Kenikmatan Ganda dengan “Kerepotan” Tunggal

Peony – Serpong

Dear Sahabat Baltyra di manapun berada…
(ikutan ah nyebutnya kayak Mbak Saw…)

Bulan Agustus tahun ini sepertinya memang bulan yang penuh anugerah ya.. tidak hanya karena di bulan ini 64 tahun silam, Negara kita tercinta, Republik Indonesia merdeka, trus di bulan Agustus ini rekan-rekan Muslimin dan Muslimah dapat bersua kembali dengan bulan Ramadhan nan penuh berkah, tapi juga karena bulan ini aku dapet bonus tahunan dari kantor… hihihi… lumayan lah berapa pun jumlahnya (dari pada loe manyun karena gak dapet bonus khan..)

Nah satu kebiasaanku kalau dapet rejeki lebih (diluar penghasilan rutin) adalah beli minimal satu barang sebagai kenang-kenangan kalau pernah dapet rejeki lebih…

Untuk kali ini kuputuskan untuk beli “Twin Blade Multi Chopper” dan 2 buah peralatan dapur lainnya (yang akan saya ceritakan di tulisan berikutnya..)

MultiChopper

Barang baru selalu menggoda untuk langsung dicoba khan.. jadi tanpa nunggu lama-lama, langsung deh praktek bikin tahu baso, tapi dagingnya digiling sendiri pake multi chopper yang baru..

Nah ini hasilnya.. Tahu Bakso ala Pawon Peony..

Bahan:
– 15 buah tahu kuning atau tahu bandung, belah 2
– 350 gr daging paha ayam, giling
– 100 gr udang kupas, giling bersama daging paha ayam
– 1 sdm bawang merah goreng, dihaluskan
– 1 sdm bawang putih goreng, dihaluskan
– 30 gr tepung tapioka
– ½ butir telur ayam, kocok lepas
– lada + garam secukupnya

Caranya:

  • Campur semua bahan Bakso (kecuali tahunya), aduk hingga tercampur rata.
  • Buat lubang kecil memanjang di Tahu-nya, isi lubang tersebut dengan adonan bakso hingga menutupi permukaan tahunya. Sisakan 2 sdm daging adonan bakso untuk resep selanjutnya.
  • Kukus tahu bakso hingga daging baksonya matang.. Sisihkan untuk penyajian lebih lanjut.

Dari Tahu Bakso ini, kusajikan dalam 2 sajian yang berbeda yaitu Tahu Bakso Kuah dan Yong Tahu.

Tahu Bakso2  

Ohya, Yong Tahu ini adalah makanan khas dari daerahku (Brebes – Tegal), yaitu tahu bakso yang diberi sambel kacang dan kecap…

Berikut adalah resep untuk Tahu Bakso Kuah ala Pawon Peony..

Bahan:
• 15 potong tahu bakso yang sudah matang
• 3 siung bawang putih, dikeprek + cincang halus
• 1 tangkai daun bawang, iris tipis
• 1 tangkai seledri, iris tipis
• 2 sdm campuran daging bahan bakso
• 1500 ml air
• lada + garam secukupnya
• minyak untuk menumis

Caranya:

  • Tumis bawang putih, masukkan 2 sdm campuran daging bahan bakso, aduk hingga harum, tambahkan air + daun bawang + seledri + lada + garam, didihkan.
  • Masukkan tahu bakso dalam kuahnya, didihkan sekali lagi.
  • Siap disajikan dengan saos cabe (sambal botol).

Tahu Bakso Kuah3  

Dan selanjutnya adalah resep untuk Yong Tahu ala Pawon Peony..

Bahan:
• 15 potong tahu bakso yang sudah matang
• 1 bungkus (200 gr) bumbu gado-gado atau bumbu sate ayam siap pakai
• air hangat secukupnya
• 12 buah cabe rawit merah, rebus & tiriskan.
• bawang merah goreng untuk taburan
• kecap manis secukupnya

Caranya:
• Cairkan bumbu gado-gado atau bumbu sate ayam siap pakai dengan air hangat, masukkan airnya sedikit demi sedikit, hingga tercampur rata menjadi saos kacang.
• Haluskan cabe rawit rebus, campurkan dalam saos kacang, hingga tercampur rata menjadi sambel kacang.
• Susun tahu bakso dalam piring saji, siram dengan sambel kacang, beri sedikit kecap manis dan taburi dengan bawang merah goreng.
• Siap disajikan.

YongTahu2  

Praktis banget ya menu kali ini… dengan sekali ”repot” kita bisa mendapatkan kenikmatan ganda… jadi layak untuk dicoba khan…

OK, silakan dicoba ya, siapa tau cocok dengan selera…

Selalu memasak dengan sepenuh hati, Peony

(Dear Redaksi Baltyra.com… terima kasih banyak ya.. dan untuk Sahabat Baltyra, terima kasih karena sudah meluangkan waktu membaca tulisanku)
 

52 Comments to "Kenikmatan Ganda dengan “Kerepotan” Tunggal"

  1. Ronald Achmadi  11 July, 2015 at 15:16

    Saya mau tanya di Serpong atau Tangerang yang jual Yong Tahu Tegal dimana ya

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.