Genealogy is Fun

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

SERIAL RAMADAN BALTYRA – HARMONI ISLAM – BARAT

KETURUNAN NABI MUHAMMAD DI EROPA (3)

"Genealogy is fun "

KETIKA muncul sebuah berita di tahun 1986, bahwa Ratu Elizabeth II adalah keturunan langsung Nabi Muhammad, banyak orang terhentak. Orang siapa? Ya orang yang di barat maupun di dunia Islam. Mereka shock seperti tidak percaya. “Bo’ong!”, kata orang yang menolaknya. “Bulshit!”, komentar orang yang mengejeknya. Mana mungkin?

Itulah sekelumit bagaimana alam pikiran yang mengendap lama di kepala banyak orang barat dan juga orang Islam. Ya wajar hal itu terjadi. Mereka ‘kan orang awam. Beda dengan orang yang punya keahlian dan kapasitas ilmu yang berani mengatakan itu. Siapa mereka? Kaum genealogis atau bahasa Inggrisnya genealogist. Orang yang kerjaannya nyari-nyari kaitan darah antara orang dengan siapa saja. Selintas seperti profesi kurang kerjaan, kalau kita di Indonesia disuruh untuk menjuluki mereka.
 
Sebenarnya fakta itu bukan barang baru. Istilahnya seperti anggur lama tapi botolnya yang baru. Hanya saja dengan genealogi banyak orang terkejut. Seperti dipaksa mengubah sebuah metafora. Kok begitu? Dengan genealogi kita seperti menyusun sebuah jigsaw puzzle, yang kepingannya berantakan selama berabad-abad ribuan tahun. Jelas kaget dong!
 
 
Koq pakai genealogi segala buat mencari titik temu antara Islam dan barat? Pertanyaan ini mudah sekali dijawab. Intisari dari genealogi adalah melacak anugerah terbesar manusia, yaitu kehidupan. Nah, dengan cara ini siapapun yang saling bertikai, bisa saling berpikir bahwa sebenarnya mereka sedarah. Bila ada kaitan darah, orang agak malas untuk melanjutkan permusuhan. Paling tidak itu dulu. Syukur-syukur bisa saling akur kembali.
 
Nah, ternyata ketahuan bahwa secara genealogis ada mengalir darah Nabi Muhammad di Eropa, khususnya dalam darah-darah para bangsawan di benua yang selalu memerangi umat Islam berabad-abad. Melalui genealogi memang semua seperti lucu-lucuan. Mana mungkin Ratu Elizabeth II itu keturunan Nabi Muhammad? Ini jelas penghinaan bagi orang barat dan juga Eropa. Ya karena semua raja dan ratu di Eropa itu saling berhubungan darah. Nah lho! (bersambung) 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.