Nggak kenal, ya nggak sayang…

PENGANTAR: Pembaca dan pemandang Baltyra, selama bulan Ramadan akan tersaji tulisan sangat pendek berseri tentang hubungan harmoni antara Islam dan Barat. Tulisan hanya ini ingin menumbuhkan sebuah pengertian bagi siapapun yang ingin mengerti, bahwa antara kedua peradaban itu lebih banyak terjadi harmoni, kesamaan, persaudaraan dan kaitan sejarah kental antara Islam dan Barat. (Penulis)

 
Iwan Satyanegara Kamah – Indonesia
 
SERIAL RAMADAN BALTYRA: HARMONI ISLAM – BARAT

KETURUNAN NABI MUHAMMAD DI EROPA (1)

“Nggak kenal, ya nggak sayang…”

Clash of civilizationsMEMBICARAKAN hubungan Islam dan barat, selalu diwarnai dengan perselisihan, permusuhan juga prasangka. Untuk mencari kesamaannya sebagai jembatan saling pengertian, selalu terhalang oleh ketidaktahuan antara dua pihak. Pihak Islam selalu memandang dunia barat dengan kecurigaan, yang diselimuti rasa pengalaman pahit serta kekecewaan atas perlakuan tidak adil barat pada dunia Islam. Misalnya pada masa kolonialisme barat yang sebagian besar terjadi pada masyarakat Islam. 

Lalu bagaimana dengan kecurigaan dunia barat? Wah, kalau ini bisa dilihat kasat mata dengan nuansa serba negatif dalam cara barat memandang Islam serta kaum muslim. Sama halnya dengan pandangan dunia Islam, barat juga penuh prasangka dan ketidaktahuan bila menilai Islam sebagai sebuah agama, peradaban dan juga sebagai “dunia lain entah berantah”. 

Hubungan kedua peradaban besar, membuat dunia selalu menjadi kurang sehat, kurang harmonis, kurang enak dan kurang-kurang lainnya. Mengapa bisa begitu? Bayangkan saja, baik Islam maupun barat adalah dua komunitas besar dengan jumlah pengikut sampai sepuluh digit jumlahnya. 

Bila hubungan tersebut kurang sehat dan sakit-sakitan, lalu didiamkan saja sampai tunggu mati? Tidak juga! Banyak pihak yang ingin agar ketegangan itu mereda. Kalau bisa hilang sama sekali, meski hal itu masih jauh dari harapan. Tidak mengherankan, banyak lembaga atau pribadi yang punya inisiatif untuk membuat jembatan yang kuat. Tujuannya supaya kedua pihak bisa saling bertemu. Bertemu dalam bidang apa saja, yang penting saling jumpa. Daripada tak saling sapa dan diem-dieman sampai akhirnya diam beneran alias mati. 

Semua bidang dikaji dan dikembangkan, untuk mencari titik temu. Siapa tahu bisa ada kesamaan. Namun ada sebuah bidang yang jarang, bahkan tidak pernah dibicarakan sama sekali untuk mencari kesamaan antara Islam dan barat. Bidang apa?

(bersambung)

17 Comments to "Nggak kenal, ya nggak sayang…"

  1. Yeni Suryasusanti  19 July, 2012 at 14:13

    Ih bikin penasaran…
    ini sih bukan pengantar… secelupan doang kog… *lirik anoew*

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.