Luo Yang & Shaolin

Michael –  Sophie

Sewaktu liburan bingung mau kemana, atas saran dari salah satu family, pilihan jatuh ke Luo Yang. Luo Yang terletak di Provinsi Henan, salah satu Ibu Kota kuno di Tiongkok.

Luo Yang
Atraksi utama di Luoyang adalah Longmen Grottoes yang terletak di 12km selatan kota. Ada dua gunung, yang satu disebut East Hill (Mt. Xiangshan) dan West Hill (Mt. Longmen), tepat berhadapan satu sama lain dan dibelah oleh Yi River ke arah utara, persis seperti gapura 2 gerbang raksasa. Oleh karena itu, di masa Dinasti Zhou dan Qin, tempat ini disebut dengan Yi Que (Gate of Yi River). Di kemudian hari, ketika Sui menetapkan ibukota kerajaan di Luoyang, gerbang istana tepat menghadap ke Yi Que, sehingga disebut dengan Longmen, yang berarti Dragon Gate.
 
luoyang
 
luo yang 2
 
luo yang 3
 
long men 3

Membentang sepanjang lebih dari 1000 meter dari sisi bukit sepanjang Yi River, Longmen Grottoes, bersama dengan Mogao Caves di Dunhuang (Provinsi Gansu) dan juga Yungang Grottoes (Provinsi Shanxi), dikenal sebagai 3 besar pahatan batu di China. Di tahun 2000, Longmen Grottoes masuk dalam list UNESCO untuk World Cultural Heritage Site.

 
long men 2

Longmen Grottoes pertama kali dipahat dan diukir sekitar tahun 493AD ketika ibukota jaman Northern Wei Dynasty (386-534) dipindahkan dari Datong ke Luoyang. Keseluruhan konstruksi Longmen Grottoes berlangsung selama lebih dari 400 tahun berawal dari Dinasti-dinasti Selatan, Dinasti Sui, Dinasti Tang sampai dengan Song.

 
long men
 
Hari ini di sana terdapat 2345 gua dan ceruk, 100.000 berbagai patung Buddha, berkisar dari 2cm ke 17.14m, lebih dari 2800 goresan, 43 pagoda Buddha yang bertebaran dari East Hill dan West Hill. Dari kesemuanya, 30% berasal dari Northern Wei Dynasty, 60% dari Tang dan sisanya 10% dari masa yang lain.
 
luo yang

Shaolin
Kuil Shaolin terletak di Teng Feng dekat kota Zheng Zhou. Didirikan pada tahun AD 496 di masa Northern Wei Dynasty untuk menghormati pendeta dari India yang bergelar Bodhidharma, lebih dikenal di China dengan nama Da Mo. Di Indonesia dikenal dengan Tat Mo Cosu.

 
Tat Mo Cosu adalah pendiri aliran Mahayana yang lebih dikenal dengan sebutan Chinese Chan, sekarang dituliskan sebagai Zen Buddhisme. Kuil Shaolin ini dianggap sebagai cikal bakal Chinese Buddhism.
Kuil Shaolin ini menjadi saksi dari masa ke masa jatuh bangunnya dinasti yang satu ke dinasti yang lain. Lebih terkenal lagi adalah Kungfu Shaolin yang mendunia. Kungfu dari biara ini berbeda dan dianggap menjadi akar dari semua ilmu kungfu yang sekarang beredar luas dengan segala alirannya di dunia. Seorang Guru Besar dari Shaolin pernah berkata: "Study Shaolin style in great depth, then study for wisdom and train the body". Ungkapan ini menegaskan bahwa kesinambungan fisik, mental, disiplin dan menjiwai apa yang dilatih dibutuhkan untuk mencapai tingkat tertinggi. Karena ketertarikan dunia modern yang makin lama makin tinggi akan kungfu, dan pertunjukan ilmu silat Shaolin yang makin mendunia, dimulailah sekolah kungfu di sana dan menjaring banyak sekali murid dari mancanegara.
 
the gates
Pintu Masuk

courtyard

didalam kuil

Di dalam kuil

temple

statue

forest of pagodas

monk

batu

Lantai batu yang ambles ke dalam, dikarenakan murid2 dari Biara ShaoLin mengunakan tenaga dalam

bodhidarma cave

Bodhidarma cave, tempat bertapa selama 9 tahun.

Atraksi di Kuil Shaolin

performance

training 6

training 7

training 5

training 4

Murid murid yang belajar di ShaoLin sedang latihan

training 3

wushu training

Salah satu kuil ShaoLin terletak di atas Gunung, dinamakan SanShan, The Third Mountain. Jalanan yang terjal dan berliku, antara gunung dan gunung dihubungkan dengan Jembatan gantung, yang membuat kaki bergetar.

SanShan

Shaolin temple

bridgebridge 1

Di jaman sekarang Monk saja bisa Hi Tech

monk gone hi tech

dupa

Perjalanan ini ditulis untuk Jon yang menanyakan di mana letak biara ShaoLin.

Buat JC, thanks sudah menterjemahkan kedalam bhs Indonesia (Michael part )

23 Comments to "Luo Yang & Shaolin"

  1. Djoko Paisan  1 May, 2011 at 17:51

    Wadoooh ini artikel sampai terlewat….
    Untung ada yang baca lagi, jadi masih sempat mampir…
    Jadi ingat 12 tahun yang lalu, dimana ada tawaran di Jerman, untuk anak-anak diantara 6-10 tahun, bisa belajar senam Kungfu di asrama Shaolin tempel, China selama 1 tahun.
    Jelas harus melalui tes kesehatan dan yang benar-benar berminat.
    Sayang Susi tidak kasi ijin.
    Kalau dia dulu ke Shaolin, mungkin sekarang sudah bisa jadi sohu di Mainz…hahahahahaha…!!!

  2. liauw ming  1 May, 2011 at 17:36

    keren tempat nya

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.