Dari Nusantara Untuk Dunia

admin Baltyra.com

Kami adalah beberapa orang yang "nekad" dan berkeinginan untuk membangun satu wadah untuk tempat berkumpulnya para manusia yang berasal dari Nusantara.

LogoGCN

Ini adalah BLOG yang dijalankan dengan “mesin” WordPress 2.8 dengan design Arthemia Premium yang di’customize sesuai keperluan dan selera. Bisa dibilang blog ini adalah web atau blog yang canggih. Jika ada kemiripan design dengan web manapun juga, itu adalah semata karena kesamaan dasar design yang diambil dari Arthemia Premium. Semua features, design, menu dan segala fungsi di sini, dijalankan dengan PLUG IN dari WordPress.

Seperti yang didefinisikan oleh sobat baik Arita yang kami masukkan di bagian About dan kami quote di sini:  

Global Community Nusantara 

Dari Nusantara untuk Dunia adalah motto kami. Kami adalah global citizens, orang-orang Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.

 

Global Citizen 

We see a Global Citizen as someone who (by Arita – CH): 

  • is aware of the wider world and has a sense of their own
  • role as a world citizen;
  • respects and values diversity;
  • has an understanding of how the world works economically,
  • politically, socially, culturally, technologically and environmentally;
  • is outraged by social injustice;
  • participates in and contributes to the community at a range of levels
  • from local to global;
  • is willing to act to make the world a more sustainable place;
  • takes responsibility for their actions. (Oxfam 1997)

Global Citizen beranjak dari kata Cosmopolite yang "lahir" dari semburan Filosof kesayanganku, Diogenes of Sinope (c. 412 BC). 

"Asked where he (Diogenes) came from, he answered: "I am a citizen of the world (kosmopolitês)" 

Kosmopolitisme adalah campuran sempurna dari berbagai identitas dan sentimen menjadi warga negara dunia, tanpa berbenturan satu dengan lainnya.

Nusantara secara etimologi adalah berasal dari kata nusa (Pulau) dan penggunaan kata Nusantara lahir dari ide akan kesatuan pulau-pulau. Untuk menyatukan banyak elemen yang berbeda, kadang digunakan kekuatan.

Kosmopolitisme adalah percampuran yang dilakukan secara personal menjadi Publik, jadi dari pihak Interior menjadi pihak Exterior.

Sedangkan Nusantara adalah penyatuan yang dilakukan, dari public menjadi personal, dari Exterior menjadi Interior.

Oleh karena itu untuk menyatukan 2 hal tersebut diperlukan media yang fluide, yaitu definisi ketiga yang menjadi jembatan dari mereka, membuat satu definisi utuh: Global Citizens yang berasal dari Nusantara.…(Arita – CH)

Logo kami yang berbunyi “gloBAL communiTY nusantaRA yang disingkat menjadi BALTYRA (special thanks to Gandalf!), dengan tag line di bawahnya berbunyi “dari Nusantara untuk Dunia” dapat dijabarkan sbb:

  • Warna: hijau. Warna yang menunjukkan Kepulauan Nusantara alias Indonesia, yang dikenal dengan nama Zamrud Khatulistiwa, batu zamrud yang berwarna hijau. Warna hijau yang menunjukkan suburnya Indonesia, hamparan hijau di mana-mana.
  • Warna kuning di huruf U dan warna hijau di keseluruhan tulisan Nusantara: mewakili 2 pulau besar yang sejak dulu kala dikenal di seluruh dunia yaitu Java Dvipa dan Suvarna Dvipa. Java Dvipa dalam penulisan bahasa Sansekerta, yang kita semua tahu artinya yaitu Pulau Jawa, pulau utama di Indonesia, yang walaupun jauh lebih kecil dibanding pulau-pulau lain, tapi sejak dahulu kala merupakan pulau yang penting.

Suvarna Dvipa atau Pulau Emas, yang menjadi sebutan Pulau Sumatera, ditunjukkan dengan warna kuning tadi.

  • Warna merah dan putih: tag line merah dengan tulisan putih, Sang Saka Merah Putih.

Tidak menunggu terlalu lama, kami persilakan semua orang untuk datang ke BALTYRA.COM….

Menjawab sedikit pertanyaan mengenai log in. Tidak diperlukan log in, hanya sekali pertama kali waktu mengisi komentar, setelah di’approve oleh Redaksi, seterusnya jika menggunakan e-mail yang sama akan langsung dikenali.

Disarankan untuk register juga di GRAVATAR, click saja tulisan Gravatar di bagian paling bawah setiap komentar. Ikuti petunjuk di sana, upload avatar yang diinginkan, sudah beres, tidak perlu repot tiap kali harus log in.

Terima kasih disampaikan kepada seluruh Team Admin Baltyra dan juga kepada seluruh teman, rekan, sahabat, atas semua masukannya, mulai dari usulan nama, usulan lay out, usulan isi, tags, categories, pemilihan warna, pemilihan artikel, dsb.

Salam Nusantara…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.