Captain Budi Soehardi, Finalist CNN Heroes 2009

Sophie's Note :

Hallo sobat Baltyra di mana saja berada, ada cerita tentang anak Indonesia. Perjuangannya telah memberi arti dan membawa berkah, kebahagiaan bagi banyak anak anak yatim piatu. Dia tidak mengharapkan sesuatu atau balas budi, semua diberikan dengan tulus dan tanpa pamrih.

Inilah cerita tentang Budi Soehardi, yang pada tgl 16 November akan berada di Jakarta. Jika Sobat Baltyra berkenan meluangkan waktu, bergabunglah bersama di Blitz Megaplex.

Vote for Budi Soehardi, di http://www.cnn.com/SPECIALS/cnn.heroes/vote/, Sobat Baltyra dapat memberikan suara hingga tgl 19 Nov, hari Kamis Eastern Standart Time Waktu USA Pk 6. Atau Tgl 20 November Waktu Indonesia Barat , Pk 18.00. Sobat Baltyra dapat men-vote sebanyak mungkin jika berkenan. 

Pilihlah Captain Budi, karena pilihan kalian mempunyai arti yang dalam, jika kalian mempunyai Facebook, atau twitter atau tautan yang lain, berbagilah cerita ini, sehingga Seluruh dunia mengetahui, ada anak bangsa Indonesia yang menjadi kebanggaan Negara, ditengah carut marutnya derita Negara Indonesia.

over he Pacific

Alvin – Canada

Kalau anda orang Indonesia, tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri melihat nama "Budi Soehardi" ada di dalam satu deretan nama 10 finalist CNN HERO 2009. Selama ini, berita di luar negri selalu menayangkan berbagai bencana dan malapetaka yang terjadi di tanah air dan mau tidak mau kita ikut sedih dan bertanya-tanya: apakah hanya berita buruk yang menjadi 'top news' dari tanah air? Tetapi, awal musim gugur tahun ini, ada berita baik dari tanah air yang ditayangkan CNN, yaitu tentang dedikasi Mas Budi Soehardi dan keluarganya. Mari kita lihat lebih dekat lagi siapa dan apa yang mas Budi dan keluarga lakukan selama ini.

Terlahir di Jogyakarta tanggal 31 Agustus 1956, mas Budi menyelesaikan TK, SD, SMP dan SMAnya di sekolah Bopkri ( Badan Oesaha Pendidikan Kristen Indonesia). Setelah itu, melanjutkan kuliah sebentar ( 3 bulan) di Sanatha Dharma Jogja. Setelah itu, mas Budi berangkat ke Sydney, Australia untuk belajar penerbangan. Setelah lulus, mas Budi menjadi Pilot Garuda Indonesia selama 5 tahun dan berhasil melanjutkan kuliahnya pada waktu yang bersamaan, pagi terbang sore kuliah ekonomi di Universitas Krisna Dwipayana sampai selesai. Setelah itu, bergabung dengan penerbangan Internasional Singapore Airlines sejak April 1998.

Mas Budi senang menyanyi, ini dimulai sejak di bangku sekolahan dan juga di gereja.

Dalam kegiatan luangnya, mas Budi senang bertanam, menanam dan memelihara tanaman bunga atau buah-buahan dan rupanya kesenangan yang dilakukan secara tekun bersama keluarganya,  yang nantinya akan menghasilkan berkat bagi orang lain, terutama bagi anak-anak didiknya.

Pada tahun 2000, mas Budi beserta ibu Peggy, istrinya yang selalu dengan setia mendukung kegiatan sosial mas Budi, mengunjungi anak-anak korban kerusuhan di Timor-Timur setelah mereka melihat berita di TV. Singkat cerita, mereka tidak jadi berlibur tetapi memutuskan untuk mengunjungi anak-anak tersebut dengan membawa keperluan sehari-hari dan atas bantuan berbagai pihak yang tergerak hatinya, mereka berhasil menjangkau anak-anak yang membutuhkan bantuan saat itu.

Dari pengalaman perjalanan tersebut, mereka tergerak hatinya dan menyewa rumah untuk menampung anak-anak yang kehilangan orang tua pada masa pergejolakan/ pemisahan Timor-Timor dari Indonesia. Karena bertambahnya kebutuhan dan jumlah anak-anak, akhirnya mereka bersepakat menjalankan sebuah panti asuhan dengan membangun sebuah gedung.  Panti asuhan ini diberi nama Roslin, diambil dari dua nama nenek asal Timor-Timur: Rosalind dan Violin, yang ibu Peggy kenal sejak kanak-kanak, merekalah yang memberi nasehat untuk selalu berbuat kebaikan.

Kenyataannya, mendirikan sebuah panti asuhan tidaklah semudah yang dibayangkan orang, banyak hal yang komplex yang harus dipertimbangakan secara matang. Sampai saat ini, mas Budi beserta istrinya menjalankan panti asuhan tersebut secara mandiri, tidak mengandalkan pendanaan, tetapi hanya dari sumbangan  orang-orang yang tergerak hatinya untuk membantu. Saat ini, panti asuhan Roslin sudah swasembada beras karena mas Budi dan keluarga berhasil menanam padi sendiri, beserta tanaman buah-buahan di sekitar lahan panti asuhan.

Pada awalnya, visi dan misi bapak tiga orang anak ini adalah memberikan pendidikan pada anak-anak yatim piatu Roslin yang nantinya akan memperbaiki keadaan daerah yang miskin, terutama dimana mereka tinggal. Dengan memberikan pendidikan dan persiapan hidup yang memadai pada anak-anak tersebut, merekalah nantinya yang akan membangun daerahnya secara mandiri. Dengan bekal 'ora et labora' – doa, ketekunan dan kesabaran, kita tentunya berharap cita-cita tersebut akan terealisir di kemudian hari.

roslin

library

roslin 3

roslin 4

Panti asuhan ini terletak di daerah Kupang yang terpencil, di mana dunia luar tidak pernah tahu keberadaannya dan apa yang mas Budi dan keluarga telah lakukan selama ini. Usaha dan jerih payah mas Budi dan keluarga mendapat spotlight dunia internasional, setelah Tina Vanderpol, temannya mas Budi dari Canada datang ke panti asuhan Roslin pada bulan April dan July y.b.l.

Tina yang membuatkan Facebook panti asuhan Roslin dan Grace Ong, anak dari Wendy (kawannya mas Budi yang lainnya) membaca Facebook Roslin tersebut dan menulis tentang kegiatannya mas Budi ke CNN. Setelah itu, CNN menghubungi mas Budi dan diwawancari di LA selama kurang lebih tiga jam saat mas Budi berada di sana, lalu dilanjutkan interview tersebut di NY central Park selama 2 jam. Disamping itu, dilakukan shooting di tempat mas Budi bekerja, saat berangkat kerja di NY dan masih dilanjutkan shooting di panti asuhan selama tiga hari.

Sekuritinitas seperti ini selalu dijalankan CNN, karena cerita dan kenyataan harus sejalan dan dilihat secara gamblang; hal ini tentunya menyangkut credibilitas CNN.
Dengan ditayangkannya cerita tersebut di CCN dan dicalonkannya mas Budi sebagai salah satu CNN Heroes tahun ini, berita tentang kegiatan mas Budi dan panti asuhannya "go public/ go international". Tanggal 16 November yang akan datang CNN beserta Rotary International akan mengadakan Hometown Rally di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, jam 2:00 siang. Silahkan pembaca Baltyra di Jakarta dan sekitarnya untuk bergabung.

Untuk lebih lengkapnya lagi, anda bisa buka link ini:
Website Roslin: www.roslinorphanage.org
Webite CNN Heroes: www.cnn.com/heroes
(select for Budi Soehardi and vote)

PLEASE DO COME AND JOIN US , THIS HOMETOWN RALLY WILL BE HELD AT

Blitz Megaplex, Grand Indonesia


JAKARTA

NOVEMBER 16TH

14:00 PM


THIS HOMETOWN RALLY IS HOSTED BY CNN AND

ROTARY INTERNATIONAL .


IN THE MEAN TIME PLEASE CONTINUE TO VOTE ON  WWW.CNN.COM/HEROES

SELECT FOR BUDI SOEHARDI AND VOTE.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.