BBQ Beef Casserole

 Phie – Midstate

Hellooooooooooooooo….teman-teman GCN di manapun berada…Happy Summer yang di belahan bumi utara, Happy Winter yang di ‘down under’…dan pastinya panas melulu di Nusantara…hehehe….

Minggu lalu saya dan teman-teman pergi piknik di tepi danau, sudah pasti donk pada bebawaan masing-masing buat dimakan rame-rame. Cari resep yang gampang dan cepat akhirnya ada 2 yang menarik hati, tapiiiiiiiiiiiiiiii….ada masing-masing plus-minus yang saya ngga gitu doyan jadilah ini resep hasil tubrukan comot sana-sini dari 2 resep aslinya. Hasilnya, ngga nunggu 1 jam udah ludes disikat rame-rame hihihi…. Oya, penyajiannya bisa ditemani dengan Cole Slaw atau Macaroni Salad atau salad biasa deh manasuka yang mau makan aja…..dan jelas lebih yahud dicocol pake sambel ABC juga hehehe….dasar orang Indonesia yang ngga bisa tanpa kecap atau sambel botol nih!

Kalau resep aslinya yang pertama daging tanpa ditumis dulu langsung susun di pinggan bersamaan dengan bawang putih dan bombay lalu dipanggang, buat saya kurang wangi deh ntar jadinya. Sedangkan resep asli yang kedua daging ditumis dengan saos BBQ tapi penutupnya dengan cornbread yang saya ngga gitu suka, makanya ini hasil kombinasi keduanya.

Bahan:

– 1 bawang bombay cincang kasar
– 5 bawang putih cincang kasar
– 400 gr / 1 lbs daging sapi giling
– 1 paprika / green bell pepper
– Tomat cincang kasar (atau beli yang kalengan diced tomato)
– 1/2 cup saos BBQ
– 10 lbr roti tawar hancurkan, bagi 2 bagian
– Keju mozarella parut/shredded untuk penutup kulit atas
– 3 telur, kocok lepas
– 1 cup susu cair
– 2 sdm tepung terigu
– Merica, gula, dan garam (untuk penyetel rasa…istilah JC nih bikin terngiang-ngiang!)

Cara Membuat:

– Panaskan skillet beri minyak goreng, masukkan kedua bawang, paprika dan tomat lalu masukkan daging. Aduk sampai setengah matang lalu masukkan saos BBQ dan merica, gula dan garam seperlunya. Masak sampai matang. Sisihkan.

– Masukkan susu cair dan terigu ke dalam telur yang sudah dikocok lepas, tambahkan merica dan garam seperlunya. Sisihkan.

– Setengah bagian roti tawar yang sudah dihancurkan susun di dasar pinggan/oblong dish, lalu siram dengan sebagian adonan telur dan susu tadi.

– Masukkan daging yang sudah matang dengan merata.

– Tutup dengan bagian roti tawar sisanya lalu siram dengan sisa adonan telur dan susu ke seluruh permukaannya. Taburi keju di atasnya.

– Tutup pinggan dengan aluminium foil, panggang dengan api sedang (350 F) selama 1 jam, 10 menit sebelum oven dimatikan buka foilnya supaya permukaan berwarna golden brown.

– Potong sesuai selera dan sajikan dengan saladnya.

Selamat Makan! Makasih yaaaa…buat redaksi :)

casserole

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.