Fatime…jande Singapur. Punye anak namenye (bukan) Gopur

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

SERIAL RAMADAN BALTYRA – HARMONI ISLAM – BARAT

KETURUNAN NABI MUHAMMAD DI EROPA (12)

“Fatime…jande Singapur. Punye anak namenye (bukan) Gopur”
 

BANYAK orang pemeluk agama Islam tidak tahu tentang who’s who dari Nabi Muhammad. Mereka kebanyakan hanya percaya buta saja (determinasi), bahwa Muhammad adalah orang yang disayang Tuhan serta penyebar agama Islam. Tapi soal anaknya, istrinya, orang enggan mengetahuinya. Mungkin tidak penting, karena bukan bagian dari tata cara menjalankan kepercayaan Islam. “Sa bodo”, begitu kira-kira menurut sebagian orang.

Corak silsilah Nabi Muhammad memang agak unik dan bahkan aneh. Sebagai orang yang lahir dan besar dalam budaya Arab waktu itu, corak paterialisme sangat kuat. Lho, yang anehnya di mana? Justru keturunan Nabi Muhammad hanya diturunkan oleh putri satu-satunya yang hidup, Fatima.

Nabi Muhammad punya 5 orang anak dari perkawinannya dengan Khadijah. Wanita inilah pendukung setia di saat Nabi membutuhkannya pada awal perjuangannya. Khadijah masih ada hubungan darah dengan Nabi. Kakek moyangnya Khadijah, yaitu Abdul Uzza, merupakan adik dari Abdu Manaf. Siapa Manaf? Dia punya anak namanya Hasyim. Cucunya bernama Abdul Muttalib. Cicitnya adalah Abdullah, ayahnya Nabi Muhammad. Jadi Muhammad dan Khadijah bersaudara jauh. Paman dari Khadijah adalah Waraqah, seorang pendeta Kristen Evyoniah (Ebionites), sebuah sekte Kristen Yahudi. Waraqah mendukung dan memastikan kenabian Muhammad, dan Muhammad sendiri sangat respect kepadanya.

Dari pernikahan Nabi dengan Khadijah, lahir 5 anak. Mereka adalah Qasim (meninggal saat bayi). Lalu Zainab yang wafat waktu masih bayi tahun 630. Kemudian Ruqayah (istri Khalifah Usman bin Affan). Mereka punya anak tapi meninggal karena infeksi. Matanya dipatok ayam. Ruqayah wafat tahun 624, saat Perang Badar (perang paling menentukan) terjadi. Kemudian Ada Fatima yang menikah dengan sepupu Ali bin Abi Thalib. Dari Fatima, Muhammad memiliki keturunan yang tak terputus hingga sekarang. Kemudian ada putri Nabi dari Khadijah yang bernama Umi Khaltum. Wanita itu diperistri Usman bin Affan setelah kematian istrinya, Ruqayah. Pernikahan Umi dan Usman tidak menghasilkan anak.

Nabi Muhammad juga memiliki seorang putra dari pernikahannya dengan seorang wanita Kristen Koptik asal Mesir, yaitu Maria atau Maria al Qibti (Coptic). Koptik adalah nama sekte Kristen di Mesir. Mantan Sekretaris Jenderal PBB Boutros Boutros Ghali asal Mesir adalah contoh seorang pemeluk Kristen Koptik. Jadi nama anak Nabi hasil perkawinan dengan Maria adalah Ibrahim. Namun dia wafat tahun 628 saat masih kecil. Ketika hari Ibrahim wafat, terjadi gerhana matahari yang menyebabkan banyak orang berpikiran aneh-aneh tentang koinsiden itu.

Jadi, hanya Fatima saja yang benar-benar menetaskan garis keturunan Nabi Muhammad hingga kini yang menyebar sampai ke ujung jengkal dunia, termasuk ke dalam bangsawan Eropa. Namaya Fatima begitu mashyur dalam sejarah dunia. Dia adalah ibu para raja, iman, ratu, bangsawan di berbagai dunia. Ribuan wanita memakai namanya untuk menghormati ketauladanan dan kegigihannya. Sebuah kota suci umat Katolik di Portugal, yaitu Fatima, memakai namanya yang diambil dari nama putri bangsawan Arab sewaktu Islam masih berkuasa di sana. Di kota itu lah, Paus Johannes Paulus II nyaris tewas ditembak pada 13 Mei 1982, setahun setelah Mehmet Ali Agca hampir membunuhnya pada 13 Mei 1981 di Lapangan St. Petrus, Vatikan.

Dalam tradisi Katolik karena faktor pertalian sejarah, nama Fatima sangat harum bagai parfum. Sebaliknya dalam Islam pun begitu, baik golongan Syiah dan Sunni, sama-sama memuja dan memuliakan Fatima. Namanya diabadikan menjadi nama sebuah dinasti yang berkuasa di Mesir yang juga anak-cicitnya sendiri, yaitu dinasti Fatimiyah. Dia adalah wanita yang paling beruntung sekaligus paling malang. Suaminya dibunuh, dua anaknya diracun dan dipenggal serta mati saat bayi. (bersambung)

garis keturunan nabi
 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *