Ngatur belanja bulanan……Pusiiiiiing

Rya – Indonesia

Lagi-lagi kali ini aku tertegun di depan laptopku, memperhatikan financial plan bulanan yang sudah sejak setahun ini aku buat di mana programnya aku gunakan excel. Aku termasuk orang yang malas nulis di mana aku lebih enak mengetik daripada nulis. Yang membuat kutertegun aalah lagi-lagi over budget hehehehe padahal kadang ada saja rezeki nambah tapi pengeluaran juga nambah. Jadi pusing sendiri nich. 

pusingMungkin di kalangan ibu-ibu ada yang memiliki masalah yang sama, di mana walau udah dikepesin nih perut tetep aja uang bulanan kadang membengkak. Terus terang sejak pindah dan tinggal di rumah memang belanja bulananku membengkak. Sewaktu masih gadis oleh perusahaan para bachelor mesti tinggal di mess khusus karyawan di mana semua disediakan pulang kerja tinggal tidur atau main, baju, sepatu, kamar dibersihin oleh pengurus rumah, makan tinggal makan saja lunch time makanan sudah tersedia dimeja makan begitupun sarapan dan makan malam jadi sama sekali tidak ada pengeluaran rumah tangga. Kecuali sesekali kalau bosan makanan mess kita beli makanan dari luar atau masak sendiri tapi itupun tidak setiap hari.

Aku termasuk rada hemat juga tidak seperti gadis umumnya yang mata langsung kedap kedip kalau liat baju, sepatu or tas cantik, kalau aku mikir seribu kali dulu kalau mau beli baju, sepatu or tas mahal walau bermerek dan memang agak jarang beli baju karena aku tipikal slownong girl waktu itu jadi nga modis dan berpakaian seadanya.

belanjaan

Namun setelah tinggal dirumah baru deh pusinggg karena pengeluaran bulanan besar banget terutama buat makan dan kebutuhan rumah tangga karena ternyata di tempat tinggalku kebutuhan pokok dan makanan lumayan mahal dibanding dengan daerah lain dari sabun mandi, ditergent, pembersih lantai sampai bawang semua hal yang diperlukan dirumah mesti dibeli untungnya untuk alat elektronik dan standar furniture disupport perusahaan kalau tidak bangkrut juga habis lah uang simpanan.

dollar

Terus terang mungkin yang membuat budget bulanan nga pernah susut salah satunya adalah banyaknya kredit yang harus dibayar, yang paling besar pastinya kredit kendaraan, untungnya (masih untung juga dasar melayu) pemakaian kartu kredit belum umum dan biasa untuk daerah tempat tinggalku, kalau di Jakarta mungkin sudah biasa dan kebanyakan menggunakan fasilitas kartu kredit. Kalau aku hidup di Jakarta atau kota besar lainnya huh kebayang deh tiap bulan pasti tagihan numpuk.

Sewaktu belum berkeluarga, aku termasuk anti hutang malah di mana rata-rata temen-temen sudah memiliki kendaraan aku masih tetep betah dengan jalan kaki walau akhirnya aku memutuskan memiliki kendaraan namun kubayar cash karena kendaraan yang aku beli cuma sebuah sepeda mini, kebetulan kantor deket jadi dalam pikiranku buat apa beli kendaraan bermesin toh kalau mau pergi tinggal minta antar saja. Namun akhirnya setelah berkeluarga, aku harus menyerah pada kebutuhan dan keadaan bagaimanapun aku tidak bisa Cuma memikirkan badan sendiri sudah ada kelurga yang harus dipikirkan terutama si baby.

Akhirnya para Baltyran, Lebaran sebentar lagi tiba dan daku makin pusinggg karena barang-barang pada naek dan mesti beli baju baru buat papa, mama, adik-adik & ponakan berikut THR bibik (kebiasaan tiap tahun). Kalau ada tips-tips cantik soal hemat menghemat belanja bulanan, sharing dongg.

Wassalam,
rya
 

34 Comments to "Ngatur belanja bulanan……Pusiiiiiing"

  1. Yes Indonesia  18 July, 2011 at 09:18

    YesIndonesia Jakarta ” SEMINAR KEWIRAUSAHAAN ”
    Group Maintained by yesindojkt

    IKUTI SEMINAR ‘Cara Gila Jadi Pengusaha’
    Dengan Pembicara Bp. Ridwan Abadi
    Pengusaha Sukses dari Malang,owner Batagor Jepang,
    owner Mr.Gingger Motivator,Praktisi Entrepreneur

    Waktu :Minggu/7 Agustus 2011
    Tempat :Hotel SOFYAN Jl.Dr.Soepomo SH no 23 Tebet Jakarta (R. Rasamala A)
    Pukul : 14.00-17.00 WIB

    INvestasi
    Normal 150rb (dapat makan utk berbuka puasa)

    Promo Murah :

    645rb u/5 org (sd 26 Juli)

    1.245rb u/ 10 org ( 27 Juli s/d 3 Agustus )

    405rb u/ 3 org (3 s/d 6 Agustus)

    Pembayaran bisa datang langsung ke Gd.Arthaloka lt.9 jl.Jendral
    Sudirman kav.2 Jakarta
    SENIN – JUM’AT
    Jam : 08.30 – 17.00 wib

    Melalui Rekening BCA DAN MANDIRI bisa hub langsung ke- Fauzi atau Yodian

    Hub :
    Fauzi 08119000760
    Yodian 087886811618 – (021) 97071124

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.