Saya, Presiden Republik Indonesia

JELANG HARI PELANTIKAN PRESIDEN RI
 
SERBA SERBI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA (11-HABIS)
 
“Saya, Presiden Republik Indonesia”
 Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta
 
a to z
 
Aneh bin ajaib, seorang presiden Indonesia pernah sedang asyik tidur di sebuah kamar di dalam Istana Kesultanan Ternate, tiba-tiba ada yang memindahkannya ke ruang lain tanpa diketahui oleh sang presiden sendiri.
 
Blangkon adalah satu-satunya pakaian adat Indonesia, yang pernah dipakai seorang presiden Indonesia waktu menghadiri acara jamuan makan kenegaraan, yang dijamu oleh tuan rumah Raja Norodom Sihanouk dalam kunjungannya ke Kamboja pada 1968.
 
Ck..ck..ck…ck… Mana ada presiden di dunia yang kedua orangtuanya diabadikan menjadi nama bandar udara? Sang ayah diabadikan namanya (bersama) pada nama bandar udara Jakarta dan ibunya menjadi nama bandara kota Bengkulu, ibu kota propinsi Bengkulu.
 
Dwikora adalah nama kabinet yang sering dijuluki “Kabinet Seratus Menteri”, yang pada kenyataannya jumlah menterinya ada 109 orang.
 
E-mail atau surat elektronik pertama kali digunakan oleh seorang presiden Indonesia pada tahun 1998, dengan alamat <[email protected]>
 
Filipina , Singapura dan Korea Utara, menjadi negara ‘generation to generation’ dalam hal kepemimpinan dengan Indonesia. Tahun 1960, presiden Indonesia menerima Lee Kuan Yew di Istana Merdeka, yang kelak menjadi perdana menteri pertama Singapura tahun 1965. Tahun 2003, kedua anak mereka bertemu di tempat yang sama dengan status yang sama.
 
Tahun 1963, presiden Indonesia datang ke Manila, Filipina menemui Presiden Diasdado Macagapal. Di tahun 2001, kedua anak mereka bertemu kembali dengan kedudukan yang sama dengan kedua ayah mereka, di tempat yang sama pula.
 
Tahun 1964, Presiden Korea Utara Kim Il-sung pernah menerima tamu presiden Indonesia di ibukota Pyongyang dan tahun 2003 kedua anak mereka melakukan hal yang sama, di tempat yang sama pula.
 
Gembiranya warga Papua Niugini ketika menyambut kedatangan presiden Indonesia pada bulan Juni 1979, karena menjadi tamu negara pertama sejak negeri itu merdeka tahun 1975.
 
Hajatan menikahkan anak pernah dilakukan seorang presiden Indonesia. Dia satu-satunya presiden yang pernah menikahkan semua anak-anaknya (6 orang) dalam kurun 1970-1997, selama menjabat presiden Indonesia.
 
Indonesia pernah punya seorang presiden yang memiliki rekor dunia yang unik, yaitu bertemu tiga paus yang berbeda di Vatikan, hanya dalam kurun waktu singkat, pada 1956, 1959 dan 1964, plus bonus menerima medali kehormatan yang pertama kali diberikan oleh Gereja Katolik kepada pemimpin muslim tahun 1959. Namun pernah dalam kurun 1971-2000, tidak ada seorangpun presiden Indonesia bertemu paus di Vatikan.
 
John Fitzgerald Kennedy pernah mengirimkan ucapan selamat atas HUT RI 1962 kepada presiden Indonesia. Itu satu-satunya ucapan selamat HUT RI yang pernah dikirimkan oleh seorang presiden AS.
 
Kabinet pemerintahan Indonesia di tahun 1964, pernah memiliki sebuah program kerja yang sangat ambisius, yaitu menghancurkan sebuah negara tetangga.
 
London, adalah satu-satunya kota di dunia, tempat presiden Indonesia menyuguhkan soto madura dan masakan asli Indonesia lainnya kepada Ratu Elizabeth II.
 
Mengibarkan bendera pusaka dalam upacara kenegaraan HUT RI 1964 di halaman Istana Merdeka, pernah dilakukan oleh seorang presiden Indonesia ketika masih remaja. Hanya 37 tahun kemudian, kebalikannya dia menjadi presiden dan memberi bendera pusaka untuk dikibarkan.
 
Nama ibukota propinsi Papua, pernah memakai nama yang diambil dari nama seorang presiden Indonesia.
 
Oh hebatnya seorang presiden Indonesia, berani memakai bahasa daerah di Indonesia, bahasa Jawa, ketika berpidato kepada rakyat negara asing. Ini dilakukan di Suriname sewaku berkunjung pada tahun 1995.
 
Palangkaraya, satu-satu ibukota propinsi dan kota di Indonesia yang didirikan oleh presiden Indonesia.
 
Quinquennial….sekali dalam lima tahunan, adalah sebuah tradisi siklus penggantian presiden RI yang dilakukan dan dilaksanakan sesuai konstitusi pertama kalinya dengan sempurna tanpa lawan penantang. yaitu pada tahun 1968, 1973, 1978, 1983, 1988, 1993 dan 1998.
 
Rabat, satu-satunya ibukota negara di dunia yang punya sebuah ruas jalan dengan memakai nama presiden Indonesia.
 
Semua presiden Indonesia pertama kali dilantik selalu memakai kacamata, kecuali pelantikan presiden pada 27 Maret 1968.
 
Teleconference pernah dilakukan oleh seorang presiden Indonesia untuk menggelar siding kabinet. Sang presiden di lain benua, dan para menteri di Jakarta.
 
Universitas Indonesia pernah ditolak permohonannya, untuk memberi gelar Honorius Causa kepada seorang presiden Indonesia.
 
Video klip “For You”, sebuah ilustrasi audio visual lagu karya grup musik Samsons, mendapat bintang kehormatan yaitu presiden Indonesia sebagai bintang dalam video tersebut. Sebelumnya dan sebuah sinetron drama keluarga pertanian di TVRI tahun 1986, pernah mendapat kehormatan juga dengan bintang sinetronnya presiden Indonesia pada sebuah episodenya.
 
Waaaah…yang bener aja, koq seorang presiden Indonesia tega-teganya mengencingi kepala dua anak kandungnya sekaligus di sebuah sudut halaman Istana Merdeka, supaya sembuh dari penyakit.
 
XXX JANGAN DITIRU! Surastri Karma Trimurti menjadi warga negara Indonesia pertama sejak 17 Agustus 1945, yang berani memegang ubun-ubun kepala Presiden Republik Indonesia di muka umum. Trimurti melakukannya ketika dianugerahi sebuah penghargaan oleh presiden Indonesia pada Hari Ibu 2003. Mungkin untuk membalas ‘perlakuan’ presiden Indonesia yang pernah pada tahun 1950an, memberikan dia mendali dengan muka cemberut.
 
Yeee…hanya dalam kurun setahun memerintah dari 1999-2000, seorang presiden Indonesia memegang rekor dunia dengan mengunjungi 34 negara!
 
Zzzzzzzzzz….presiden Indonesia pernah tertidur sejenak ketika menghadiri sebuah sidang parlemen dan disaksikan oleh orang banyak.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.