Perkedel Talas

Imeei – USA

Ini adalah jajanan favoritku waktu jaman masih di kampungku dulu, biasanya beli jadi, malam hari banyak yang jual dipinggir jalan, enak deh, dirumah emakku juga suka bikin, rasanya lebih enak lagi, karena udah dimodifikasi sesuai selera keluargaku (yang jual ngga pakai udang, tapi dibalurin kacang tanah sebelum digoreng).

Aku jarang bikin goreng2an, kecuali lagi pengen sekali, atau untuk dimakan ramai2 kalau ada perjamuan /kumpul2, cuman beberapa macam gorengan yang bisa kubikin, termasuk yang satu ini..(kalo yang ini biasanya buat konsumsi sendiri hihi)
Perkedel talas:
Bahan:
- 1 buah talas, yang lebih enak talas Pontianak, talas Bogor juga boleh, sekarang aku pakai talas Thai ato Vietnam yang hampir sama dengan talas Pontianak
- 100 gram udang, kupas dan cincang
- seruas (kalo sejempol kegedean) jahe, parut
- 1 butir telor ayam
- merica, garam
- daun bawang, cincang halus
- minyak untuk menggoreng
perkedel talas
perkedel talas 1
perkedel talas 2
Cara:
- talas dikupas, dan diparut, (pakai sarung tangan untuk mencegah tangan gatal kena getahnya, bisa juga dicuci dengan air garam)
- campur semua bahan yang ada
- bentuk bulat2 segede bola bekel/pingpong
- panasin minyak, boleh panas, jangan sampai berasap, masukkan bulatan talas, kecilin api, goreng talas sp mateng
- sajikan dengan sambal bawang putih : bawang putih dan cabe merah cincang kasar, tambahin dengan cuka, kasih garam dikit dan gula
perkedel talas 5
perkedel talas 6
tips: untuk supaya rada crunchy, parut talas selang seling, kasar dan halus

7 Comments to "Perkedel Talas"

  1. Ning-jatim  14 August, 2009 at 09:56

    Thx banget Imeei aku sudah pengin tahu resep sesunggunya sejak lama. Waktu itu aku coba2 ndak pake udang tapi ditambah sedikit tepung tapeoka, hasilnya lumayan cuma kurang greget. mau coba resepmu aja pasti lebih oke. salam….

  2. TerraResident  13 August, 2009 at 16:08

    Asyik nih resep barunya. Terima kasih Imeii.

  3. Peony  13 August, 2009 at 13:30

    Imeii… thanks for sharing ya.. ini resep yang mutlak dicobain krn nampak nikmat sekali…

  4. Lida  13 August, 2009 at 13:00

    Baru ngerti, biasanya makan cuma hasil rebusan gorengan ma getuk yang di perkedel belum pernah

  5. SutaryonoKliwon  13 August, 2009 at 11:08

    Mbak Imeei…duuuhhh jauh2 disana pinter masak ya Mbak, ma kasih banget buat resepnya ya…ntar ta print buat istri dirumah.

  6. saw  13 August, 2009 at 08:09

    boleh nih di coba…, tapi kayaknya nunggu hari minggu aja deh. belanja talasnya harus ke pasar.

  7. elnino  13 August, 2009 at 08:06

    Baru tau ada perkedel talas. Taunya talas digoreng gitu aja ato dibikin kripik… Keliatannya whenak nih mb Meei.. Kirain talasnya bakal dikukus dulu trus dialusin ternyata langsung diparut…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Image (JPEG, max 50KB, please)