Bangsawan Muslim Eropa

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

SERIAL RAMADHAN BALTYRA – HARMONI ISLAM – BARAT

Keturunan Nabi Muhammad di Eropa (16)

Bangsawan Muslim Eropa
 
GOLONGAN Syiah sangat unik dan kadang sulit dipahami oleh orang atau golongan yang tidak mengerti mereka. Seperti pada tulisan terdahulu, golongan ini hanya mengakui bahwa kepemimpinan umat Islam harus dipimpin oleh keluarga atau keturunan Nabi Muhammad. Jadi ketika Nabi wafat, maka yang berhak menjadi pemimpin umat atau khalifah ya Ali bin Abi Thalib, menantu Nabi sendiri. Lha kok menantu, bukannya anak Nabi sendiri? Nabi Muhammad tidak punya anak laki-laki yang hidup sampai dewasa. Beliau hanya punya satu anak putri yang hidup sampai dewasa dan memiliki keturunan, yaitu Fatima, sekaligus suami dari Ali bin Abi Thalib.
 
Nah, itu pendapat golongan Syiah yang menganggap hanya keluarga dan keturunan Nabi Muhammad, yang berhak menjadi pemimpin umat secara duniawi dan spiritual. Padahal setelah Nabi wafat, beliau diganti oleh Abu Bakar sebagai khalifah atau pemimpin umat. Lalu Abu Bakar digantikan Umar bin Chattab dan Umar diganti oleh Usman bin Affan. Setelah Usman barulah Ali bin Abi Thalib menjadi khalifah. Namun golongan Syiah tidak menganggap keberadaan dan peran tiga khalifah sebelum Ali. Mereka dianggap tidak ada.
 
Jadi setelah Nabi wafat, ya Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah atau imam pertama. Jabatan imam ini berlangsung turun menurun melalui keturunan Ali dengan putri Nabi yaitu Fatimah. Jumlah imam golongan Syiah ini ada 12 imam. Kenapa cuma 12 imam? Karena imam ke 12, yaitu Imam Mahdi (keturunan ke 12 Nabi Muhammad) “menghilang” dan akan muncul kelak di hari kiamat membela kebenaran. Makanya dikenal sebutan ‘Imam Dua Belas’. Merekayang percaya kepada ke 12 imam tersebut dinamakan golongan Ithna Assyari. Inilah golongan terbesar dari golongan lain dalam kelompok Syiah. Jadi bagi mereka tidak ada imam ke 13, 14, 15 dan seterusnya…
 
Namun dalam perjalanan waktu, ada banyak perbedaan dalam golongan Syiah ini. Satu dari banyak golongan Syiah yang terkenal adalah kelompok atau golongan Syiah Ismailiyah. Siapa lagi nih? Golongan ini muncul karena masalah suksesi dalam jabatan imam-imam penerus Nabi Muhammad.
 
Jadi pada mulanya semua golongan Syiah percaya bahwa imam pertama adalah Ali bin Abi Thalib, yang berhak menggantikan Nabi sebagai pemimpin umat. Setelah Ali dibunuh, anaknya yang meneruskannya yaitu Hasan sebagai imam kedua. Ketika Hasan mati diracun dia diganti adiknya yaitu Hussein sebagai imam ketiga. Hussein tewas mengenaskan dipenggal kepalanya oleh anggota dinasti Ummayah yang merasa berhak menjadi khalifah. Hussein diganti oleh putranya yang bernama Zainal Abidin sebagai imam ke 4 (cicit Nabi Muhammad). Lalu dia mati diracun dan diganti anaknya sebagai imam ke 5, yaitu Muhammad Baqir. Dan Bagir juga tewas diracuni, makanya dia diganti oleh Jafar Siddiq sebagai imam ke 6.
 
Pasti pada bingung, koq matinya pada nggak enak dan mengenaskan. Yaitu tadi, para keturunan Nabi Muhammad selalu dianiaya dan diintimidasi oleh para penguasa. Dulu sama penguasa dinasti Ummayah (keluarga sepupu Nabi Muhammad) sampai cucu Nabi tewas diracun dan dipenggal kepalanya. Penganiayaan dilanjutkan oleh dinasti Abbasiyah (keluarga paman Nabi Muhammad). Mereka takut para keturunan Nabi Muhammad bisa jadi penguasa, karena punya legitimasi kuat di hati banyak masyarakat.
 
Nah, masalahnya disini berawal kenapa muncul golongan Syiah Ismailyah. Waktu Imam ke 6 Jafar Sddiq wafat tahun 765, dia diganti putranya Musa Kasim sebagai imam ke 7. Tapi bagi pengikut golongan Ismailiyah, seharusnya yang menjadi imam ke 7 adalah Ismail. Siapa Ismail? Dia adalah putra tertua Imam ke 6 Jaffar Siddiq. Bukan saudara atau adiknya Ismail, yaitu Musa Kasim seperti yang diyakini para golongan Ithna Assyari (Imam Dua Belas). Mulai dari sini terjadi perbedaan pendapat dan prisipil hingga sekarang. Makanya golongan Syiah Ismailiyah disebut juga Imam Tujuh, karena percaya yang melanjutkan suksesi adalah Ismail sebagai imam Syiah ke 7, bukan si Musa Kasim.
 
Hingga sekarang tampuk pimpinan spiritual mereka dan berlanjut hingga detik ini. Jadi dari Imam ke 7 Ismail diteruskan oleh anak, cucu, cicitnya dan seterusnya sebagai iman ke 8, ke 9, ke 10, ke 11… sampai kepada imam ke 49 yang kini dijabat Pangeran Karim Aga Khan IV, yang sudah bertahta selama 52 tahun sebagai imam Syiah Ismailiyah.
 
Aga Khan IV adalah selebritis internasional yang paling awet selama setengah abad, dan juga seorang tokoh internasional yang sangat dihormati oleh dunia barat, disayang dunia Islam yang Syiah maupun Sunni, serta dimuliakan oleh pengikutnya yang tersebar di 25 negara. Dia kelahiran Geneva, Swiss dan berdiam di Aiglemont, di Gouvieux, Prancis utara, sambil mengendalikan puluhan yayasan sosialnya yang mendunia.
 
Yayasannya yang paling terkenal adalah Aga Khan for Architecture Award, yang memberikan hadiah dalam bidang arsitektur di seluruh dunia (Nobel-nya arsitektur). Dan tentunya dia juga mengendalikan umatnya yang berjumlah puluhan juta. Kebanyakan di pesisir timur Afrika, Asia tengah dan selatan, Kanada dan beberapa negara barat.
 
Sebenarnya tulisan ini bisa berakhir di sini. Kenapa? Karena kalau mau membahas keturunan Nabi Muhammad di Eropa, ya ini dia Aga Khan IV. Dia adalah bangsawan Eropa yang beragama Islam. Dunia barat boleh benci dan tak suka dengan Islam. Tapi kalau berhadapan dengan Aga Khan IV, mereka jadi berubah 180 derajat. Ceritanya jadi lain. Aga Khan IV sama dan se-level seperti seorang raja atau kepala negara. Dia raja Eropa tanpa negara.
 
Aga Khan dengan Presiden Soeharto (1990)Aga Khan IV pernah dua kali datang ke Indonesia (1978 dan 1990) bertemu Presiden Soeharto juga Bung Hatta serta tokoh nasional lainnya, meski pengikutnya sangat sedikit di Indonesia. Aga Khan IV menyandang gelar His Royal Highness yang diberikan secara turun menurun oleh Ratu Victoria dari Inggris. Gelar ini sama yang disandang oleh Pangeran Charles. Selain penggemar kuda (kudanya temasuk termahal sejagat), dia juga seorang filantropis dan termasuk orang paling kaya sejagat.
 
Aga Khan IV adalah keturunan langsung Nabi Muhammad dan imam ke 49 dari pemimpin umat Islam sejak imam pertama Ali bin Abi Thalib tanpa terputus. Aga Khan IV juga sepupu ketujuh dari Putri Diana, ibu kandung dari calon Raja Inggris masa depan, William IV. (bersambung)
 
Aga Khan dengan Wakil Presiden Soedharmono
 
Aga Khan dengan Presiden Uganda Idi Amin
 
Aga Khan dengan Presiden John Kennedy (1961)

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *