Suzhou Giant Wheel

Gandalf the Grey – Middle Earth

Pernah naik giant ferris wheel? Itu lho, kincir raksasa seperti wahana Bianglala di Dunia Fantasi Ancol, Jakarta tapi ukurannya jauh lebih besar. Saat ini giant ferris wheel tertinggi di dunia adalah Singapore Flyer yang tingginya 165 meter, kemudian ada London Eye setinggi 135 meter, nah yang ada di Suzhou ini tingginya 120 meter jadi masih masuk dalam peringkat ferris wheel tertinggi dunia. Kabar terbaru katanya Beijing juga sedang membangun giant ferris wheel yang bakal menjadi tertinggi di dunia karena tingginya 208 meter! (ehm, Bianglala Dufan tingginya hanya 33 meter…)

Kebetulan minggu lalu ada kunjungan tamu agung nan penting dari top eksekutip Baltyra yaitu sang Red-1 alias redaksi satu alias nenek Sophie, terpaksa saya jadi tour guide keliling kota dengan upah ditraktir naik kincir, hehe. Kincir raksasa ini berada dalam suatu taman rekreasi di kota Suzhou yang bernama 苏州摩天轮乐园­ alias Suzhou Giant Wheel Park. Tidak seperti Dufan yang luas, taman ini cukup terbatas lahannya tapi isinya cukup menarik dengan objek utama adalah kincir raksasa. Tentu saja untuk menopang kincir setinggi 120 meter membutuhkan konstruksi yang kokoh, apalagi kincir ini terletak di tepi danau yang luas sehingga tiupan angin cukup kuat. Konon kabarnya konstruksi kincir ini dibangun oleh perusahaan lokal China sendiri tapi kabinnya buatan Ronald Bussink yang terkenal berpengalaman membangun kincir raksasa.

Kabin penumpang cukup canggih karena dilengkapi AC yang sejuk dan TV layar datar membuat penumpang (maksimum 6 orang per kabin) merasa nyaman di dalamnya, tapi ternyata sang tamu agung tetap saja gemeteran dan merasa dengkulnya mau copot selama setengah jam perjalanan mengelilingi kincir. Padahal dengkul sehat dan kuat mutlak diperlukan untuk naik dan turun dari kabin kincir karena kincir tidak berhenti berputar untuk menaikkan atau menurunkan penumpangnya, jadi harus sedikit melompat ke/dari kabin kincir yang bergerak pelan-pelan.

Wahana lain di taman ini adalah roller-coaster model terbaru yang diberi nama Stingray buatan Vekoma Rides, dimana penumpang seakan terbang vertikal, terbalik dan posisi unik nan menantang lainnya. Sayangnya wahana ini sedang dalam proses pengetesan dan kalibrasi jadi hanya bisa melihat boneka dummy yang sedang menikmati roller-coaster. Juga ada sirkuit balap gokart, lalu ada juga studio Stargazer yang menampilkan film 4 dimensi. Wahana paling aman dan sederhana untuk anak-anak adalah doubledeck carousel alias komidi putar dua tingkat dimana lantai atas berputar berlawanan arah dengan lantai bawah.

Karena keterbatasan waktu sang tamu agung maka kami tidak sempat mencoba semua wahana yang ada apalagi menjepret sana-sini jadi hanya sedikit saja foto yang bisa dipamerkan, selain itu juga beberapa wahana masih belum beroperasi karena taman ini memang baru dibuka. Semoga di lain waktu bisa menikmati taman ini lagi.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *