Ley Bukan Durian

Handoko Widagdo – Solo

Berau 8 Agustus 2009

Aku yakin bahwa semua dikau telah mengenal durian. Bahkan banyak diantaramu yang menyukainya. Namun, pernahkah dikau mengenal Buah Ley? Bentuknya, warna kulitnya, rasanya, pohonnya, bunganya, semua mirip durian. Tapi Ley bukan durian.

Aku bertiahu dikau, bahwa durian itu berasal dari Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatra. Salah satu peneliti botani pernah melaporkan bahwa di Kalimantan ada setidaknya 19 spesien durian. Spesies, bukan varietas. Artinya jenis. Ada setidaknya
19 jenis durian di Kalimantan. Beberapa jenis yang saya kenal dan pernah nikmati adalah: durian, lahong, pampaken, krantungan dan tentu saja Ley.

Ley 01

Seperti telah aku katakan diatas, Buah Ley mirip durian. Namun ukurannya relaitf lebih kecil daripada durian. Hanya sebesar mug saja. Rasanya? Mirip durian. Hanya lebih ringan dan tidak nendang. Bagi mereka yang bukan penggemar berat durian, pasti menyenangi Ley.

Duri-duri Buah Ley tidak terlalu panjang, juga tidak tajam. Di bagian pangkal tangkai buah ada rambut-rambut yang menjuntai. Warna daging buahnya kuning atau orange. Sedang warna bijinya adalah coklat tua. Seringnya daging buah tak mampu menutup biji secara sempurna. Ley jarang sekali diserang hama. Jadi jarang sekali yang busuk dimakan ulat.

Ley 02

Ley 03
Nah jika dirimu berkesempatan ke Kalimantan saat musim durian, jangan lupa menikmati Buah Ley. Harganya? Hanya seperempat harga durian. Jika sedang musim besar, kita bisa dapat Ley dengan hanya Rp 3.000 saja.
 

About Handoko Widagdo

Berasal dari Purwodadi, melanglang buana ke berpuluh negara. Dengan passion di bidang pendidikan, sekarang berkarya di lembaga yang sangat memerhatikan pendidikan Indonesia. Berkeluarga dan tinggal di Solo, kebahagiaannya beserta istri bertambah lengkap dengan 3 anak yang semuanya sudah menjelang dewasa.

My Facebook Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.