Keluar Klinik

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

Catatan Redaksi:

Artikel ini adalah penutup dari Trilogi tulisan Pak Djoko: Masuk Klinik, Di Klinik dan Keluar Klinik. Dua tulisan sebelumnya sudah pernah tayang di BLOGKITA, dan yang ketiga ini ternyata nyangkut entah di mana. Dengan seijin Pak Djoko dan untuk menggenapi 2 tulisan sebelumnya, kami tampilkan penutup dari 2 tulisan sebelumnya….

Terima kasih, Pak Djoko…

 

Hallo  pembaca semua yang budiman, di mana saja anda berada…..

SALAM SEJAHTERA….!!!!!!!!!!

Dari Mainz, Dj. ucapkan…Selamat menempati rumah Baltyra yang baru….!!! Semoga rumah ini semakin hari, semakin semerbak wangi bagi Baltyraers semua….

Perkenankan Dj. untuk sedikit berbagi cerita, seperti yang telah Dj. janjikan, tentang pengalaman Dj. selama 3 minggu di Klinik. Jelas..Dj.sangat berterimakasih, karena tulisan Dj. tentang saat Dj. sampai di Klinik, dengan begitu cepat sudah dimuat.

Klinik ini memang special hanya untuk mereka yang menderita penyakit jantung….Agar patien bisa kembali dalam hidup, rutinitasnya setiap hari…

Jujur, Dj. sendiri agak ragu…lha wong di Klinik kok malah bikin cerita, mau pamer apa lagi….???

Tapi setelah Dj. ingat akan komentar para Pembaca yang begitu baik dan telah mendoakan akan kesehatan Dj., maka Dj. merasa berhutang, bila Dj. tidak meneruskan cerita ini…..

Baiklah….walau Dj. rasa banyak sudah yang Dj. cerita tentang Klinik dimana Dj. harus mengikuti Rehabilitasi kesehatan Dj. yang berhubungan dengan serangan jantung Dj. untuk kali yang ke dua.

Di samping keadaan di Klinik, saat itu Dj. juga cerita saat UlTah istri Dj. yang tercinta dan kedatangan  2 tamu / sobat dari Gerombolan M.Dj. dari England. Yang mana juga Baltyraers….yang tidak asing bagi yang lainnya…

Nah….sekarang, perkenankan Dj. untuk sedikit bercerita…apa yang Dj. peroleh, selama Dj. 3 minggu tinggal di Klinik….???

Jelas ada dan bahkan mungkin sangat banyak, bagi orang seprti Dj. yang mana suka makan dan bahkan kadang tanpa aturan….

Maksud Dj. Dj. suka makan makanan yang berlemak, suka makan banyak telur, udang, baik yang direbus apalagi yang digoreng….Suka makan Pizza, steak dan juga yang asin-asin dan pedas….

Puji TUHAN…!!!

Dj. masih rajin fitness…bayangkan kalau apa yang Dj. konsumsi dan tidak di imbangi dengan olahraga…??? Entah apa jadinya….???

Well….walau demikian, Dj. telah mengalami 2 kali serangan jantung dan itu adalah fakta dan bukan mimpi….!!!

Serangan jantung yang pertama kali Dj. alami, ditahun 2003 sewaktu liburan di Indonesia, tepatnya di Sheraton Hotel di Jogja, ya…di kolam renang jam 5:00 pagi dini hari….. orang pada tidur nyenyak, Dj. malah berenang….

Langsung dengan ambulanz ke Rumah Sakit Bethesda dan harus tinggal beberapa hari disana….. Yang jelas jauh lebih mahal dari Sheraton Hotel….Kalau Dj. ingat akan hal tersebut, jadi sangat ngeri, karena setelah seminggu, Dj. sudah boleh keluar dan bahkan dengan pesawat Dj. pulang ke Mainz.

Di Mainz Dj. dikirim ke Kardiology (dr. special untuk jantung), setelah melewati beberapa pertanyaan, dokternya lihat hasil EKG yang dari Jogja. Dj. ikut kaget, karena di kertas tersebut bukan nama Dj. jadi itu hasil milik orang lain, olehnya Dj. boleh pulang.

Bisa dibayangkan, bila di dalam perjalanan dengan pesawat ke Frankfurt ada apa-apa….??  Uiiiih…. ngeri juga…..

Puji TUHAN….!!!

Di Mainz, Dj. mendapat perawatan dan pemerikasaan yang sebenarnya dan Dj. saat itu juga hampir 6 bulan istirahat di rumah….Untung ( kata orang Jawa ) saat di Jogja, Dj. bayar Rumah sakit dengan memakai Kredit Card, jadi bisa diketahui, bahwa Dj. benar dirawat di sana. Dan semua ditanggung oleh asuransi dan bahkan kalau Dj. tau, saat itu bisa langsung kontak asuransi dan akan dijemput dengan pesawat ambulanz yang asuransi miliki, lengkap dengan dokternya….

Ya….Dj. sudah bersyukur, bisa sampai Mainz dengan selamat…..

Entah apa saat itu satu kebetulan, tapi Dj. rasa tidak, karena saat di pesawat, Dj. sebangku dengan seorang pendeta Jerman yang bertugas di Malang yang Dj. kenal sangat baik. Dan kamipun banyak berbibcang tentang kehidupan sehari-hari….Jadi ada malaikat yang menjaga Dj. selama penerbangan pulang ke Mainz…..

Saat pemeriksaan dengan Katheter, ternyata memang ada penyempitan di pembuluh darah di jantung Dj. hanya saja belum harus dipasang Ring (Stent), karena hanya 50%, 30% dan 20%, jadi ada 3 penyumbatan,  saat itu denyut jantung Dj. sering tidak teratur….

Dengan sangat ketakutan, jelas dalam satu tahun, berat badan Dj. yang tadinya 96 Kg. turun drastis, jadi 75 Kg. jadi ada 21 Kg turun. Namun demikian, setelah beberapa tahun tidak terjadi apa-apa, jelas Dj. mulai lagi sembarangan makan yang enak-enak…dan hasilnya…..

berat badan Dj. naik menjadi 85 Kg. waktu mudik kemarin masih 78 Kg… ya…makanan seperti inilah yang membuat badan menjadi gemuk….

Foto 1: Pizza yang cukup besar dan diiringi dengan bier….hahahahaaa….!!!

Pizza Besar

Untung…kejadian kali ini di kantor, jadi cukup cepat Dj. mendapat pertolongan, dengan ambulanz dan dokternya ke Rumah sakit. Setelah menjalani beberapa pemeriksaan, terutama dengan Katheter, maka kali ini sudah saatnya harus dipasang ring / Stent di pembuluh darah di jantung Dj. tapi hanya satu.

Dokter di Rumah Sakit berkata, dengan adanya ring di jantung Dj. maka Dj. akan lebih baik dari sebelumnya, karena akan cukup oksigen di darah sehingga Dj. dapat bernapas dengan lancar dan semua akan lebih ringan…jadi muda lagi…hahahahahaaa…..

Tapi apa yang terjadi pada Dj. malah sebaliknya…Dj. sulit napas, atau seríng sesak napas, apalagi bila hari Dj. masih bisa jogging selama 2 jam lebih ( kira-kira 20 Km…, sekarang baru 5 menit sudah kehabisan napas… )

Tapi anehnya semua pemeriksaan selama di Klinik, menunjukan nilai yang bagus, baik saat EKG biasa, EKG  selam 24 jam, pemeriksaan tekanan darah Dj. selama 24 jam dan juga pemeriksaan darah Dj. baik LDL dan HDL cholestterol Dj. sangat bagus….

Juga EKG dengan beban, semuanya berhasil dengan baik…. Yang tadinya Dj., hanya boleh mengikuti senam di kolam renang, sekarang malah boleh berenang… walau masih harus ditemani oleh Terapeuter.

Foto 2: Dj Berenang

DJ Renang

Dj. juga boleh menggunakan alat-alat fitness di Klinik…. jelas, ini juga dengan pengawasan

Therapeuter ( pelatih ), dia yang ambil fotonya…hahahahaaa…. hanya untuk Baltyra….

Foto 3 & 4: Dj Fitness

DJ Fitness Lagi DJ Fitness

Juga menggunakan sepeda…( cardio ) yang tadinya mesti dengan kabel….dengan hanya 45 watt, terus boleh sekuatnya…

Foto 5: Dj Threadmill

DJ Threadmill

Maaf…yang ini sedikit agak sexy ya….hahahahaaa…. jangan ada yang ikutan buka baju ya….

Yang tadinya hanya boleh jalan kaki selama 30 menit setiap harinya….Dj. malah dapat

ijin untuk ikutan Nordic Walking, selama 1 jam lebih… setiap patien, menurut yang ditargetkan.

Foto 6: Persiapan Nordic Walking

DJ Jalan Kaki 01

Foto 7: Di hutan dan jalanan sedikit mendaki…

DJ Jalan Kaki 02

Tapi Dj. juga masih harus ikut senam dengan bola…baik di dalam Hall, maupun di luar…sedikit menjadi hiburan….Karena senam ini yang paling ringan dan lucu…bukan hanya sekedar bergerak saja, tapi….Juga melatih ingatan / daya pikir patien, untuk mengingat setiap nama patien yang lainnya.

Contohnya didalam lingkaran, kita harus mengenal nama setiap peserta, sebut nama salah satu

orang yang hadir dan katakan nama kota (contohnya….Semarang, diakhiri dengan huruf G) nah patien tersebut menyebut nama orang lain dan mennyebut juga nama kota dengan huruf pertama, huruf "G" ( Garut ) dst…

Jadi lucu…setiap orang, dikasi waktu 1 menit…untuk mengingat nama orang yang ditunjuk dan nama kota. Dan tidak boleh mengulangi nama yang telah disebut…. di situ banyak patien yang hepi dan banyak tertawa…

Foto 8 & 9: Senam Bola

DJ Senam Bola 02 DJ Senam Bola 01

Okay….hal di atas, Dj. banyak belajar, bagaimana senam dengan benar, tidak hanya harus cepat dan adu kuat….Seperti kalau di fitnessroom, angkat beban, berusaha sebisa mungkin banyak bebannya….Di Klinik, diajarkan hal yang sangat berlainan, dengan kehidupan di luar….

Bukan berapa beratnya orang bisa angkat (beban), contohnya 100Kg, dengan hanya 15 X angkat….Tapi disana diajarkan, agar lebih bersabar… walau kita kuat angkat 100 Kg. tidak di ijinkan angkat beban tersebut.Tapi hanya 20 Kg. mungkin untuk pertama diminta hanya 20 X / set.dan diulangi sebanyak 3 X (3 set).

Besoknya, tetap 20 Kg. tapi boleh 30 X dan juga diulangi sebanyak 3 X , besoknya lagi 40X / set dan diulang 4X…Bukan berat bebannya yang bertambah, tapi berapa kali kita boleh dan bisa angkat, itu yang bertambah…..Itupun dengan gerakan yang sangat pelan….. dan napas yang teratur…. karena diawasi oleh si pelatih.

Dan selama latihan, kita selalu diingatkan akan denyut jantung kita, jangan sampai terlalu cepat, melebihi yang diperbolehkan. Benar memang untuk setiap orang ada batasnya…berapa denyut jantung kita boleh bekerja setiap menitnya….

Demikian juga tentang makanan yang setiap patien harus perhatikan dalam mengonsumsi makanan setiap harinya.Di samping banyaknya seminar yang disediakan oleh ahli gizi makanan, juga kami banyak belajar mengenal jantung masing-masing.

Dan tanda-tanda sebelum terjadinya serangan jantung, agar dapat diatasi secepat mungkin, juga pertolongan pertama….Seperti harus batuk dan belajar bernapas dengan teratur…agar ada waktu untuk meminta pertolongan kepada orang di sekitarnya….

Bagi penderita panyakit jantung, kami mendapat prioritas paling atas, bila ada tanda-tanda yang kurang bagus, kapan saja dan di mana saja. Maka ambulans, dokter jaga dan dokter Kardiology akan siap menangani nya….Untung semua ditanggung oleh asuransi, kalau di Indonesia, mungkin Dj. sudah bangkrut….!!!

Okay…soal makan, memang banyak yang berpikir, harus hindari ini dan itu…..pokoknya yang dianggap tidak sehat…..Tapi saat Dj. mengikuti seminar-seminar tersebut, Dj. malah jadi heran sendiri….Ternyata kami tidak dianjurkan untuk tidak makan, makanan yang kita anggap tidak sehat, tapi hanya diajurkan agar menguranginya.

Jadi kami masih boleh makan Pizza, telur, steak, udang, coklat, ya bahkan masih boleh minum alkohol…. Haach….gubraaak…!!!

Dj. kira Dj. salah klinik, tapi ternyata memang demikianlah adanya.. kami diajarkan mengonsumsi makanan dengan benar. Hanya saja, dengan jumlah yang sangat minim..hanya boleh mengkonsumsi makanan sebanyak 1.600 Calorie/ Harinya.

Yang harus kami hindari malah minyak kelapa  (bisa diganti dengan minyak zaitun) dan fat yang tersembunyi…juga seperti keju, butter apalagi garam, harus seminimal mungkin, kalau mungkin malah dilewatkan saja……

Dan makan enak, seperti steak, seminggu sekali boleh….

Foto 10: Breakfast

DJ Breakfast

Ini sarapan Dj. di Klinik….1 roti, 4 potong daging bakar yang dipotong tipis, telur rebus dan irisan tomat + timun.

Juice tomat dan kornflake, 1buah apfel + teh tanpa gula. Lumayan ya…padahal dirumah malah sarapan sambil jalan ke kantor…hahaha….

Foto 11: Lunch

DJ Lunch

Dan makan siang Dj.

Daging dengan kentang dan sayur brokoli, salad, buah salad dan air putih…

Foto 12: Steak

DJ Steak

Atau hari Minggu siang dapat steak….tapi hanya dengan salad saja….

Tapi lebih dari itu, yang paling menyenangkan adalah, kalau Susi dan anak-anak, serta cucu David datang untuk menengok Dj. Mereka bisa tidur di hotel didekat Klinik dimana Dj. tinggal….

Seharian bisa jalan-jalan dengan mereka di taman dan di pinggir sungai, melihat ikan yang besar-besar berenang tanpa ada yang mengganggu….

Okay….mungkin sudah kepanjangan ya ….

Pada dasarnya Dj. hanya mau cerita, bahwa selama di Klinik, Dj. benar banyak belajar untuk tidak menjadi gemuk ( bisa mengatur makanan) Dj.lagi dan juga belajar bersabar…. belajar bermeditasi…supaya bisa menjadi tenang….

Menyediakan waktu untuk meditasi, menenangkan diri dan belajar pernapasan juga…..di samping belajar mengonsumsi makanan dengan benar dan teratur pada waktunya…

Tidak lagi makan malam setelah jam 20:00 malam dan tidak lagi ngemil kacang, coklat dengan berlebihan…hahahahaaa…..!!!

Tapi belajar makan makanan yang berserat dan juga cukup waktu untuk berolahraga….

Terimakasih , bila tulisan yang hambulradul ini boleh dimuat….

Terimakasih juga kepada Baltyraers semua, yang sudah dengan sabar membaca tulisan ini….

Maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dan sangat membosankan…..

Foto 13: Bunga anggrek special yang ada di balkon Dj.

Anggrek

Semoga  Kasih  dan  Berkat  TUHAN, selalu menyertai kita semua…!!!

Salam manis dari kami sekeluarga di Mainz…

DJ Family 02 DJ Family 01

Jana ( menantu ), Nicole pacar si Bagus, Dewi, Dewo+David ( cucu ), Susi dan Bagus

Tschüß….!!!! Cherio….!!!  Bye…..!!! Sayonara…!!! Sampai jumpa lagi….!!!

PARENG….!!!

Dj. dan keluarga.

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.