Dari Kami: Up Close & Personal

Redaksi Baltyra.com

Redaksi 1:

Hari ini dipilih sebagai hari jadinya Global Community Nusantara. Hmm, kalau gitu tanggal 15 July kemarin apa dong? Itu sebagai trial dan error launching Baltyra. Selanjutnya tgl 2 Agt inilah resminya Baltyra.com yang bertepatan dengan International Friendship Day.

Rasanya sampai hari ini masih tidak percaya, bisa mengawangi berdirinya Komunitas Nusantara. Sedikit flashback, ini juga menjawab pertanyaan teman-teman mengapa ada Baltyra.com. Saya mengucapkan terima kasih kepada Komunitas saya yang lama, yup saya adalah ex pembaca dan penulis untuk Komunitas di satu media besar Indonesia. Kenapa saya bilang ex, dikarenakan Komunitas tsb telah ditutup, sedangkan di komunitas bentukan yang baru tidak mungkin bagi saya untuk bergabung.

Mengapa tidak mungkin? Ini yang menjadi pertanyaan. Jawabannya adalah pandangan dan jalan saya berbeda di tempat yang baru, rasa nyaman sudah tidak ada lagi. Di saat idealisme dan pandangan berbeda, bukankah lebih baik mencari ‘sesuatu’ yang saya yakini.

Sesuatu yang bagaimana? Bagi saya, komunitas yang memberikan rasa nyaman, rasa percaya untuk berbagi dengan pembaca dan penulis. Komunitas yang bertanggung jawab terhadap apa yang ditulis, dan yang bisa dipertanggung jawabkan komentarnya sebagai pembaca. Setiap penulis bisa menulis apa saja, setiap pembaca bisa memberikan komentar apa saja, tetapi bukan ASAL SAJA.

Karena Komunitas itulah, saya belajar apa yang dinamakan menulis dan apa artinya pembaca yang baik. Di sanalah saya mengenal banyak teman yang akhirnya menjadikan sebagai sahabat yang baik dan bahu membahu mendirikan Baltyra.com ini.

Selama 2 minggu ini, menjalankan Baltyra banyak memberikan saya pelajaran. Salah satunya adalah bersabar. Menjadi sabar tidak mudah, ini benaran loh. Dimulai dengan ajakan untuk mendirikan komunitas ini. Dari rekan redaksi yang satu lagi, cuma dikasih nih passwordmu, nih user namemu, dikasih sedikit pencerahan mengenai Web Baltyra.

Baltyra menggunakan design Arthemia, dengan mesin dari WordPress. Nah, pertama kali log in ke dalam Ndash Baltyra (ini istilah untuk dashboard Baltyra yang digunakan untuk upload artikel dan mengatur tata letak dan segalanya) langsung bengong..whuahh, mesti diapakan ini. Boro-boro ngerti bagaimana cara kerjanya, bingung liat menu di Ndash yang ribet.

Setelah baca-baca dan lihat, untungnya saya bukannya manusia yang gaptek-gaptek banget, akhirnya berani deh pertama kali upload artikel.

Whuahh, pertamanya upload langsung berantakan dengan sukses penampilan Baltyra..hahahaha untung ada back up dari teman redaksi. Mudah-mudahan tidak ada yang sempat melihat penampilan halaman muka yang berantakan, rasanya sih ngak deh ya soalnya ngak ada yang ngasih komentar, dan lagi kejadian yang hanya 10 min-an saja.

Setelah menguasai segala pernik-pernik di Ndash, kendala lain muncul lagi. Bagaimana caranya mengisi artikel untuk Baltyra. Masa sih mesti menulis sendiri , whuahhh… di saat saat kritis, ternyata kutemukan penulis-penulis yang baik, penulis-penulis yang mau bergabung dengan Baltyra. Hahhh rasa terima kasih yang tidak terucap kepada mereka. Mulai menjadi rutinitas sehari hari, pagi kerja ditambah menjadi Ibu RT yang harus mengurus 2 anak dan suami, malam disambi menjadi redaksi.

Menjadi redaksi harus lebih sabar lagi, ego sendiri tidak bisa diikutin, kadang berantem dengan 2 redaksi yang lain. Maunya saya gini gini, maunya mereka gini gini…untunglah segalanya bisa diatasi, tenggang rasa sangat penting.

Di minggu minggu pertama, tegang melihat page view Baltyra. Duh page viewnya jelek banget..mulai mesti berpromo, dimulai dari teman, dari milis dan da da da daaaaaa page view yang mulai naik perlahan lahan dan akhirnya sampai tgl 31 Agt kemarin, page view melewati 1800. Bagi kami, redaksi dan saya rasa setiap redaksi, page view adalah denyut kehidupan, apa artinya suatu web atau blog atau apapun namanya tanpa pembaca?

Memang masih jauh dari target, perjalanan yang masih panjang…tapi, dengan jarak waktu 2 minggu dan menghasilkan page view di atas rasanya sudah suatu anugrah. Saya tetap berharap page view akan naik mencapai 3000, mencapai 5000, mencapai 10 ribu bahkan mencapai 1 juta clicks. Ada yang bilang jangan bermimpi muluk-muluk. Bukankah kita seharusnya mempunyai impian sehingga memotivasi diri menjadi lebih baik.

Terima kasih kepada semua kontributor, pembaca yang aktif maupun silent reader, rekan redaksi yang jatuh bangun bersama, 8 pendekar dari milis GCN, yang menjadi cikal bakal nama dari Global Community Nusantara, dan semua teman yang mensupport, tanpa kalian semuanya rasanya impossible bagi Baltyra untuk maju dan survive hingga hari ini. Untuk ke depan tidak ada harapan yang muluk-muluk, hanya berharap Baltyra akan lebih baik, menjadikan komunitas yang nyaman untuk semuanya. Oh ya ada lagi, bisa menerima pemasukan dari iklan dan projek-projek yang lain, bisa meng-up grade band width yang lebih besar..ini penting loh, uang bukan segalanya tapi tanpa uang segalanya menjadi tidak penting..hehehehe.

Redaksi 2:

Hari Minggu pertama bulan Agustus diperingati sebagai International Friendship Day. Dan pada tahun 2009 ini jatuh pada tanggal 2 Agustus. Tapi menurut Wikipedia, yang kami kutip di bawah ini, pada awalnya adalah sbb:

[Quote]: International Friendship Day celebrations take place on the 8th of August every year. The tradition of dedicating a day in honor of friends began in US in 1935. In 1935 American Govt had killed a person on 1st Saturday of Aug. The next day his friend committed suicide in his memory. Since then American Govt declared 8th of Aug as friendship day. Gradually the festival gained popularity and today Friendship Day is celebrated in large number of countries. [Unquote].

Entah benar entah tidak, tapi ya begitulah kenyataan sekarang bahwa International Friendship Day dikenal luas dan diperingati di berbagai tempat di seluruh dunia.

Dalam rangka memeringati dan pemikiran untuk menancapkan tonggak persaudaraan dari Nusantara untuk Dunia, Redaksi Baltyra.com sepakat untuk menentukan tanggal 2 Agustus sebagai hari lahirnya gloBAL communiTY nusantaRA, BALTYRA.com ini…Di mana kemarin 15 Juli 2009, kami umumkan ke sebagian teman, hanyalah sebagai soft-launching.

Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada semua pembaca, pengunjung, kontributor Baltyra, yang dalam waktu 2 minggu belakangan selalu mendampingi kami dalam kebersamaan yang hangat. Tanpa Anda semua, kami bukanlah apa-apa, kami tidak akan eksis tanpa adanya Anda semua.

Tentu saja, terima kasih sedalam-dalamnya untuk seluruh Team Baltyra, di mana saja berada, di Jakarta, China, Batam, Kudus, Solo, Amerika, Australia, Jepang dan di mana saja, termasuk para advisor di belakang layar, di Eropa dan Jepang. Ternyata jarak dan batas negara tidaklah menjadi masalah, karena kuatnya kebersamaan kita semua, anak-anak Nusantara yang tercecer di mana-mana, dan tentu saja, thanks to the technology, di mana pun kita berada, dengan mudah komunikasi dan koordinasi terjalin.

Beberapa highlight yang ingin kami sampaikan:

Ucapan terima kasih kepada semua teman dan Moderator di tempat lama, di mana kami berkumpul, di mana kami belajar banyak hal, di mana kami belajar saling menghargai, di mana kami belajar pentingnya public relation, di mana kami belajar pentingnya menjaga hubungan baik, di mana kami belajar betapa berharganya komunikasi antar sesama dengan baik, dan tentu saja, di mana kami belajar menulis.

Dari yang tadinya tidak karuan sekarang menjadi mendingan. Dan kami menjadi sangat mengerti bahwa menulis “apa saja” itu berbeda sekali dengan “asal saja”. Inilah pelajaran paling berharga yang kami semua petik.

Things come and go. Kami hanya merasa bahwa kesepemahaman dan kesamaan idealisme beserta pemikiran yang sudah tidak sejalan, oleh sebab itu, kami memutuskan untuk membentuk dan membangun rumah sendiri. Tidak ada maksud apapun untuk bersaing dengan forum dan wadah manapun juga. Setiap hari, wadah, milis, forum yang berbentuk mirip, atau bahkan sama bermunculan di mana-mana, saling melengkapi, berdampingan dengan damai beserta segala perbedaannya.

Dengan makin banyaknya wadah-wadah yang serupa dengan Baltyra.com ini, kami sangat yakin bahwa pembacalah yang paling diuntungkan. Pembaca dapat menikmati bacaan dari forum A, forum B atau forum C dalam saat yang bersamaan. Tentu saja tidaklah mungkin jika Redaksi Forum A ingin menguasai atau menahan sebanyak mungkin penulis atau kontributor, mengingat batas kemampuan seseorang dalam menangani arus artikel yang masuk dan arus artikel yang tayang jelas tidak sebanding. Dan tentu saja, masalah selera yang lebih bervariasi, di forum A lebih ke politik misalnya, di forum B lebih banyak ke kuliner, forum C lebih banyak ke budaya, dst.

Tidaklah berpanjang kata lagi, karena prinsip kami adalah ‘point of no return’ dalam arti positif. Kami tidak ingin menengok lagi sejarah, masa lalu, sweet memories, nostalgia, good old days, dsb, kami hanya ingin maju terus untuk Nusantara. Hanya inilah bentuk karya kami untuk Nusantara, untuk Indonesia kita semua!

Masih jelas dalam ingatan saya, pidato SBY di akhir tahun 2007, ‘reading society’ dan di atasnya adalah ‘writing society’. Semoga dua fungsi reading dan writing ini dapat bertemu dengan pas dan harmonis di Baltyra.com ini.

Redaksi 3 alias Tukang Cat:
Terima kasih kepada redaksi yang telah memberi kepercayaan saya untuk mengecat rumah Baltyra ini dan tentunya juga terima kasih kepada para pembaca, penulis dan pengunjung Baltyra sekalian, semoga kebersamaan ini bisa terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan lagi!

Ehm, pidato dua redaksi di atas sudah puanjang, luengkap dan ruesmi, jadi daripada pembaca Baltyra bosan dan tertidur lebih baik tidak usah ditambah berpanjang kata, berpanjang pidato-pidatoan lagi apalagi sebagai Tukang Cat sebenarnya cukup di belakang layar saja. Baru kali ini ada Tukang Cat kok disuruh bikin pidato peresmian…

Sekian dan maaf karena Tukang Cat sedang mendapat order / proyek besar mengecat dan menghias ranch berikut mansionnya… hehe..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.