Jajanan orang kantoran…Theresia

Saras – Jakarta

Hai….hai….hai..konco-konco…teman-teman setanah air di manapun beradaaaa…kabar baikkan?

Baiklah dengan ini saya perkenalkan salah satu tempat makan siangnya orang-orang yang mengaku berkantor di sekitar Thamrin (dan sekitarnya) tidak mungkin tidak kenal tempat ini. Banyak pegawai-pegawai nekatz serta bela-belain jalan ke tempat ini. Susah emang kalau sudah bicara urusan perut biar jauh juga dijabanin, apalagi kaum perempuan, iya nggak, ngaku deh..?  

Tempatnya tidak jauh dari Jalan H.Agus Salim (d/h. Jalan Sabang) setelah lampu merah lurus terus. Di depan Cafe Pizza ada Gereja Theresia. Ya…tempat jajanan anak-anak sekolah ini biasa disebut Theresia, karena berlokasi di sepanjang trotoar Gereja dan Sekolah Theresia. Pernah saya berbincang-bincang dengan pedagang Bakso (ayah dan anak di 2 lokasi berbeda tapi masih tetap di sekitar Theresia) mereka berjualan sudah cukup lama di sini. Makan siang di mana? ke Tere yuk…ini kata-kata yang biasa saya gunakan bersama teman-teman kantor kalau mau ke tempat ini.
Dari setiap kali kunjungan saya bersama teman-teman (sometime alone) kalau saya perhatikan Abang Tukang Bakso yang paling banyak pengunjungnya. Tetapi bukan berarti Mie Ayam Asun, Ketoprak, Gado-Gado, Siomay tidak laku, mereka-mereka ini juga tidak kalah pengunjung kala makan siang dimulai. Karena sepanjang trotoar Gereja dan Sekolah Theresia ini penuh dengan jajanan jadi saya tidak pernah sampai ke ujung Jalan Lombok menjelajahnya.
Sekedar info di deretan paling ujung (start mulai dari depan Gereja kita jalannya ya) ada penjual Mie Ayam Yamin yang tidak kalah dari Mie Ayam Asun nikmatnya, sebelahnya adaTukang Es Jeruk yang jeruknya bener-bener fresh banget. Kalau ke bagian ujung sini saya bisa sampe dua gelas Es Jeruknya. Saking manisnya itu jeruk berterbangan deh tawon madu disekitarnya, tapi sepertinya tawon-tawon tersebut sudah akrab dengan manusia jadi kita nggak takut disengat.
Mau jajanan yang lebih meriah lagi? Jangan lupa coba Cireng, Tahu Gejrot, Cincau Hijau, Es Goyang (sayang yang ini lupa difoto), Es Doger, eeehhhhh….mau yang nggak halal? Ada Sate Babi (yang ini jangan salah beli ya buat teman-teman yang Muslim). Mau buah segar ada juga…aaaahhhh pokoknya sekedar buat makan ringan monggo silahkan mampir ketempat jajanan Jalan Theresia.
Tapi makanan atau jajanan di tempat ini tidak menjadi ringan kalau kita sekali datang menunya, Bakso Ketoprak dan Siomay. Ada si Mbok..dia jualan Nasi Rames sederhana sekali, harganya pas buat anak kost-kostan (ini khusus info buat teman saya Ilham..ha ha ha ha).
Bakso2
Bakso1
Bakso3
Saya yakin teman-teman yang pulang kampung kemaren sempet icip-icip di tempat ini, ayooo siapa yaaa?? Buat Lida…heemmm udah nggak penasaran kan dengan Baksonya?
Abang Bakso yang di deretan depan Gereja Theresia ini ada 2, yang satu di bawah pohon (ini Ayahnya hasil interview saya) yang di seberang di halaman ruko (ini anaknya, rasanya sama enaknya ko). Tinggal pilih aja mau di mana, tinggal liat kalau di tempat sang Ayah penuh ya nyebrang aja ke tempat anaknya. Atau kalau Ayah dan Anaknya penuh juga jalan deh ke ujung trotoar Jalan Lombok masih ada Abang Bakso juga di sana, sama enaknya. Ketiga-tiganya sudah pernah saya coba.
Mie Ayam Abun
Ketoprak2
Siomay
Ketoprak1
Ketoprak
Es Doger
Tahu Gejrot
Cireng
Cireng
Si Mbok Nasi Rames-Halal
Nasi rames
Sate Babi
Baiklah…semoga ini menambah info jajanan teman-teman semua disaat mudik atau info buat teman-teman yang memang belum pernah nyoba kuliner Theresia.
Salam kompak selalu,
Saras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.