Pecel & Es Blewah

Josh Chen – Global Citizen

Catatan:

Pecel Session dan Blewah Session di sini tidak dibuat dalam waktu bersamaan, tapi aku coba rangkum dalam satu tulisan periming-imingan kepada para Pembaca Baltyra…

Pecel

Pecel istimewa ini dipicu kerinduan akan pecel yang bener-bener rasanya ‘meceli’, dibanding dengan pecel yang aku tahu di beberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya, masih kurang pas sentuhannya di lidahku.

Walaupun memang di BSD ada tempat yang namanya Pecel Madiun di mana aku, Lida dan Pak Janto Marzuki pernah rendezvouz di sana, tapi masih ada yang kurang pas di lidah, membuatku tak kenal lelah berburu pecel yang benar-benar ‘meceli’.

Sampai pada suatu hari sewaktu bertugas ke Surabaya, ketemulah aku dengan Pak Gunawan Prajogo dan diajak makan di satu warung yang konon legendaris membelai lidah para penggemarnya dengan racikan spesial mereka selama sedikitnya 3 dasawarsa. Sekedar ingin mencoba bumbu pecel yang dipromosikan Pak Gun, saya membeli 2 macam, yang satu pedas dan satu lagi tidak pedas.

Setelah sampai di Serpong, seminggu kemudian barulah kami membuat pecel di salah satu weekend. Seperti kebiasaan keluarga kami, di mana waktu weekend adalah ‘cooking time’. Sayuran segar kami beli di Sinpasa, dan pelengkap kerupuk tidak ketinggalan.

Sayuran yang kami hidangkan adalah sayuran yang ‘tidak biasa’ terdapat di tempat jualan pecel manapun, di antaranya: kapri manis dan iceberg sla.

Vegetables

Selada

Sebagai teman makan pecel, kami beli ikan shisamo dari Farmer’s Market di Gading Serpong. Ikan shisamo dibumbui dengan bumbu beli jadi, ditaburkan dan didiamkan sebentar, kemudian digoreng. Ikan shisamo konon mengandung omega yang cukup tinggi. Sungguh lezat ikan ini! Dari tepat setelah kepala sampai dengan bagian ekor, isinya telor ikan semua, dagingnya tipis, tulangnya kecil-kecil, sehingga kalau digoreng garing, dari kepala sampai ekor langsung saja mak-leb masuk mulut…

Shisamo

Dan inilah parade pecel kami:

Pecel Lengkap

Pecel Lengkap 02

Pecel Lengkap 01

Es Blewah Campur

Setelah makan pecel yang mak-nyus, tentu tak lengkap rasanya tanpa ditutup dengan minuman segar. Es blewah ini adalah modifikasiku sendiri. Yang jelas segar dan nikmat…

Es Blewah 01

Bahan:

Blewah

Nata de coco (dalam foto ini, kami gunakan nata de coco rasa strawberry, selain waktu itu ingin coba rasa baru, juga sebagai pemanis tampilan kombinasi warna)

Cincau hitam

Biji selasih (direndam air dulu)

Gula jika kurang manis



Cara membuat:

Campur semua bahan, dinginkan dalam lemari es. Hindari es batu, karena dingin es batu dengan dingin dari lemari es beda rasanya.

Blewah 01Blewah 02

Selasih Nata de Coco Strawberry

Es Blewah 03

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *