Solar Eclipse From Taiwan

Sophie – sedang di Taiwan, JC – narasi

Solar eclipse atau lebih dikenal dalam bahasa Indonesia gerhana matahari, adalah peristiwa alam yang luar biasa. Terlebih jika gerhana tersebut adalah gerhana matahari total.

Sangat jarang seseorang mengalami dan melihat gerhana matahari total lebih dari sekali, terkecuali memang orang tsb lagi hoki atau sengaja memburu gerhana matahari total ke seluruh dunia.

Indonesia pernah mengalami sekali gerhana matahari total dan terlihat jelas di Pulau Jawa di tahun 1983.

Hari ini, tanggal 22 Juli 2009, dimulai sekitar pukul 07:00 terjadilah gerhana matahari total yang ditengarai merupakan gerhana matahari terlama sepanjang sejarah, yaitu berlangsung sepanjang 6 menit 39 detik. Gerhana matahari total ini terutama terlihat di Asia, terlihat di India, Pakistan, China, dan sekitarnya.

Menurut Boscha Bandung yang pagi ini di’interview oleh Radio Elshinta, mereka menuturkan bahwa gerhana matahari total ini sangat unik dan tidak akan terjadi lagi dalam abad 21 ini. Mereka bekerja sama dengan para peneliti dan pengamat dari Jepang yang mengirimkan team’nya untuk memantau secara live. Pengamatan terpenting adalah mengamati pola corona matahari yang jika dalam keadaan biasa tidaklah mungkin terpantau, karena begitu terangnya intensitas cahaya dan tidak ada alat satupun buatan manusia yang sanggup mendekati matahari yang panasnya mencapai jutaan derajat Celcius itu.

Pengamatan yang lain adalah tingkah laku dan reaksi binatang serta tumbuhan bagaimana mereka bereaksi terhadap “malam yang dipaksa” ini.

Tidak berpanjang kata lagi…kita lihat total solar eclipse sambil diiringi dengan lagu Total Eclipse of The Heart, silakan dipilih versi original by Bonnie Tyler atau versi kontemporer by Westlife….

Sedikit keterangan: foto diambil dengan pocket camera dalam situasi “tidak bersahabat” mendung dan awan berarak terus menerus….

solar eclipse

solar eclipse 1

solar eclipse 2

Solar eclipse 3

solar eclipse 4

solar eclipse 5

solar eclipse 6

solar eclipse 7

solar eclipse 8

tertutup semuanya

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.