Vous Parlez Français?

R. Siska Perez – Somewhere

Hai… Teman-teman Baltyra sejagad raya…salam damai buat anda semua!!!

Vous Parlez Français? Kata ini sering sekali saya dengar ketika saya menginjakkan kaki di Negara yang dipimpin Nicolas Sarkozy ini.

Ihh… boro boro Bahasa Perancis la wong bahasa Inggris aja belum tamat paling banter juga dulu sekolah nilai 6.. itu mah dah untung gimana kalau udah ikan mas ha..ha..ha.. merah melulu.

Tapi mau tak mau ya harus mau aku harus belajar dan harus mengerti bahasa ini karena sangat penting dalam kehidupan sehari hari.

Eiffel

Oh ya satu lagi yang perlu diingat dan ini berdasarkan pengalamanku dan bukan hasil riset ya he..he..he.. bahwa orang orang Perancis ini sangat fanatik banget ama bahasanya so walaupun mereka mengerti bahasa inggris tapi jangan harap mereka mau ngomong banyak pake bahasa Inggris resek bangat kan??? :)

Vous Parlez FrançaisDulu sebelum menginjakkan kaki di Perancis 3bulan sebelumnya saya sudah masuk khursus Bahasa Perancis di Alliance Français di kota saya cuma gurunya Orang Indonesia at list yang aksen nya totaly beda bangat ama yang memang asli orang Perancisnya.

Nah ketika saya menginjakkan kaki di Perancis dan saya pergunakan bahasa yang sudah saya pelajari selama 3 bulan itu uhhhh….. pusing 7keliling tidak ada satupun mereka yang mengerti apa yang aku ucapin he..he..he..kebayang kan gimana malunya aku.

Tapi untuk aku selalu ada slogan dalam hidup "kamu bisa kalau kamu mau". dan sampai sekarangpun saya masih belajar bahasa Perancis sudah berkisar setahun yang mana saya sudah bisa berbicara walaupun belum sempurna sempurna amat. Dan saya punya rencana untuk belajar bahasa ini sampai saya dapat diplomanya doain ya teman teman:).

Ok… Mari kita belajar sama-sama:

Pertama tama yang harus kita pelajari adalah basic awal alpabet dan gimana pengucapannya…

A(a) diucapkan seperti Anak
B(be)………………………Bateau
C(ce)………………………Cadeau pengucapan kado
D(de)………………………Daniel
E(e)………………………ini yang menarik untuk dibahas karena E nya orang Perancis ada 3 yakni e biasa dengan pengucapan seperti emas, é dengan garis miring kanan diatas pengucapan mulut agak tertutup hampir seperti O
dan è garis miring kiri di atas mulut terbuka lebar jadi pengucapan e dengan è garis miring kiri hampir sama kedengarannya.

F(ef)………………………forét
G(je)………………………Nah kalau g ketika disatukan dengan huruf vocal e dan i maka pengucapan ge menjadi je dan gi menjadi ji.
sedangkan ga, go, gu, pengucapan sama tapi ketika g+ui pengucapan akan menjadi gi contoh sagui maka diucapkan sagi. (Jangan pusing ya teman Baltyra he…he..he.. enak kog kalau udah tau)
H(as)……………………… Asss seperti kalau ngucapin asyikk contoh cheval pengucapannya ssssheeval…, jadi bibir bawah agak nungkik ke atas atau seperti suara ular berdesir…

I(i)………………………seperti il
J(ji)…………………….Jardin
K(ka)…………………. Koala
L(el)………………….. Lapin…,tapi ketika ada 2L dalam satu kata seperti contoh Marseille maka pengucapan akan menjadi Marseye LL menjadi Ye
M(em)…………………Mama
N(en)…………………. Nature
P(pe)…………………..Pantalon oh ya ketika P+H maka pengucapan akan menjadi Fe
Q(ky)……………………Qu yang mana pengucapan seperti kuuuu u nya terkesan panjang
R(er)……………………Rose
S(es)………………….. S juga menarik untuk dibahas karena pengucapan akan berbeda beda contoh huruf mati +S+huruf hidup maka pengucapan S nya akan panjang seperti Persone

Nah… kalau huruf hidup+S+ huruf hidup maka S akan berubah menjadi Zzzzzz seperti Isole maka pengucapan akan izzzole

T(te)………………………Tante
U(yu)……………………..Union
V(va)………………………Va
W (duble v)…………….double V yang artinya 2 kali V V kan menjadi W seperti Wagon
X(iks)……………………..Exama
Y(ingrek)………………..Pengucapan igrek
Z(zed)…………………….Zero

Hayo….. blom ngantuk dan bosan kan he..he..he..

France

Setelah Alpabet yang sangat terpenting sekali didalam mempelajari bahasa Perancis ini adalah penjabaran antara kalimat maskulin (le)dan féminim(la)…gimana mempelajari kalimat itu maskulin atau féminim memang ada rumus nya tetapi tidak selalu akurat itulah bahasa Perancis sometime is not logic at list ya harus banyak menghafal uhhhhh……

Ok mengetahui itu maskulin atau féminim :

  1. Biasanya kalimat ataupun kata yang berakhir di e biasanya selalu féminim tapi ada juga yang walaupun berakhir di e maskulin makanya di bilang "biasanya" contoh la maire, la colombie, la femme ect…..
  2. Nah apa apa saja kalimat yang maskulin… banyak yang penting kita harus hafal dan sering baca buku itu saja prakteknya seperti le nephew,le petit,le livre (nah ini dia salah satu termine di e tapi livre itu kategori maskulin) ,le froid,le temps, ect..
  3. Maskulin dan féminin juga selain Le, La ada juga Un(pengucapan aaaa) dan Une (pengucapan unne ) contoh Un Finlandais ,Une finlandaise dan ini juga ada rumusnya.
  4. Dari semua yang dijabarkan ini yang paling terpenting dari sini adalah kalimat ataupun kata tidak bisa berdiri sendiri harus dibarengi Le La atau Un, Une itulah bahasa Perancis contoh kalau kita ngomong J'aime bien musigue (saya suka musik) it's totaly wrong… Kenapa? Karena kita tidak menggunakan penjabaran itu maskulin atau féminim jadi yang benarnya adalah J'aime bien la musigue.

Mengenai angka untuk saya ini sangat menarik dan lucu…

Normaly saya pelajari angka yang biasanya 1sampai 100 berurutan nah …, uniknya kalau di bahasa Perancis NO…Kenapa?…Aku pernah tanya ama Prof ku jawabannya hanya itulah uniknya bahasa Perancis itu kita hanya belajar mengerti dan menerimanya serta sometime its not logic :)

Zero (zero)0
Un (a) 1
Deux(deu) 2
Trois (troa)3
Quatre(karrrt)4
Six (sis) 6
Sept (set)7
Huit (uitte)8
Neuf (neuf)9
Dix (dis) 10
Onze (onsse) 11
Douze (dus) 12
Treize (tres) 13
Quatorze (kators) 14
Quinze (kens) 15
Seize (ses) 16
Dix-sept (disset)17
Dix- huit (dissuit)18
Dix-Neuf (disneuf) 19
Vingt (veng) 20
Vingt- deux (vengdeu) 22 dan seterusnya sampai
Trente (trong)30
Trente et un (trongtea) 31dan seterunya sampai
Quarente (karong) 40
Cinquante(sengkong) 50
Soixante (soasong) 60
Soixante et un (soasongtea) 61

Nah sampai kita di yang uniknya …pengucapan 70 itu berdasarkan 60+10 jadi Soixante-Dix he..he..he.. unik kan!!

Gimana dengan 71ya… 60+11 yang mana di list Soixante-Onze (soasongonse) dan selanjutnya sampai 79

80 gimana dong… yeahhhh kalau dari ilmu yang kupelajari seperti ini 4X20…,quatre -vingts (katreveng) hiihiihii lucu kan!!!

81sambungannya yakni quetre-vingts et un (katrevengtea) sampai 89
90 gimana penjabarannya yakni 4X20+10 jadi quatre-vingt-dix(katrevengdis)
91 menjadi 4X20+11 yakni quatre-vingt-Onze (katrevengonse)sampai 99
Dan sampailah kita ke 100 Cent (song)

Berharap belum pusing kan bacanya he..he,he.. kalau pusing berarti normal kenapa karena otak anda sedang bekerja dengan baik untuk mencernanya he..he..he..

Karena saya juga dulu baru mempelajarinya hampir tiap hari kena migrain walaupun sebenarnya sampai sekarang saya masih belajar cuma ya.. karena udah lebih paham dan mengerti ya ..migrainnya dah ga kambuh lagi!!

Sacre Coeur

Notre Dame

At list ini sih masih dasar dasar dalam pelajaran bahasa Perancis karena masih banyak lagi yang lebih menarik untuk dipelajari karena di dalam bahasa Perancis juga seperti bahasa inggris atau bahasa indonesia yang pernah saya pelajari ada masa lampau (passé), masa sekarang (présent) dan masa akan datang (future).

Voila…
Je m'apelle R.Siska Perez
J'habite à Paris en France et Je suis mariéé avec un français
J'aime bien écrier, la musique, et voyager dans le monde .

Dan satu lagi saya sertakan lagu kesayangan saya di dalam bahasa Perancis ya itung itung obat pusing ok???

16 Comments to "Vous Parlez Français?"

  1. Sri Juniarti  26 May, 2013 at 12:19

    hay friend my name is SRI JUNIARTI,I lived in Indonesia I attended middle school Vocational yps Sumatran selatan.my interested in culture diPrancis.I hope you’ll share other interesting stories about the culture there.I get an assignment from my teacher about foreign cultures, I hope you can help me to tell the culture that was there.I say thank you, I hope you reply
    sorry if my language is too little jelek.saya yet mastered the language outside.I hope you declared it
    tkans you mr.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.