Iron Man Race

Lani – Kona Hawaii

Iron Man race dimulai di Honolulu, O’ahu 31 tahun yl. Kemudian dipindah ke Kailua Kona, the Big Island of Hawaii. Iron Man adalah pertandingan triathlon (renang, sepeda, lari) kelas dunia, pesertanya untuk tahun ini datang dari 57 negara, total dengan 1775 atlit, pria dan wanita.

Kota Kailua Kona yang biasanya sepi, lengang, tiba2 jadi ramai karena para atlit yang datang dari 57 negara, bersama dengan sanak keluarga mereka, supporter, masih ditambah dengan turis biasa, bak pasar tiban.

Pertandingan diadakan tanggal 10 Oktober akan tetapi para atlit sudah berdatangan 2 minggu sebelumnya, karena mereka harus berlatih dan terutama menyesuaikan dengan iklim Hawaii, yang panas dan lembab, akan tetapi tidak sepanas seperti di Indonesia, karena Hawaii adalah sub-tropic.

Sebelum hari H, diadakan 2 kali parade pertama tanggal 5 Oktober dinamakan Parade of the Nations, peserta pawai sepanjang jalan dimulai dengan alphabetis. Yang sangat mencengangkan M’sia ikut berpartisipasi, heran juga timbul pertanyaan mana neh peserta dari Indonesia????

Parade kedua diadakan tanggal 8 Oktober dinamakan Underwear parade (underwear run), bener juga sesuai dengan namanya, peserta lari dengan hanya mengenakan underwear saja, lucu, aneh, tapi nyata.

Tanggal 9 Oktober hari istirahat tidak ada kegiatan apapun karena esok hari adalah hari pertandingan, pertempuran hidup-mati buat semua atlit peserta.
Sejak beberapa hari sebelum pertandingan Kailua Kona Pier sangat sibuk, mereka menyiapkan tower, kursi track seperti yang di stadium, dan segala macam tetek bengek pirantinya.

Tanggal 10 Oktober jam 6:00 pagi saya sudah menyemut bersama penggembira lainnya sudah pasti mereka datang dari manca negara, karena bisa saya dengar mereka berbicara dengan berbagai macam bahasa yang saya tidak mudenk!
Semua dengan tujuan yang sama ke Pier pada pagi hari itu, dan berkumpul untuk melihat peserta adu otot berenang dilautan Pacific dengan jarak 2.6 miles.

Peserta termuda usia 20 tahun, tertua 80 tahun, ada beberapa peserta disable tuna kaki, satu peserta cancer survivor+heart transplant.

Diawali dengan pidato singkat dari mayor Kailua Kona, kemudian disusul dengan national anthem, kemudian pak mayor membunyikan canon sebagai tanda start pertandingan renang.

Saya tidak mendapatkan posisi yang dekat untuk bisa ambil foto peserta tapi saya bisa melihat mereka dari layar bioskop dari tower.

Bak cendol para atlit berenang berebut paling depan, suasananya ramai, hiruk pikuk oleh para supporter.

Entah demi pengamanan atau alasan apa, sehari sebelumnya angkatan laut Amerika yang berpusat di Honolulu berlabuh di Pier, banyak para cadet (?) berlalu lalang di jalanan.

Kemudian diumumkan dari tower kalau group navy seals (navy parachute team-Leap Frogs) America mengadakan terjun payung, secara serentak semua penggembira mendongak ke atas angkasa.

Betapa indahnya group navy seals ini terjun payung tandem, dan di kaki mereka tersembur asap berwarna-warni seperti pelangi saja, apalagi mereka dengan meliuk-liuk diangkasa membentuk lingkaran, tanda bintang, bunga, menambah keindahan penampilan mereka (saya sempat ngobrol dengan salah satu group penerjun payung dan dikasih sticker mereka).

Setelah sejenak sempat terkagum-kagum dengan aksi mereka, pandangan kita fokuskan kembali pada pertandingan renang, tak lama satu persatu atlit naik ke darat, langsung naik ke sepeda mereka dan mulailah perjalanan panjang menempuh jarak 112 mile bike ride.

Membayangkan para atlit jadi ingat pepatah jawa “otot kawat balung wesi” pepatah itu tepat menggambarkan betapa kuat, gagah perkasanya mereka baik atlit wanita atau pria.

Ada beberapa kejadian lucu ktk para atlit menaiki sepeda, sepatu terlepas, lupa pakai kaos kaki, bahkan ada yang nyeker yang ini tak tau karena apa? Yang jelas terlihat di tubuh mereka terbalur tebal sunblock/sunscreen untuk melindungi kulit mereka dari garangnya panas matahari Kona pada siang hari itu.

Pier jadi sepi setelah para atlit bertanding sepeda. Tak berapa lama satu persatu menyelesaikan bersepedanya, mereka langsung lari menempuh jarak 26 mile.
Terik matahari membakar para atlit, mereka mandi keringat sampai terlihat ngocor dari badan mereka basah kuyub, mereka tidak nampak kecapaian masih garang, penggembira di kiri kanan jalan ikut gempar dan bersemangat jadi supporter negara mereka masing2, yang dari Australia nampak paling heboh mereka membawa atribut seperti stuff animal kangguru, koala, bel yang dipasang di leher sapi, bendera, dan yell2 mereka. Lucu, campur geli karena mendengar aksen Inggris mereka menggelitik telinga saya.

Ada juga supporter yang memberi air minum, sambil ikut lari dengan peserta dari negaranya, tak kurang pacar, istri/suami yang memberi semangat pasangan mereka yang ikut bertanding.

Pertandingan berakhir jam 24:15 pagi keesokan harinya. Biasanya saya tidur tidak lebih dari jam 10 malam, hari itu dengan terpaksa tidur jam 1 pagi, karena suasana yang sangat rame, dengan komentator dan music yang tiada hentinya diputar sebagai penyemangat.

Hasilnya pemenang pertama wanita adalah Chariissie Wellington dari Inggris, dan pememang pertama pria adalah Craig Alexander dari Australia.

Sampai ketemu pada Iron Man race bulan Oktober ditahun 2010.

Aloha and Mahalo,

Lani
Kailua-Kona The Big Island of Hawaii

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *