Singapore Chili Crab

Junanto Herdiawan – Indonesia

Setiap pergi ke Singapura, tawaran yang tak dapat ditolak adalah saat kita diajak mencicipi Singapore Chili Crab. Dahsyat, Sensual, dan "Penuh Dosa". Kebanyakan teman yang saya temui mengatakan bahwa kalau pergi ke Singapura, mereka agak konvensional, khususnya dalam memilih makanan.

Rupanya saya juga begitu. Kepiting adalah unofficial "national dish" dari Singapura. Meski kita suka mengklaim bahwa kepiting Kendari, Balikpapan, ataupun Ternate jauh lebih enak, dengan lapang dada harus kita terima kenyataan bahwa Singapura lebih bisa menjual secara internasional.

Seperti negaranya sendiri hidangan kepiting dimulai dari sebuah cerita kecil. Pada tahun 1950, seorang juru masak terkenal waktu itu, Madam Cher Yam Tian, menciptakan sebuah resep dalam menyiapkan kepiting segar dari laut. Dia dan suaminya, Mr. Lim Choon Ngee, kemudian mendirikan sebuah kedai makanan yang menjual kepiting di tepi pantai.

chili crab 2 Mereka berjualan setiap hari, dari pagi hingga malam hari, ditemani sinar dari lampu kerosen. Itulah versi pertama dari Singapore Chilli Crab. Kedai Madam Cher itu terletak di daerah East Coast Seafood Centre yang kini terkenal. Di sana terdapat puluhan restoran yang menyajikan Chili Crab setiap malam.

Menyantap Kepiting di East Coast Seafood Centre sungguh sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Dengan saus yang generous terbuat dari cabe merah, saus tomat, telur, dan daun bawang, Chili Crab sangat sedap disantap dengan tangan telanjang.

Jangan terlalu “jaim” kalau makan chilli crab. Gunakan gigi anda, sedot daging yang tersembunyi di sela-sela capit, pukul dan pecahkan bagian yang keras, sobekchili crab roti mantau untuk membersihkan saus yang menjalar di tangan.

Semua itulah kerja keras dalam menyantap Chilli Crab! Selain saus chili, varian lain dari Kepiting Singapura adalah lada hitam atau Black Pepper Crab. Rasanya sama-sama jagoan. Jadi kalau belum puas mencoba chili crab, untuk menu lanjutan silakan pesan Black Pepper Crab.

Tapi demi orang-orang yang mencintai anda, cicipilah secukupnya saja.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *