Andorra

Mpek Dul – Holland

Motto: Virtus Unita Fortior (bhs Latin: "Kebajikan yang dipersatukan adalah lebih kuat")
Lagu kebangsaan:
El Gran Carlemany

Luas wilayahnya 468 km2

Ibu Kota Andora la Vella Andorra yang tercepit diantara Spanyol dan Perancis ini mempunyai batas 56,6 km dengan Perancis dan 63,7 km dengan Spanyol.

Bahasa resmi Katalan

Bahasa lain Spanyol, Perancis

Pangeran bersama Nicolas Sarkozy dan uskup Joan Enric Vives Sicilia

Penduduk 83.228 orang, hampir semua beragama Roma Katolik

Mata uang €uro

Kepangeranan Andorra adalah salah satu Kepangeranan kecil yang terletak di antara Perancis barat daya di pegunungan Pyrenea dan Spanyol. Andorra yang mewah ini merupakan bagian dari negara – negara Katalan dan dikenal dengan sektor pariwisata di samping Negara ini tidak mengenal bea cukai. 

Sejarah

Andorra yang ditinjau dari segi militer letaknya sangat strategis adalah sisa dariMarca Hispanica yang terakhir, yaitu satu negara penahan musuh yang didirikan oleh Carlemany, Charles the great yang berusaha menahan bangsa Moor yang beragama Islam, agar menyebarkan pengaruhnya ke Perancis yang beragama Katolik. Sebagai balasan terima kasihnya, wilayah ini diberikan kepada rakyat yang tinggal di situ. Sekitar tahun 800 cucu dari Charles le Chauve, atau Charles de Bald, Charles yang Botak, diangkat sebagai penguasa Andorra. Keturunan dari Charles ini kemudian menyerahkan daerah ini kepada keuskupan Urgell yang saat itu dipimpin oleh uskup Urgell.

Pada 1278, konflik itu diselesaikan dengan penandatangan Parage yang menegaskan bahwa kedaulatan Andorra dipegang antara pangeran Foix dari Perancis (yang akhirnya jabatannya diserahterimakan kepada kepala negara Prancis) dan uskup La Seu d'Urgell , di Katalonia, Spanyol. Ini memberikan kepangeranan kecil itu wilayahnya beserta bentuk politisnya.

Selama bertahun-tahun jabatan itu diwariskan kepada raja Navarre. Setelah Henry dari Navarre menjadi Raja Henry IV dari Perancis, ia mengeluarkan dekrit (1607) yang memberikan kepala negara Prancis dan Uskup Urgell jabatan perangkap-pangeran

Antara 1812–13, Kekaisaran Perancis menganeksasi Katalonia Spanyol dan membaginya menjadi 4 departemen. Andorra juga dianeksasi dan dijadikan bagian distrik Puigcerdà (département Sègre)

Pada 1933 Perancis menduduki Andorra sebagai akibat dari kerusuhan sosial sebelum pemilihan. Pada 12 Juli 1934, seorang penjelajah bernama Boris Skossyreff mengeluarkan proklamasi di Urgel, menyatakan dirinya sebagai Boris I, pangeran berdaulat dari Andorra, secara serentak menyatakan perang kepada uskup Urgel. Ia ditangkap oleh pemerintah Spanyol pada 20 Juli dan akhirnya diusir dari Spanyol.

Sekitar 1936 sampai 1940 detasemen Perancis berada di negara ini untuk mecegah agar pengaruh perang saudara yang saat itu melanda di Spanyol oleh jenderal Franco tidak sampai merambat ke Andorra, sehingga secara tidak langsung mengancam stabilitas Perancis.

Selama PD II , Andorra tetap netral dan merupakan rute penyelundupan penting antara Vichy Perancis dan Spanyol. Berhubung dengan relatif ter isolasinya letaknya Andorra, maka negara ini tetap berada di luar arus utama sejarah Eropa, dengan sedikit ikatan kepada negara-negara selain Perancis dan Spanyol. Namun sekarang industri pariwisatanya berkembang pesat bersamaan dengan perkembangan dalam transportasi dan komunikasi telah memindahkan negara ini dari sistem isolasi dan politiknya dimodernisasikan pada 1993, tahun di mana negara ini menjadi anggota PBB.

Politik

Politik Andorra terjadi dalam bingkai kerja negara demokrasi reprensetatif parlementer , di mana Perdana Menteri Andorra ialah Kepala pemerintahan,  dan dari sistem multipartai. Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh pemerintahan. Kekuasaan Legilatif  diberikan pada Pemerintah dan parlemen. Peradilannya independen dari eksekutif dan legislatur.

Pembagian wilayah administrative

Andorra terbagi menjadi 7 wilayah administratif (parròquia):

Andora La Vella

Canillo

Encamp

Escaldes – Engordany

La Massana

Ordino

Sant Julia de Loria

Geografi

Serasi dengan letaknya di jajaran pegunungan Pineria timur,  Andorra sebagian besar terdiri atas pegunungan yang tidak datar pada ketinggian rata-rata 1.996 m dengan yang tertingginya ialah Coma Pedrosa pada 2.946 m. Dipotong oleh 3 lembah sempit dalam bentuk Y yang bergabung menjadi satu, sungai Valira, yang menuju Spanyol (pada titik terendah di Andorra, yakni 870 m).

Iklim Andorra mirip dengan iklim sedang negara tetangganya, namun letaknya yang lebih tinggi berarti ada pada rata-rata lebih bersalju di musim dingin dan sedikit lebih dingin di musim panas.

Ekonomi

Pariwisata merupakan pemasukan utama ekonomi Andorra yang keseluruhannya terhitung tidak banyak, sektor ini menyumbang sekitar 80% PDB. Diperkirakan 9 juta wisatawan mengunjungi Andorra tiap tahun terutama karena status bebas bea dan pajak nya dan oleh fasilitas liburan musim panas dan dinginnya. Kini rata-rata perbandingan keuntungan yang diperoleh Andorra menurun karena dibuka nya pintu ekonomi antara Perancis dan Spanyol yang berdampingan sehingga tersedianya barang dan ongkos yang lebih rendah menjadi mungkin.

Sektor perbankan dan status pajak singgahnya juga menyumbang banyak pada ekonomi. Produksi pertanian terbatas— dimana hanya 2% dari tanahnya baik untuk ditanami—dan sebagian besar makanan harus diimpor. Kegiatan peternakan yang penting ialah peternakan domba. Hasil manufaktur terutama terdiri atas rokok, cerutu, dan perabotan rumah tangga. Sumber daya alam Andorra ialah tenaga air ,  air mineral, kayu, biji besi dan timah.

Andorra bukanlah anggota Uni Eropa, namun menikmati hubungan khusus yang terjalin, dibawah pengawasan Perancis dan Spanyol dan diperlakukan sebagai anggota UE untuk perdagangan dalam barang-barang manufaktur (tanpa tarif) dan sebagai anggota UE untuk produk pertanian. Andorra tidak memiliki mata uangnya sendiri dan menggunakan mata uang kedua negara tetangganya yaitu uro.

Tidak seperti negara-negara Eropa kecil lainnya yang menggunakan euro seperti Vatican dan San Marino,  Andorra belum mencetak koin euronya sendiri; pada Oktober 2004, dimulai perundingan antara Andorra dan UE sehingga Andorra dapat mencetak koinnya sendiri. Juga dalam bidang pertahanan Andorra yang tidak mempunyai tentara sendiri, sepenuhnya berada dibawah lindungan Perancis dan Spanyol.

Demografi

Orang-orang Andorra merupakan minoritas di negerinya sendiri; hanya 33% penduduk memegang kewarganegaraan Andorra. Kelompok terbesar nasional asing ialah demikian orang Spanyol (43%), dengan Portugis (11%) dan Perancis (7%) beserta kelompok lainnya. Sisanya 6% termasuk dalam bangsa lain.

Laporan dari mpek DuL

One Response to "Andorra"

  1. wahyudi  26 July, 2019 at 18:30

    pengin banget pelesir ke sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.