Halong Bay

King – USA

catatan perjalanan ke Vietnam, salah satunya Halong Bay…

Mengikuti tur dari Hotel di Hanoi dengan biaya USD 30 untuk perjalanan 3 jam dengan minibus menuju Halong City, dan semalam menginap di atas boat, full meals.

Dari pelabuhan penyeberangan ke Halong Bay terlihat banyak kapal tour yang beroperasi, kira2 ada sekitar 20 kapal Junk . Selama ini hanya melihat poto Halong Bay dari gambar2 post card dan poto2, kesan yang didapat seakan Halong Bay adalah lokasi yang belum terjamah pariwisata.

Kapal Junk dihalong Bay

Halong bay

batu batu kapur

Menikmati makan siang dikapal , acara yang mengasyikan sambil menikmati pemadangan batuan kapur yang menjulang dari dasar laut. Karena pencucian batu kapur, maka air laut disekitar Halong Bay juga menjadi hijau.

Halong Bay terletak diteluk besar yang bernama Teluk Tonkin…Dengan luas 1500 km dan garis pantai mencapai 120 Km. Teluk ini terdiri dari 1.969 pulau-pulau batu batu kapur yang menjulang secara spektakuler dari laut. Beberapa pulau memiliki sejumlah besar gua. Pada thn 1994 ditetapkan oleh Unesco, sebagai World Heritage Sites. Tanda tanda kehidupan manusia diperkirakan telah ada sejak 10 ribu tahun yang lalu.

bay

kapal layar

halong bay 2

Usai makan siang kami merapat disebuah pelabuhan kecil untuk naik ke tebing. Disana terlihat mulut gua Thien Cung dengan tinggi mulut gua sekitar 10 meter. Masuk ruang pertama, ukuran gua masih belum mengesankan. Tetapi kemudian kami masuk kedalam celah yang sedikit lebih besar dari lebar badan dan sampai di ruang ke dua. Baru terlihat ukuran gua yang sebenarnya. Hampir sepanjang dua ratus meter dan tinggi 50 meter. Gua ini sudah ditata sedemikian baiknya termasuk pencahayaannya. Kami keluar gua melalui pintu lain, dimana dibawah kapal kami sudah menunggu.

masuk ke lagoon

masuk ke lagoon 2

cave

cave 2

cave 3

Kapal berhenti disebuah teluk dan kano-kano di turunkan. Kami berkano masuk kedalam sebuah atol dimana laut terkurung dikelilingi dinding batu hampir setinggi 30 meter dan air laut mengalir masuk ke enclave ini melalui gua setinggi sekitar 1,5 meter dari permukaan air. Dari jalan ini pula kami mendayung kano.

Setelah mengunjungi gua Thien Cung, kapal berhenti ditengah Halong Bay. Menikmati pemandangan Halong Bay. Kapal kapal kano kecil merapat, menawarkan minuman dan makanan. Dipinggiran teluk terdapat Floating Village.

pulau

floating village

penjual makanan

Malam itu kami bermalam di dalam kapal sambil menikmari matahari terbenam.

sunset dihalong bay

sunset dihallong bay

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.