The Other Hong Kong, Lamma Island

Wenny – Kowloon, HK

Mendengar kalimat (musim panas di) Hong Kong, kata panas, sumpek, sumuk, humid, lengket, kebanyakan orang, kurang oksigen, polusi, dan vocabulary serupa lainnya mesti terlintas dibenak. Yup, memang demikianlah HK, dengan wilayah yang tidak berapa besar dan masyarakatnya sudah melebihi 7 juta jiwa kesan dan perasaan begitu memang tidak bisa dihindari
 
Gedung di Hong Kong dibangun rapat-rapat keatas demi mendapatkan hasil yang maksimal dari lahan yang sangat terbatas. Dampak dari gedung-gedung yang tinggi dan AC-AC yang selalu hidup baik musim panas maupun dingin itu, berakibat sangat tidak nyaman bagi yang berada di luar gedung, pejalan kaki di trotoar akan merasakan benar bedanya panas matahari dan panas hasil bakaran emisi mesin-mesin pendingin ruangan.
 
Ditambah angin yang tidak bisa bebas berhembus keseluruh arah mata angin dihadang oleh gedung pencakar langit dan masih ditambah kendaraan dijalan raya, sejujurnya mobil pribadi itu tidak dibutuh kan di HK, ego manusia untuk menujukan status merekalah yang juga turut menjadi penyebab bertambahnya polusi di jalan.
 
Beruntunglah, masih ada daerah di HK yang 180 derajad berbeda dari pendeskripsian diatas, Lamma Island salah satunya, pulau ketiga terbesar di HK ini terletak di sebelah selatan HK Island. Dengan jarak tempuh 30 menit mengunakan ferry dari Central, kita sudah bisa sampai di tanah kelahiran aktor terkenal Chow Yun Fat. Ada 2 pintu masuk ke pulau ini, dari Yung Shue Wan (Bayan Bay) disebelah utara dan So Kwu Wan yang lebih ke selatan. Keduanya hanya bisa didatangi dengan ferry dari dermaga ferry no 4 di Outlying Island ferry pier di Central.
 
HKKF ferry@Yung Shue Wan pier
HKKF @ Yung Shue Wan
 
ferry dermaga
 
Kehidupan penduduk Lamma sangat jauh berbeda dengan saudara mereka di perkotaan, hidup di Lamma terasa lebih tenang dan nyaman, tidak bising dan sangat santai. Penduduk setempat tidak tinggal di apartemen yang tinggi seperti di HK, Kowloon dan sebagian daerah di New Teritorries, mereka tinggal di rumah 3 lantai yang biasanya perlantai ditempati oleh orang yang berbeda. Dan populasi di daerah Yung Shue Wan lebih padat dibandingkan dengan populasi di So Kwu Wan. Tapi untuk seafood restorant, So Kwu Wan lah pusatnya.
 
main street at lamma
Main Street
 
Di pulau ini tidak ada kendaraan terkecuali kendaraan darurat; mobil pemadam kebakaran dan ambulan yang imut-imut kecilnya, katanya sih pernah menjadi kendaraan darurat terkecil didunia dengan lebar yang tak lebih dari 5 ft. Selain itu juga ada VV Car, untuk mengangkut sampah, bahan bangunan atau barang berat lainnya, dipanggil VV Car karna nomor plat untuk kendaraan jenis ini selalu diawali dengan 2 huruf V.
 
ambulance at lamma
Ambulance at Lamma
 
Lamma-Island_Fire-Service_03
Firefighter at Lamma
 
Di Lamma juga tidak ada pusat perbelanjaan besar, hanya toko kecil milik penduduk setempat disepanjang jalan utama Yung Shue Wan dan beberapa tempat lain. Sebagai candaan IFC, mall yang biaya sewa tokonya selangit ini, sering disebut Yung Shue Wan Mall oleh penduduk, karna memang turun dari ferry di Central, akan langsung sampai IFC, bahkan untuk lanjut naik MTR (mass transit railway) pun peduduk Lamma mesti melewati mall ini terlebih dahulu.
 
Blue at Lamma
 
lamma
 
lamma 2
 
Penduduk di Lamma cukup beraneka ragam, yang pernah aku baca, ada 58 perwakilan dari tiap bangsa di Lamma. Penduduk lokalnya bisa dibilang hangat dan mau menerima pendatang yang datang dengan budaya yang dibawanya. Tidak heran, di Yung Shue Wan yang tidak seberapa besar bisa ditemukan bars, kedai restoran Jepang, rumah makan kebab Turki, vegan cafe, restoran Thai food, kedai pizza milano, kedai makanan organic, western cafe, kedai snacks dan tentunya restoran lokal yang tidak kalah dengan dim sumnya.
 
Lalu apa yang ditawarkan Lamma selain dari kehidupan yang laid back?! Banyak! Tidak jauh dari Yung Shue Wan ada 2 pantai bagi yang senang berjemur, bermain pasir atau baca buku dipantai kedua tempat ini cocok sekali. Hung Shing Ye, pantai yang di jaga pemerintah punya fasilitas yang cukup memadai, ada tempat barbeque by the beach, dijaga oleh life guard yg sayangnya ngga ganteng, dan ada fasilitas MCK yang memadai pula, kalo mau irit air, boleh tiap hari mandi di sini :D
 
16-08-08_1838
Lamma beach
 
Pantai satunya lagi sering disebut Power Plantation Beach, dikarenakan letaknya memang di sebelah pabrik listrik yang ada di Lamma. Di pantai ini, pasirnya jauh lebih halus dibanding dengan pasir di pantai Hung Sing Ye. Karena tidak dijaga oleh pemerintah, tidak ada life guard, pantai ini lebih terkesan bebas, boleh membawa anjing berenang, bisa berkano ria, cuma semua resiko ada ditangan sipelaku, pemerintah sama sekali tidak menganjurkan kita bermain di unguarded beach. Untuk ku pribadi aku lebih suka power plant beach dikarenakan pasirnya yang halus.
 
HK electric Plantation
HK Electric Plantation
 
HK eletric
 
wind plantation
 
Jika hendak sedikit beraktifitas, bisa trail walking dari Yung Shue Wan ke So Kwu Wan. Trail ini tergolong family trail walk, jadi tidak takut mengajak anak kecil. Diperjalanan akan ada topik yang bisa disampaikan ke anak kita. Atau ke Wind Turbin di Pak Kok Village. Ini adalah wind turbin satu-satunya di HK, merupakan landmarknya pulau Lamma juga. Wind turbine ini menghasilkan listrik yang juga dikelola oleh power plant yang ada didekat pantai yang kedua tadi.
 
Untuk yang lebih menyukai tantangan bisa bermountain biking atau hiking dari So Kwu Wan ke Mt. Stenhouse, panggilan lokalnya Shan Tei Tong, yang merupakan titk tertinggi di Lamma (353m) dan banyak terdapat batuan yang berbentuk unik dan berbeda. Jauh diujung selatan Lamma, dikenal sebagai tempat penyu laut bertelur perjalanan kesana cukup menantang dan aku pun belum pernah melakukannya. Sayangnya berapa tahun belakangan ini, belum ada kabar berita ada penyu yang bertelur disana lagi.
 
Jika tidak mempunyai aktivitas apapun, jalan-jalan sekitar Yung shue wan main street sambil foto-foto dan coba-coba restoran dipinggir pantai sambil nunggu matahari terbenam diufuk barat juga sangat menyenangkan dan dapat menjernihkan otak.
 
Sunset at lamma
Sunset at lamma
 
Sudahkah terbayang bagaimana kehidupan di Lamma? Ayuk atuh pada kemari :)
 
Till later,
 
ButterflyWenny
40G/F Tai Yuen Village
Yung Shue Wan
Lamma Island.

 

Sumber foto:

Koleksi pribadi dan http://www.hansens-hikes.com/Gallery/Lamma.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.