Semangka Untuk Ginjal Anda

Tara W. Setyanto ([email protected])

Satu setengah bulan lalu, suamiku merasa sangat sakit, nyeri di sekitar perut kanan bawah hingga selangkang paha kanan. Badannya lemas dan terasa selalu kedinginan, kepala pusing, gampang capek, mual, dan napsu makannya jauh menurun. Pinggang, panggul dan punggung rasanya pegal, sampai selalu minta dipijit setiap kali pulang kerja. 

watermelon

Tidak ada kata lain kecuali harus pergi ke dokter waktu pagi itu dia merasa sangat tidak nyaman karena nyeri di perut kanan bawah makin terasa. Suami lalu ke dokter internist langganan di PKU Muhammadiyah Taman Puring, Kebayoran baru, rumah sakit kesayangan yang sudah sering membantu keluarga bila dalam keadaan sakit, juga yang telah membantuku melahirkan dua anak perempuan kami.

Bu Uti, dokter internist itu, meneliti dengan sangat cermat. Baru didengar symptoms yang disebutkan, sang dokter sudah langsung curiga. Ada masalah dengan ginjal suami. Lalu tekanan darah yang sudah diukur, yang ternyata naik banyak sekali, diterapi dengan oral medicine. Surat pengantar dibuat untuk dokter radiologi untuk periksa apa ada pembekakan di kedua ginjal.

Dokter radiology menerima surat rujukan dari internist, lalu suami dianjurkan puasa, hanya diperbolehkan makan bubur dan menghindari makanan berserat supaya organ dalam yang akan dirongent dapat terlihat.

Hasil rongent lalu dibawa ke internist semula. Dari sana diperoleh hasil yang menyatakan bahwa ginjal kanan suami tidak berfungsi. Gambar yang didapat dari radiologi menampakkan tidak tertembusnya gambar ginjal kanan, artinya ginjal kanan mampet. Juga terbaca adanya pembengkakan. Bu Uti lalu mereferens suami ke dokter urology yang kebetulan tidak tersedia di Taman Puring. Setelah aku hunting via phone, ketemu juga urolog yang dekat dengan rumah tinggal kami, di Rumah Sakit Bintaro Internasional.

Dr. Emil Dinar, Sp.Ur., itu namanya. Orangnya ramah, sangat membantu sekali. Dan sangat hati-hati. Baru kali ini aku ketemu dokter di Bintaro Internasional yang betul-betul mau memperjuangkan bahkan sampai kelarnya masalah pembayaran yang ditanggung asuransi. 100% dicover AIA. Padahal jumlah yang harus dibayarkan lumayan bunyi, semua sampai 28juta, karena ternyata prosesnya setara dengan operasi tingkat menengah, pakai bius. Jadi mau tak mau, suami harus opname.

Operasi cuma semalam, pagi hari suami sudah bisa makan seperti biasa. Sorenya sudah bisa pulang ke rumah. Operasi dilanjutkan dengan terapi lasik. Menurut Pak Emil, ada sumbatan di ureter kanan yang membuat air seni yang terdapat di ginjal kanan tidak dapat turun dengan normal. Tapi dengan bantuan Pak Emil, proses endoskopi itu juga sekalian untuk memperlebar celah sempit yang membuat saluran ureter terhambat. Ada serbuk seperti pasir halus yang hancur sesaat setelah Pak Emil mengorek sekitar celah sempit dalam ureter. Dan memang seperti yang Pak Emil katakan, air seni suami akan keluar bercampur dengan serbuk halus itu saat buang air kecil.

Saat di rumah, aku sempatkan browsing internet mencari tau soal hal yang bisa membantu penyembuhan sakit ginjal suami. Ketemu ! Ada beberapa artikel yang menyebut konsumsi semangka sangat dianjurkan untuk membantu membersihkan ginjal dari kristal yang terbentuk. Ini dia !

Mulailah konsumsi semangka berbarengan dengan terapi lasik yang diresepkan dokter. Seperti orang mau balas dendam, suami makan semangka sebanyak yang dia bisa. Sehari bisa satu gelundung besar semangka seberat 5 kg dilahapnya, dengan harapan ginjal kanan bisa bersih seperti sediakala. Dan seperti jenis buah berair lainnya, makan semangka gak bikin gemuk, dan perut gak jadi kembung karenanya.

Sekarang sudah sebulan lebih suami menyantap semangka setiap hari, disamping juga memakan menu biasanya. Terapi obat lasik sudah berakhir kira-kira tiga minggu yang lalu. Tekanan darah tinggi suami belum turun banyak, jadi internist masih juga harus memberi terapi oral medicine. Tapi rongent terakhir sangat menggembirakan. Fungsi ginjal kanan sudah sangat-sangat jauh membaik, belum 100%, tapi bisa dibilang sudah lebih dari 60% sembuh. Ginjal kanan sudah dengan jelas dapat ditembus sinar, walau ureter belum tampak tembus terlalu jelas. Tapi ini kemajuan ! Tak kurang dari sang internist pun menjadi sangat terheran-heran, karena di saat terakhir sebulan lalu, berdasarkan hasil rongent, ginjal kanan suami masih tidak berfungsi sama sekali. Alhamdulillah ya, Allah…. Kami bersyukur sekali….

Tinggal sekarang bagaimana menyikapi tekanan darah tingginya. Konsumsi semangka tetap dilakukan. Hanya mungkin harus ditambah diet garam, artinya suami harus makan dengan menu yang berbeda dari yang lain. Saatnya aku harus buka-buka internet lagi, mengejar artikel cara menurunkan tekanan darah tinggi. Kalau ada konsumsi makanan segar yang bisa menurunkan kadar garam dalam tubuh, kenapa harus tergantung obat oral ? Begitu kira-kira dasar pemikiran saya. Maka dengan membaca bismillah…, aku browsing lagi internet untuk mendapat saran pengobatan tekanan darah tinggi. Moga-moga sehat itu tidak pergi terlalu jauh dari suami…hingga kami bisa memilikinya kembali.

Selesai

Sumber pustaka:

1. Mengenal Batu Ginjal – www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=103

2. Khasiat Tumbuhan III – www.gealgeol.com/2008/04/17/khasiat-tumbuhan-iii.html

3. Sehat Dengan Terapi Jus – mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/05/28/1222/

4. Manfaat Buah Semangka – warnadunia.com/manfaat-buah-semangka

19 Comments to "Semangka Untuk Ginjal Anda"

  1. Enny S  5 February, 2012 at 11:56

    Maaf baru baca artikel ini. Apa yg sudah dilakukan sudah baik. Jus semangka memang bagus untuk hancurkan batu ginjal. Namun dosis baiknya 200 cc 3 sampai 6 x sehari, dan dijus bersama dengan biji, daging buahnya yang berwarna merah dan putih dan tidak perlu disaring, diminum 1 jam sebelum makan dan diantara waktu makan. Kebetulan saya akupunkturis di Klinik Fairuzholistic dan sudah menyarankan kasus ini. Jika kadar gula dalam darah tinggi, pembuatan jus tidak disertakan daging buah semangka yang berwarna merah. Insya Allah batu akan keluar bersama urin Namun jika batu sudah menutupi ginjal, baiknya perlu dilakukan oprasi juga. Semoga bermanfaat.

  2. Ouw Djiam Biauw  8 August, 2011 at 11:20

    Komen #9 dari JC.kalau istri saya dibuat untuk sayur asem,pengganti labu siam

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.