Saat Berubah Bentuk Menjadi Superhero

Fire – Yogyakarta

Saya baru mengetahui kalau Voltus, film kartun kegemaranku di masa kecil, telah diputar lagi sebagai film seri di sebuah tv swasta. Sebenarnya nggak terlalu tepat juga sih kalau disebut film kegemaran, soalnya saya cuma sempat nonton tiga episode film kartun tersebut waktu menginap kala liburan sekolah, di tempat saudara.Saudara saya kebetulan punya video player (kalau nggak salah VHS atau Betamax?), yang waktu itu masih jarang, jadi selama di rumahnya, kami disewakan film-film kartun. Sayang, kami nggak pernah lagi menginap di rumahnya, karena beda kota cukup jauh, artinya nggak bisa melanjutkan seri Voltus tersebut. Saya sampai berharap moga-moga suatu saat punya video player, jadi bisa nonton Voltus, tapi nggak pernah kesampaian. Untungnya saya masih bisa mengikuti cerita Voltus di sebuah majalah anak-anak, kalau nggak salah majalah Ananda.

voltus-v

Sebelumnya saya jelaskan, Voltus boleh dibilang adalah film kartun robot, di mana robot raksasa tersebut dibentuk dari gabungan sejumlah pesawat yang dikendarai oleh lima anggota tim (Kenichi, Daiziro, Hitoshi, Ipei, Megumi). Meski kalau dilihat film robot yang canggih-canggih sekarang, seperti Transfomer misalnya, Voltus memang termasuk film robot jadul, tapi tetap asyik juga.

Sebenarnya sih, tipikal tiap seri cerita Voltus itu hampir mirip. Ada konflik pribadi antar anggota Voltus, lalu serangan dari kaum Boazan (musuh bebuyutannya), dan kesulitan Voltus untuk bergabung membentuk formasi. Anak-anak akan menonton dengan berdebar-debar saat anggota tim Voltus mengalami kesulitan untuk bergabung menjadi robot, lalu bersorak girang begitu pedang Tenkuken membuat robot monster meledak. Tiap seri ceritanya ya diulang-ulang begitu terus; para pesawat anggota tim Voltus, yang kerepotan menghadapi musuh, begitu bergabung dan berubah bentuk menjadi robot Voltus, akhirnya bisa mengalahkan musuh. Tapi kok nggak bosen juga ya nontonnya.

superman

Dulu saat nonton Superman 2, yang dibintangi Christoper Reeve, penonton di bioskop bakal jadi riuh, kala Clark Kent yang masuk ke dalam ruangan, begitu keluar sudah berubah sosok menjadi Superman, dan siap menghadapi bahaya yang mengancam. Tentu saja diiringi musik ala Superman, tet tet tet tet tet …. tet tet tet tet tet …. Saya dulu ingat sering bermain menjadi superhero, masuk kamar, lalu keluar dengan sarung atau selimut diikatkan ke leher supaya menjadi jubah ala Superman. Tinggal sempak yang dikenakan di luar saja yang belum. Asyik juga ya, kalau Suparman masuk toilet, keluar sudah jadi Superman. Asal jangan masuk Suparman, keluar Suparmi atau Supermi …. ups … he he …

Dalam film mengenai superhero, biasanya saat-saat mendebarkan yang ditunggu-tunggu oleh penonton, adalah saat superhero tersebut berubah bentuk. Karena dengan berubah bentuk itulah dia bisa menjadi lebih hebat, lebih kuat, lebih jago, yah namanya juga jagoan. Saya ingat film Hulk si raksasa hijau yang bisa berubah bentuk saat marah, kemudian Benji si manusia batu yang berubah bentuk saat membenturkan cincinnya. Kadang saya terpikir juga, seandainya Superman itu sarungan, mungkin dia bisa lebih cepat mengganti ke pakaian supernya, tidak repot-repot melorotin celana..he..he… Nah, mengenai Hulk, saya penasaran, kenapa kalau berubah menjadi raksasa itu, bajunya pada sobek-sobek, tapi kok celananya nggak sobek? Sstt … seharusnya sempaknya Hulk juga ikut sobek, kecuali kalau tidak semua ototnya ikut membesar ….

kresna tiwikrama

Kalau dalam cerita pewayangan, terdapat episode di mana Prabu Kresna ber-tiwikrama menjadi raksasa, karena murka saat menerima penghinaan dari bala Kurawa. Ada superhero yang bisa mengontrol kapan dirinya berubah bentuk, tapi ada juga yang tidak mengetahui bahwa dirinya adalah superhero dan memiliki kemampuan tersebut.

Baiklah teman-teman, mungkin saja kita semua bisa ber-tiwikrama, hanya saja raksasa tersebut masih tidur, atau kita semua adalah superhero, hanya saja hero tersebut masih tenggelam di dalam diri. Salam superhero … eng …. ing … eng… jrengg….

 

 

Ilustrasi:

http://media.photobucket.com/image/foto%20voltus/foxapin11/voltes6L.jpg

http://adekrawie.wordpress.com

http://img2.timeinc.net

http://www.indonesiaindonesia.com/imagehosting/image2978.html

About Fire

Profile picture'nya menunjukkan kemisteriusannya sekaligus keseimbangannya dalam kehidupan. Misterius karena sejak dulu kala, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka (bisa-bisa bengep) ataupun berkomunikasi. Dengan tingkat kreativitas dan kekoplakannya yang tidak baen-baen dan tiada tara menggebrak dunia via BALTYRA dengan artikel-artikelnya yang sangat khas, tak ada duanya dan tidak bakalan ada penirunya.

Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *