. Dihadiri oleh masyarakat , artis2 local dan artis dunia seperti Jackie Chan dan pebasket terkenal Yao Ming ditunjuk sebagai duta besar acara ini. Lebih dari 500 ribu orang mendaftar sebagai pekerja sukarela dengan batas umur 18 tahun.

ShangHai World Expo akan diadakan selama 6 bulan, dimulai tgl 1 Mei 2010 dan berakhir tgl 31 October 2010, berlokasi di area seluas 5,28 km, terletak ditengah kota dan di tepi sungai Huang Pu, di antara jembatan Nan Pu dan jembatan Lu Pu.

Harga karcis bervariasi dimulai dari 140RMB. Target pengunjung sebanyak 70 juta orang dan saat ini telah dijual tiket lebih dari 5 juta. 189 negara dan 47 organisasi International akan mengikuti World Expo ini.

Tema expo kali ini adalah Better City, Better Life yang mempunyai arti kota membuat kehidupan yang semakin membaik.

Kota telah memainkan peranan penting dalam perkembangan kehidupan manusia, dan manusia diharuskan menjaga keharmonisan dalam kehidupan diperkotaan. Kota yang seharusnya menjadi rumah, dan memberikan harapan dan kehidupan yang baik dan rasa aman telah banyak berubah dalam dasawarsa ini.

Kota saat ini telah berubah menjadi sumber polusi, kriminalitas dan konflik yang mengakibatkan hilangnya kwalitas hidup yang baik dikota.

Oleh sebab itulah, Komite penyelenggara memilih tema ini dengan harapan mencari keharmonisan dalam beragam kebudayaan , keharmonisan dalam perkembangan ekonomi, dan keharmonisan dalam kehidupan dikota.

Maskot World Expo berwarna biru dinamakan Hai Bao, 海 宝. Dasar dari pembentukan mascot ini adalah dari Huruf mandarin Ren, 人。Maskot ini menggambarkan sosok anak kecil yang ceria, percaya diri dan lucu. Huruf Ren dalam bahasa China melambangkan jiwa manusia, warna biru melambangkan air, laut, bumi, kehidupan, mimpi, masa depan dan teknologi.

Sedangkan lambang expo dibuat berdasarkan huruf Shi, 世。Yang melambangkan dunia . Lambang ini menggambarkan 3 orang yang artinya saya, kamu dan dia bergandengan tangan , dalam satu keluarga besar.

Pemerintah mengucurkan dana yang tidak sedikit demi mensukseskan World Expo ini. Pembangunan pavilion China yang spetakuler dan juga pembangunan tempat , fasilitas penunjang Expo ini. Budget yang diperkirakan mencapai 95 juta Yuan.

Biasanya pavilion adalah objek yang paling menarik. Setiap Negara akan membangun pavilion yang mewakili negaranya.

Untuk lebih mengenal expo ini, dapat mengakses informasi di www.expo2010.cn.

Sampai berjumpa di World Expo ShangHai 2010.

clip_image002

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.