Devilish Itiak Lado Ijo

Junanto Herdiawan – Indonesia

Pertarungan Bebek Nusantara seolah mencapai puncak saat anda mampir ke Bukittinggi. Anda pecinta bebek sekaligus pedas, cobalah Itiak Lado Hijau, atau Bebek Cabe Hijau. Inilah sajian khas Bukittinggi. Bebek yang dahsyat dengan rasa pedas yang sungguh ”Iblis”. Kalau perut kita pas-pasan toleransinya pada pedas, jangan cicip. Tapi kalau kita pecinta pedas, inilah surga dunia. Iblis pedasnya, Angels and Demons rasanya. Siapkan beberapa lembar sapu tangan atau tisu kertas, untuk menghapus keringat yang pasti akan bercucuran di sekujur tubuh. Inilah makanan yang mampu membuat anda melek, semelek-meleknya. Rancak Bana !!

Kenikmatan Gulai Itiak Lado Hijau ini memang bagai sebuah misteri. Karena penampilannya hanya minimalis. Bebek dan Cabe Hijau. Bebek atau Itiak disajikan berbalur cabai hijau yang cantik sekali warnanya.Lado Hijau adalah cabe muda, yaitu cabe keriting yang belum menjadi merah dan masih berwarna hijau. Tapi rasanya sungguh dahsyat. Daging Itiknya begitu lembut, kenyal, dan tidak amis. Tak banyak yang mengerti resep rahasia yang menjadikan cabainya begitu pedas. Saking pedasnya, sampai terasa ke tulang sumsum itiak itu sendiri. Kalau kita cuci lagi itik itu minus sambal, niscaya rasa pedasnya tak akan hilang. Pedas itu tetap menempel dan menjadi bagian ke-“diri”- an itiak itu sendiri. Pedas telah berubah menjadi "ada" itu sendiri. Khas Itiak Lado Hijau memang adalah pada pedasnya. Tanpa pedas dan gurih, ia hanya itiak biasa.
Itiak berbalur cabai hijau

Itiak berbalur lado ijo
 
devilish cabai hijau
Devilish Cabai Hijau
 
Tempat gulai itiak lado hijau yang paling terkenal adalah di RM Ngarai, Jl. Ngarai Binuang, Bukittinggi. Lokasinya persis di sisi dasar Ngarai Sianok. Jadi anda akan makan dikelilingi pemandangan Ngarai nan indah. Sambil makan Bebek, anda sekaligus berwisata ke sini. Menurut Uni Ita, pemilik Rumah Makan, Itiak harus dipanggang terlebih dahulu sampai bulu-bulunya rontok. Kemudian direndam sambil direbus beberapa jam. Selanjutnya dimasak seperti biasa, dengan mencampurkan seluruh bumbu beserta cabe hijau.

Kelebihan dari Uni Ita ini adalah kesiapannya menghadapi para pecinta bebek yang ingin membawa pulang Itiak Lado Hijau sebagai oleh-oleh. Di sana tersedia itiak lado mudo yang sudah dalam keadaan beku (frozen). Produk beku ini tahan dibawa perjalanan selama 24 Jam. Luar biasa memang naluri pemasaran dari Uni ini. Ingin pesan, cukup hubungi Uni Ita di +6281374209276.

 

21 Comments to "Devilish Itiak Lado Ijo"

  1. ecy dh  6 September, 2009 at 23:31

    ondemande makan itiak pedas samo nasi panas,,, makannyo makek tangan sedapnyo,,,,

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Image (JPEG, max 50KB, please)