Pengalaman Pagi Ini

non sibi – midwest usa

Tulisan ini saya buat karena beberapa minggu sebelumnya terjadi diskusi melalui email dengan seorang teman di Indonesia tentang pajak yang saya bayar setiap tahunnya kepada pemerintah Amerika.

Seperti biasa pagi tadi saya menyetir sendiri ke kantor, dalam perjalanan saya mendengar suara sirene me-raung2 dari arah belakang dan searah dengan perjalanan saya. Sesuai aturan semua kendaraan berhenti di tempat untuk memberi jalan kepada kendaraan tersebut yang ternyata adalah mobil polisi. Saya cuma pikir pasti sang polisi sedang mengejar mobil yang nakal.

Sesudah mobil polisi itu lewat, tentunya semua kendaraan meneruskan perjalanannya lagi. Agak jauh didepan, terlihat nyala lampu merah biru putih kedap kedip terang sekali; meski telah lewat jam 8 pagi, udara mendung tanpa matahari; biasanya sih itu mobil polisi atau ambulan; jadi saya pikir pasti telah terjadi kecelakaan. Ternyata bukan kecelakaan tetapi ada sebuah mobil kompak warna merah yang berhenti di sebelah kanan jalan (jalur lambat), ketika saya melewatinya pintu sopir terbuka lebar, sudah ada beberapa tenaga paramedik mengerumuni pengendara mobil itu, saya juga melihat sudah ada tandu yang siap dipakai.

Accident

Mobil pemadam kebakaran yang besar dan berwarna merah emas pun sudah ada di tempat plus mobil polisi yang meraung-raung tadi. Saya tidak tahu apakah pengemudi mobil merah itu menderita serangan jantung atau asma sesak napas tetapi lupa membawa tabung oksigen, ataupun sebab lainnya; tetapi saya tahu pasti bahwa penderita gawat darurat berada di tangan orang2 berpengalaman yang mengerti tindakan yang musti dilakukan sebelum membawa penderita ke rumah sakit terdekat.

Ternyata menjadi petugas seperti mereka, musti dibekali oleh pengetahuan seperti seorang dokter saja.  Lulus SMU kemudian melanjutkan pendidikan menjadi EMT (Emergency Medical Technician). Tingkat tanggung jawab dalam tugas tergantung dari sertifikat yang dimiliki. Pendidikan EMT tertinggi adalah paramedik. Oleh sebab itu dalam 1 mobil ambulan selalu ada lebih dari 2 orang (EMT/paramedik). 

Menjadi seorang petugas pemadam kebakaran harus mengantongi sertifikat paramedik. Hm, itulah sebabnya ada mobil pemadam kebakaran juga disana. Tentunya pikiran dan tenaganya bisa dipakai untuk membantu melakukan tindakan darurat.

Sambil melanjutkan perjalanan ke kantor saya berkata dalam hati, tentunya kalau saya atau siapapun mengalami kejadian serupa di tanah Paman Sam ini pasti aparat-aparat tersebut akan melakukan tindakan yang sama, cepat dan tangkas. Saya tidak mungkin mengawasi apakah pajak yang saya bayar setiap tahun kepada pemerintah pusat maupun pemerintah negara bagian itu ada sekian $ dipakai untuk mendanai perang Irak, Afganistan, atau perang lainnya. Tetapi saya patuh memenuhi kewajiban saya membayar pajak setiap tahun sebagai warga tanah Paman Sam, karena saya menikmati dan melihat langsung apa yang Paman Sam berikan kepada warganya.


Referensi:

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.