Rio de Janeiro… 2016!!!

Dewi Aichi – Brazil

Halo teman-teman pembaca Baltyra di manapun berada,

Belum saatnya jika sekarang membicarakan tentang olimpiade internasional. Tetapi siaran langsung di tv globo saat pemilihan kota tempat penyelenggaraan olimpiade 2016 sangat memukau dengan adanya lautan manusia di pinggir pantai kota Rio de Janeiro-Brasil.

Pidato para presiden yang mempromosikan wilayahnya masing-masing agar terpilihpun sangat menarik. Obama misalnya,dengan senyumnya yang khas langsung meminta kepada anggota IOC atau Komite Olimpiade Internasional untuk memilih Chicago sebagai tuan rumah penyelenggara olimpiade. Namun sayang di putaran pertama, kota Chicago langsung tersingkir.

Tokyo-Japan, juga tersingkir pada putaran ke-2, padahal perdana mentri Jepang Yukio Hayotama mengulas masalah penyelamatan bumi dan bencana. Akhirnya tidak kesampaian juga perjuangan Jepang untuk menjadi tuan rumah penyelenggara olimpiade.

Giliran Madrid saat memberikan presentasi menampilkan Raul Gonzales. Apa boleh buat,saat presiden IOC mengumumkan hasil akhir yang memenangkan Rio de Janeiro sebagai kota tempat penyelenggaraan olimpiade 2016.

Begitu mendengar kemenangan tersebut, Pele langsung menangis bahagia sambil merangkul Presiden Brasil Lula da Silva. Tepat sekali isu yang di usung oleh Lula tentang keadilan, hingga memenangkannya. 

LULA2 
Presiden Bolivia, Evo Moralespun langsung mengucapkan selamat kepada Rio de Janeiro atas terpilihnya menjadi tuan rumah olimpiade 2016, itu artinya kemenangan bagi Amerika katanya.

Ini adalah untuk pertama kalinya olimpiade akan diselenggarakan di wilayah Amerika selatan.Kota pertama di Amerika Selatan menjadi tuan rumah peristiwa sepanjang sejarah, Rio berpartisipasi dalam perjuangan untuk kantor ketiga kalinya, perselisihan tahun 2004 dan 2012 bahkan bukan tahap akhir.

LULA4 Ya ..Rio de Janeiro akan berpesta dan akan menjadi kota yang paling cantik apalagi selama 2 tahun berturut-turut adalah untuk tempat penyelenggaraan acara bergengsi. salah satu keberhasilan presiden Lula da Silva yang didukung pemerintah dengan motto" bekerja untuk rakyat", sangat membanggakan masyarakat Brasil. 2 kali terpilih menjadi presiden Brasil, Lula telah sukses membawa Brasil. Kesuksesan Lula memimpin Brasilpun bukan karena didukung oleh pendidikan tinggi, karena Lula tercatat hanya sekolah dasar sampai kelas 4 saja, namun tekat Lula sebagai mantan buruh pabrik yang menginginkan untuk memberantas kemiskinan. Bahkan Lula juga kehilangan salah satu jarinya saat masih menjadi buruh pabrik.

Kini Rio de Janeiropun masih berpesta menyambut kemenangan tersebut, apalagi tahun 2014 juga akan diselenggarakan piala dunia. Kini pemerintah Brasil sedang membangun secara besar-besaran untuk menyambut tamu-tamu dari seluruh dunia.

LULA 1

Brasil yang tingkat kriminalnya termasuk tinggi, bisa dipercaya sebagai tempat penyelenggara piala dunia 2014 dan olimpiade 2016. Tentu saja pemerintah Brasil tidak akan main-main dengan kepercayaan yang telah diraihnya. Pengamanan dan pembangunan sedang di prioritaskan. Waktu 7 tahun dipergunakan untuk mencari atlet-atlet berbakat untuk ditampilkan dalam olimpiade. Setiap hari muncul di tv anak-anak berbakat penuh semangat yang siap membawa kemenangan.

Logo Rio 2016 pun muncul setiap menit di tv paling top di Brasil yaitu Globo.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia ? Sudah siapkah meraih kemenangan? 7 tahun saya rasa cukup ada waktu untuk melatih dan mencari orang-orang berbakat di Indonesia. Ayo Indonesia..aku tetap mendukungmu!

Sumber:

tv globo
jurnal nasional
gambar2 diambil dari internet.

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.