Sup Jagung Asparagus (Ekonomis) ala Pawon Peony

Peony – Serpong

Dear Baltyrans di manapun berada

Makan enak adalah hobbyku yang paling utama (tapi hampir tidak pernah kutulis dalam biodata..hihihi) dan hobby inilah sebenarnya pemicu terbesar yang mendorong aku untuk belajar memasak.. (biar tetep bisa makan enak dan gak bikin kantong jebol)

Dua bulan terakhir ini aku sedang sangat gandrung dengan sup asparagus baik yang hanya asparagus aja (ala vegetarian), asparagus dengan ayam, atau asparagus dengan kepiting plus telurnya… semuanya bikin aku tergila-gila (duh segitunya )

JagungAsparagus4

Biasanya sih cuma beli jadi di resto dekat rumah aja.. tapi kok ya lama-lama bikin dompet menipis ya…

OK deh sebelum dapet SP-1 dari suami.. kuputuskan deh bikin sendiri aja, dengan resep dasar pakai resep Sup Jagung ala Pawon Peony dengan sedikit modifikasi dan berikut adalah hasilnya Sup Jagung Asparagus (ekonomis) ala Pawon Peony

Bahan:

– 750 gr tulangan ayam (punggung ayam)

– 350 gr bulir jagung manis

– 1 kaleng asparagus (bentuk potongan)

– 2 liter air

– 3 cm jahe, keprek

– 2 butir telur ayam, kocok lepas

– 1 butir bawang Bombay ukuran sedang, cincang halus

– 2 tangkai daun bawang, iris tipis melintang

– 2 sdm minyak wijen (boleh ditambah kalau suka)

– larutan maizena, secukupnya

– lada, gula dan garam, secukupnya


Caranya:

– Didihkan air + jahe, masukkan tulangan ayam, rebus hingga daging yang masih menempel matang sempurna. Angkat tulangan ayam dari kaldu yang dihasilkan, ambil dagingnya, suwir-suwir halus, sisihkan.

– Rebus kembali kaldu ayam dengan ditambahkan bawang Bombay cincang, irisan daun bawang, bulir jagung manis, suwiran daging ayam, lada, gula dan garam. Masak hingga kaldu mendidih, masukkan kocokan telur sambil kaldunya diaduk-aduk hingga nampak seperti berawan.

– Masukkan asparagus + minyak wijen + larutan maizena, aduk-aduk hingga tercampur rata dan kaldu agak mengental.

– Siap disajikan (untuk sekitar 8 porsi/mangkuk sup ala Chinese Resto)

Sup ini kubilang ekonomis karena biaya yang diperlukan untuk sepanci sup yang nikmat ini tidak sampai 30 ribu rupiah… untuk 8 porsi lho…

Ini sekedar hitungan aja ya.. (berdasarkan harga pasar di sekitar rumahku…)

750 gr tulang ayam →               Rp. 10,000

350 gr bulir jagung frozen →        Rp. 5,000

1 kaleng asparagus →                Rp. 9,000

2 butir telur ayam →                    Rp. 1,500

bawang bombay, daun bawang,

jahe, minyak wijen, maizena, → Rp. 4,500

gula, garam, lada, gas u/ masak

———————— +

Rp. 29,500.-

Oh ya sedikit tips hemat…

• beli asparagus kalengan pilih yang udah bentuk potongan karena harganya hanya sekitar separuh dari harga asparagus kalengan yang bentuknya masih utuh (panjang-panjang)…

• untuk membuat sup yang bentuk daging ayamnya disuwir.. cukup beli tulangan ayam (selalu ada di konter ayam segar di supermarket, bahkan di pasar BSD-Serpong juga ada tukang ayam potong yang jual juga tulangannya lho..), karena daging ayam yang masih menempel di tulangan itu masih lumayan banyak (lebih dari cukup) untuk mengisi supnya…

Jadi… menu kali ini murah, mudah dan nikmat….

Silakan dicoba ya, siapa tau cocok dengan selera…

Selalu memasak dengan sepenuh hati, Peony

(Dear Redaksi GCN/Baltyra.com… makasih banyak ya..)

31 Comments to "Sup Jagung Asparagus (Ekonomis) ala Pawon Peony"

  1. Tya Rempira  14 June, 2013 at 18:36

    Resep ini kayaknya gampang ya. patut dicoba terutama bagi pemula kayak saya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.