Mekkah, Silicon Valley Genealogi

Iwan Satyanegara Kamah – Indonesia

SERIAL RAMADAN BALTYRA – HARMONI ISLAM – BARAT

KETURUNAN NABI MUHAMMAD DI EROPA (5)

Mekkah, Silicon Valley Genealogi

NABI MUHAMMAD secara historis dan juga genealogis, berasal dari sebuah lembah yang cukup ramai dikunjungi orang, jauh sebelum beliau lahir. Lembah itu sekarang menjadi tempat tujuan jutaan orang setiap tahun. Namanya Mekkah atau Bakkah atau Makkah al Mukaromah dalam bahasa lokalnya. Artinya, kira-kira kota yang diberkahi.
 
 
Saking ramainya menjadi tempat tujuan orang untuk mengunjunginya, Mekkah menjadi sebuah kata sifat (adjective) dalam bahasa Inggris, /mecca/. Artinya tempat tujuan banyak orang. Misalnya kota kelahiran pujangga terkenal William Shakespeare, di Stratford-on-Avon, akan disebut dengan kalimat, “Stratford-on-Avon is a mecca for tourists”. Begitu terkenalnya kota Mekkah yang super gersang itu ke penjuru dunia.
 
Di lembah itulah asal muasal Nabi Muhammad. Mengapa lembah itu menjadi terkenal saat itu dan menjadi tujuan jutaan manusia saat kini? Jawabannya singkat: Ka’bah. Ya, di tengah-tengah lembah itu ada bangunan berbentuk kotak atau kubus, yang disebut Ka’bah. Bentuknya memiliki empat sudut yang menunjukkan empat arah mata angin. Inilah satu-satunya bangunan terkenal di muka dunia yang sangat super minimalis. Nyaris tanpa ornamen, hiasan dan struktur lain apapun. Ka’bah-lah yang menjadi pusat perhatian orang banyak, sehingga mereka mau dengan jerih payah mengunjunginya untuk tujuan rohani atau bermotif kepercayaan.
 
Nabi Muhammad berasal dari klan atau suku Quraysh yang menguasai kota tersebut sejak berabad-abad. Nama Quraysh berasal dari nama tokoh di lembah itu. Dia keturunan langsung Ismail, yang juga putra dari Ibrahim atau Abraham. Jadi suku Quraysh adalah keturunan dari Ibrahim atau Nabi Ibrahim, tokoh yang dipuja dalam agama Yahudi, Kristen dan tentunya Islam.
 
Dari suku Quraysh itu, kelak lahir dan diturunkan banyak dinasti yang menguasai dunia, menjadi penguasa di berbegai kawasan, serta melahirkan banyak tokoh-tokoh yang mengubah dan mengukir sejarah umat manusia. Tidak ada di kawasan manapun yang bisa menghasilkan produk kehidupan manusia sehebat Mekkah.
 
PetaSinai_Mekah 
 
Bisa dikatakan bahwa Mekkah adalah sebuah lembah yang mirip Lembah Silikon (Silicon Valley), sebuah lembah di California yang menghasilkan banyak produk yang banyak membuat hidup menjadi lebih mudah. (bersambung) 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *