Peyek Kacang

Hennie Triana – Germany

Ide bikin peyek kacang ini gara-gara ingat peyek yang dipesan waktu ke Indonesia beberapa bulan yang lalu.Dengar promosinya aja sudah bikin ngiler, jadi terbayanglah nanti kalau pulang ke rumah bawa oleh-oleh dari Indonesia yang nggak bakalan ada di jual di sini.

Tunggu punya tunggu peyek yang dipesan nggak nongol sampai kita terbang. Dapat kabar sehari sesudahnya, kalau pesanan akhirnya datang, tapi kenapa mesti telat. Tapi ya sudahlah, mau diapain lagi.

Karena nggak ada yang dagang peyek di sini, jadi aku coba-coba bikin sendiri. Hasilnya, tidak terlalu mengecewakan. Ternyata menggoreng peyek itu susah-susah gampang; maksudnya lebih banyak susahnya dari gampangnya.

bahan:

  • 350 gr tepung beras
  • 1 sm tapioka
  • 500 gr kacang tanah
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 6 butir kemiri (haluskan)
  • 1 st ketumbar bubuk
  • 7 lembar daun jeruk purut, (iris halus)
  • 1 butir telur
  • 330 cc santan
  • garam secukupnya

cara membuat:

  • Campur santan, tepung beras, tapioka dan telur, aduk sampai rata.
  • Kemudian masukkan bumbu (bawang putih, kemiri, ketumbar)
  • Masukkan kacang tanah, daun jeruk dan garam, aduk rata.
  • Goreng tipis dengan minyak panas hingga kering, kuning kecoklatan.
  • Angkat.
  • Siap disajikan.

Terima kasih buat Redaksi dan semua rekan Baltyra.

peyek-kacang

15 Comments to "Peyek Kacang"

  1. HennieTriana Oberst  26 June, 2011 at 20:30

    Wah ada tamu, baru nyadar hari ini.

    Mas DASIMIN, pingin banget nyobain peyeknya, ntar ya kalau ke Bandung saya cari dan beli pastinya. Kalau saya bikin peyek ini hanya iseng dan kurang kerjaan aja, kangen ama cemilan Indonesia.
    Terima kasih ya, salam hangat.

    DAISY, kamu ternyata mampir juga ke kaleng peyekku toh. Thx.
    Kalo bikin pecel nggak terlalu susah juga, kecuali Kangkung yang agak jarang dijual di Toko Asia deket rumah.
    Selebihnya nggak terlalu repot, kecuali mau bikin bumbu pecel, nyari kencur itu yang sulit sekali. Makanya beli jadi aja, online, ada bumbu jadi dari daerah Jawa.

    Mas DJ.
    hehehe… nyasar ke tulisan perdana saya di Baltyra ternyata hehehe..
    Terima kasih ya. Resep ini saya dapet dari tukang pecel keliling yang sering lewat di rumah Medan.
    Waktu saya coba enak sih hehehe… cuma sulit sekali menggorengnya.
    Salam manis buat keluarga Mainz.

  2. Djoko Paisan  26 June, 2011 at 17:33

    Hennie…..
    Terimakasih untuk rezept nya….
    Kami sudah Copy dan Susi akan bikin.
    Karena ini kesukakan Dj.
    Dia pernah bikin, tapi ya asal-asalan.
    baru tau kalau pakai kemiri dan telur…hahahahahaha….!!!

    Maaf baru lihat….

  3. Dasimin  26 June, 2011 at 15:17

    Kalau kacangnya dibelah belah dan dibentuk bulat, tentu akan terlihat menarik seperti asal dari jowo dari jaman dahulu kala simbah kalau bikin peyek ya bulat-bulat seperti Peyek Kacang Berkah. Tapi peyek mba Hennie kelihatannya enak juga lho..

  4. Daisy  26 May, 2011 at 08:45

    kalau bikin pecel susah tidak mbak di sana dapetin sayurannya? hehe

  5. Dasimin  26 May, 2011 at 07:23

    Saya pengrajin Peyek Kacang Berkah dari bandung, cobain dong peyek saya, kalau mau ngejualin juga boleh tapi untuk sementara di area bandung dan punya outlet, soalnya peyek ini Gurih dan Renyah biar gak gampang pecah gitu lho.. peyek kacang berkah sudah mensupai lebih 60 outlet di bdg.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *