Dian Naid dan Anggrek

Dewi Aichi – Brasil

Dian Naid atau Dian Rahardjo atau akrab ku panggil mbak Dian, wanita yang kini bermukim di Depok. Tidak menyangka setelah 7 tahun perkenalanku dengan mbak Dian, tiba-tiba sekarang sudah sibuk dengan kebun anggreknya. Dulu pertama kali aku mengenalnya, mbak Dian adalah ibu rumah tangga yang mempunyai anak tunggal , dan tinggal di Seoul Korea mengikuti sang suami yang bertugas di sana.

dian

Baiklah saya di sini akan mengungkapkan kiprah mbak Dian di bidang anggrek. Awalnya mbak Dian ngga suka anggrek, tapi karena iseng-iseng masuk ke milis anggrek, akhirnya mbak Dian berniat untuk mencoba menanam anggrek di Indonesia. Tahun 2002 mbak Dian mulai mencari tahu lebih banyak tentang ilmu menanam anggrek.

Saking niatnya, semua pertanyaan dan jawaban yang ada di milis di rangkum terus dipelajari. Untuk mewujudkan keinginannya, mbak Dian mulai bingung, mana bisa menanam anggrek di Seoul, lahan saja tidak punya. Akhirnya dengan seijin suami, mbak Dian berniat untuk pulang ke Depok bersama anaknya dan mulailah mbak Dian menanam anggrek di Depok.

Semua persiapan untuk menanam anggrek seperti buku-buku anggrek sudah dibelinya dari berbagai toko buku online seperti Amazon, toko buku di Singapore. Buku-buku itu hampir 1 koper penuh dan dititipkan pilot KAL untuk dibawa ke Jakarta.

Butuh waktu 2 tahun untuk memutuskan menetap di Depok, sekaligus waktu itu untuk mempelajari cara berkebun anggrek. Sebelum kepulangannya ke Depok, mbak Dian sudah mulai mengumpulkan bibit-bibit anggrek. Nah..akhirnya kesampaian juga rencana mbak Dian untuk pulang ke Depok. Mbak Dian menyempatkan diri mampir di Bangkok sekaligus mencari tambahan bibit-bibit anggrek botolan di Bangkok.

Saking niatnya nih, begitu sampai Jakarta, langsung tuh bibit-bibit anggreknya di tanam satu persatu dan dipelihara sampai lama kelamaan bersemi. Butuh biaya, butuh ketelatenan, kesabaran dan ketekunan untuk bisa berhasil seperti sekarang.

Setelah sekarang bisa menanam anggrek di kebunnya, mbak Dian juga tidak berhenti berpetualang mencari species baru di hutan-hutan bersama teman-teman PAI ( Perhimpunan Anggrek Indonesia), dan saya akan mengajak teman-teman pembaca Baltyra untuk mengunjungi kebun anggrek mbak  Dian. Yuk lihat kebunnya melalui foto-foto ..!

foto 1

foto 2

foto 3

foto 4

foto 5

foto 6

foto 7

foto 10

foto 11

foto 9

kebun-Dikara-Orchids-1

kebun-Dikara-Orchids-2

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

26 Comments to "Dian Naid dan Anggrek"

  1. YM. Enief. Adhara  28 October, 2013 at 23:01

    wah Mbak Dian keren banget, belajar anggrek dari nol sampai bisa seperti ini

    Depok-nya dimana ya ? pingin main deh lihat lihat

  2. Tri Sundang  12 January, 2011 at 10:52

    Aku baru tau riwayat Bu Dian (begitu aku biasa memanggilnya) secara pasti dari sini, sblmnya aku kira Bu Dian cuma pedagang musiman. Salut bwt perjuangannya ya……, mudah2an kita bisa bekerjasama lagi di lain waktu ya. Moga anggrek Indonesia tetap berjaya……!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *