Mr. Crab

MT – Smd

Pada tau Mr.crab kan, tuh temannya si Sponge Bob and Patrick. …

Kali ini pengen berbagi cerita sedikit tentang si Crab.

Saya sekeluarga termasuk penggila kepiting, jadi dalam seminggu paling sedikit sekali pasti ada menu ini.Dari bahan dasar kepiting ini sangat banyak olahan masakan yang dapat dibuat semisal sup kepiting, asam manis, lada hitam, telur asin, kepiting asap dan etc.

Di Kalimantan Timur ada rumah makan yang sangat terkenal akan kepitingnya, restoran kepiting KENARI yang berasal dari kota Tarakan. Terkenal karena kepiting yang dimasak termasuk big size yang dikenal dengan nama kepiting Kenari. Konon kepiting ini memakan buah kelapa di pohon sehingga menjadi hama bagi petani kelapa di daerah tersebut.

Khas masakan kepiting Kenari sangat terkenal sehingga menjadi oleh-oleh bagi pendatang yang berkunjung ke sana. Terlebih restoran ini membuka cabang di kota minyak Balikpapan. Nama kepiting Kenari melejit menjadikan dia salah satu masakan unggulan di kota Balikpapan.

Penasaran akan kelezatan kepiting Kenari saya dan mengajak suami untuk mencoba masakan tersebut saat berkunjung ke kota Balikpapan. Lezat ????

Hmmmm….tergantung lidah masing-masing. Untuk ukuran….sangat ok, ukurannya sangat besar dibanding dengan kepiting lain yang ada di pasar, capit kepiting yang juga sangat besar membuat kita puas dalam menyantapnya, tapi sayang..untuk rasa menurut saya biasa saja. Tidak ada sesuatu yang istimewa jika dibanding dengan masakan kepiting restoran lain (ini menurut saya lho….walaupun saya bukan ahli masak memasak tapi setidaknya lidah saya bisa membedakan mana makanan yang bisa membangkitkan andrenalin untuk menyantap lagi dan lagi….…).

Dari pengamantan saya, semua kepiting di sana sudah digoreng terlebih dahulu, jadi pada saat kita pesan mau rasa apa, tinggal ditambah sausnya aja, semisal saus asam manis, ya diolah menjadi masakan asam manis. Memang dengan cara ini masakan menjadi lebih cepat disajikan tetapi kekurangannya adalah bumbu tidak meresap ke dalam daging kepiting bisa dikatakan rasa daging kepiting hambar tanpa bumbu yang ada, keistimewaan kepiting yang digoreng adalah renyah jika di santap.

Mengapa kepiting harus digoreng dulu ? Saya pikir karena lebih praktis dan cepat dalam penyajian saja atau mungkin juga kepiting diusahakan tidak mati sebelum di masak, maybe yes maybe no…….

Tujuan saya sebenarnya hendak berbagi tips untuk memasak kepiting buat para GCNers.

Pertama pilih kepiting yang gemuk atau bertelur, ada orang yang suka kepiting gemuk yang lain senang dengan kepiting bertelur. Jarang kita bisa mendapatkan kepiting yang gemuk bertelur…mungkin susah kali ya…

Kepiting yang bertelur pasti kepiting betina, cara mencari kepiting betina diliat dari bentuk cangkang penutup bagian bawah, kalau jantan bentuknya lancip sedangkan betina berbentuk bulat lebar. Yang paling susah mencari apakah kepiting tersebut kepiting gemuk atau tidak. Bisa saja cangkang kepiting besar tapi isi/dagingnya tipis.

Ada beberapa cara untuk memilih kepiting gemuk atau tidak, pertama kita menekan belakang cangkang apakah keras atau lembek, kalau keras artinya gemuk begitu sebaliknya.

Kalau kurang yakin bisa di liat di bagian siku dari capit kepiting, jika ditekan maka membran di siku tersebut terbuka dan bisa diliat apakah kepiting tersebut gemuk atau tidak. Kalau penjelasan saya kurang bisa di liat di blog ini http://www.smallcrab.com/jengkol/46-jengkol/235-tips-untuk-penggemar-kepiting

Cara paling mudah ya percaya saja sama yang jual, kalo harga kepiting agak mahal kemungkinan kepiting tersebut gemuk…he..he..he…

Saya kadang tidak memilih lagi kepiting yang saya beli sebab penjual kepiting langganan saya sudah tau jenis kepiting yang saya minta, ya..dengan harga yang lebih mahal tentunya..sebab katanya itu kepiting pilihan. Kalau saya minta kepiting telur dicarikan yang telur kalau minta yang gemuk dicarikan yang gemuk. Pernah sekali gara-gara sibuk memilih kepiting eh malah jempol saya dicapit, sakit sekali…rasanya. Capit kepiting tidak mau lepas sampai akhirnya di potong oleh si penjual. Jempol rasanya mati rasa seketika…sampai di rumah pun masih terasa..he..he..he..

Kepiting mati tidak boleh dimakan, karena itu saya biasanya langsung memasak kepiting yang saya beli tanpa menunggu dulu dia mati. Pernah saya tanyakan alasan kenapa kita tidak boleh makan kepiting yang mati, katanya jika kepiting yang mati akan mengeluarkan racun yang dapat membuat mabuk pemangsanya. Entah benar atau tidak saya tidak tau.

Daripada saya panjang lebar lebih baik kembali ke tujuan utama yaitu resep masakan kepiting favorite saya…

Bahan:

  • Kepiting 6 ekor
  • Bawang merah secukupnya
  • Bawang putih secukupnya , bawang putih lebih sedikit dibanding bawang merah. Dihaluskan bersama bawang merah
  • Lombok keriting 2 buah dihaluskan
  • Tauco manis 4 sendok
  • Jahe se jempol, dipenyet
  • Serai 4 batang, dikempras
  • Lengkuas se jempol, dipenyet
  • Tomat 2 buah, dihaluskan

Semua bumbu ditumis jadi satu, jika sudah harum dikasih air secukupnya, jika sudah mendidih baru kepiting dimasukkan.

Gunakan api besar selama memasak dan jangan terlalu lama sebab daging kepiting akan hancur jika terlalu lama dimasak.

Jangan lupa bumbu garam, gula secukupnya dan penguat rasa jika suka.
Selamat mencoba…

crab

Artikel ini di edit oleh suami saya,
saya cuma bagian masaknya saja..he..he..he..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.