Tahiti – French Polynesia

Mpek Dul – Holland
 
Adalah salah satu pulau yang terbesar di Samudra Besar Selatan atau Samudra Pacific, bahasa perancis : Polynésie française, bahasa Tahiti : Porinetia Farani  atau Pays d'Outre-Mer disingkat POM yang berarti “negara bagan di seberang samudra”adalah sebuah komunitas seberang laut (Collectibite d''Outre-Mer = COM) Perancis yang terletak di Samudra Pasific bagian selatan.
 
Tahiti Title
 
Wilayah ini menikmati status otonomi yang lebih tinggi di antara COM-COM lainnya. Terhitung Februari 2004,  wilayah ini juga menyandang status negara seberang laut ( pays d'outre -mer ) yang bersifat non-legal.
 
Polinesia Perancis terdiri dari beberapa gugus di Kepulauan Polinesia, Salah satu di antaranya adalah Pulau Tahiti yang sangat dikenal oleh turis-turis seperti Hawaii, Negara bagian A.S. sehingga negara ini lebih dikenal dengan nama “Tahiti” meski Tahiti sendiri sebetul nya adalah salah satu bagian dari wilayah Kepulauan ini yang dahulu dikenal dengan nama Otaheite.
 
Bersama dengan pulau-pulau Moorea, Bora-Bora dan 118 pulau-pulau kecil lainnya termasuk Polynesia Perancis dan sampai sekarang masih menjadi provinsi dari Perancis. Sebab itulah bahasa resmi yang dipakai adalah bahasa Perancis.
Luas negeri ini 4.036 km2 yang tersebar di 2.500.000 km² di Samudra Pasifik. Jumlah penduduk sekitar 285.000 orang. Ibukota Negara ini adalah Papeete yang kebetulan terletak di Tahiti. Agama penduduknya adalah 54% Protestan dan 35% Katoliek Roma. Ibukotanya. Papeete Tahiti mempunyai satu lapangan erbang internasional, di samping itu juga mepunyai pelabuhan dengan akomodasi yang bagus sehingga sering sering dikunjungi oleh kapal-kapal Cruise.
 
Dari1946 tot 2003 Frans-Polynesië adalah semacam propinsi dari Perancis: Territoire d’Outre-Mer atau TOM. Baru sekitar th 2004 menjadi POM, negara yang mempunyai otonomi yang besar dan mempunyai mata uang CFP – frank (belum ada 1 eurosen), dan lagu kebangsaan sendiri: La Marseillaise , namun tetap bergabung sebagai satu negara serikat dengan Perancis.
 
Kepala negara nya adalah kepala negara Perancis, yang saat ini President Nicolas Sarkozy , seorang keturunan Hungaria, sedangkan perdana menterinya adalah seorang pribumi. Juga hari nasionalnya Polinesia Perancis sama dengan Perancis yaitu 14 Juli.
 
BIENVENUE A TAHITI  - WELCOME TO TAHITI
 
 
Papeete dapat dicapai dengan penerbangan dari Eropa dari Paris atau dari Amsterdam, London, Frankfurt ke Los Angeles di AS. Dari itu dengan Air Tahiti Nui ke Papeete. Dari Asia adalah lewat Australia atau New Zealand.
  
Tahiti adalah salah satu pulau yg exotis dan banyak dikunjungi oleh turis-turis, karena pemandangannya yang begitu indah sekali terutama pantai, pengunungan dan hutan nya yang kaya dengan fauna dan flora. Juga pelukis Perancis Paul Gaugain yang sangat dikenal pernah tinggal dan bekerja bertahun-tahun di sini.
 
Moorea
Moorea berarti “Kadal kuning” adalah salah satu dari pulau French Polynesian island, 17 km dari Tahiti. Pulau ini sangat digemari sebagai tempat untuk perkawinan tamasya.
 
 
Bora Bora
Bora Bora, pulau yang terindah di antara semua pulau-pulau French Polynesia, mungkin yan terindah di seluruh dunia karena begitu bersih udaranya, pasirnya dan air laut yang biru yang sangat jernih, dilingkari dengan pohon-pohon palm. Satu tempat untuk beristirahat.
 
Huahine
Pulau ini terdiri dari 2 bagian yang dihubungkan dengen jembatan. Di masa surut kita dapat berjalan dari pulau yang satu menujuk ke yang lainnya.
Pulau ini dikenal juga sebagai “pulau kebun”. Seperti juga dengan pulau-pulau lain di French Polynesia, pulau ini mempunyai keindahan alam yang luar biasa yang bgeitu membawa ketenangan.
 
Rangiroa
Atol yang terbesar di dunia. Atol adalah pulau yang berbentuk lingkaran di mana ada danau ditengahnya dan kaya akan batu-batu karang (koral). Rangiroa ini sebetulnya asal mulanya adalah puncak gunung berapi yang sudah tidak lagi bekerja dan gunungnya sendiri berada di dasar laut. Tempat ini menjadi kegemaran para penyelam koral.
 
Fakarava
Fakarava, menjadi lindungan dari UNESCO, karena alamnya yang begitu unik dan masih murni, belum dijelajahi manusia dan diolah sebagai tempat untuk turisme.
Pantainya yang begitu indah disamping kaya akan flora dan fauna sehingga menjadi kegemaran para biolog.
 

27 Comments to "Tahiti – French Polynesia"

  1. mpekDuL  1 April, 2012 at 21:32

    SILVIA ADELINA Says: April 1st, 2012 at 14:50
    tahiti is dreamland for the world

    Really ? or one april joke…?
    Well lady, I think you are telling the truth.

  2. SILVIA ADELINA  1 April, 2012 at 14:50

    tahiti is dreamland for the world

  3. GC  24 November, 2009 at 11:11

    Mpek jadi anak pantai yoo..dari semua foto di atas yang Fakarava yg mana?sebagus apa sih pantainya?penasarann…itu fotonya ga ada keterangannya sih.. btw, Mpek rambutnya udah gimbal belum?

  4. Jane  23 November, 2009 at 13:23

    Whua ada pantai pasir hitam disana, menurut kabar berita pasir hitam amat sangat berguna: gunanya apa tanya mang wiki aja..

  5. J C  23 November, 2009 at 08:25

    Komen Mpek memang gayeng tenan…hahahaha…

  6. mpek DuL  23 November, 2009 at 00:24

    IWAN SATYANEGARA KAMAH
    “Brengsek! Orang Eropa! Mereka bisa punya integral di Pasifik. Sementara orang Asia dan Pasifik boro-boro punya wilayah di daratan Eropa. Jadi imigran mau hidup baik-baik, di diskriminasi. Dasar kulit putih, mau menang sendiri…”.

    Nah ini adalah nada orang yg irihati, nuduh macam2. Rupa2nya nggak bisa kesana jadi nyari alasan menuduh. Kami disini meski etnis, dilingungi hukum, tidak di diskriminasi, tidak dibakar rumah2 kami, tidak usah main suap kalau mau masuk sekolah negeri, atau mau jadi pegawai negeri, kami dihormati sebagai manusia.
    Sebagai anggauta badan pengawas korupsi fiskal dan ekonomi disini penagawa mpek sudah mem proses dan menangkap berapa bule2,meski mpek orang etnis. Bagaimana mungkin? Karena dinegara ini kami mengenal hukum dan hukum ditegakkan tanpa membedakan etnis, pribumi, boss besar, jendral, anak menteri atau selebrity. mpek termasuk aparat negara, siapa yg coba menyuap, saya akan usut sebagai penghina terhadap petugas hukum negara. Kami mempunyai status tersendiri sebagai anggauta korps ini,karena dapat menangkap seorang menteri bila melanggar hukum. Sekalipun mobil dpt didenda kalau salah parkir.
    Itulah bedanya dengan negara2 lain. Kalo tindakan, perasaan, gerak gerik kita seperti tauke mau main perintah dan menang2an dinegara orang, ya jangan heran kalau sampe di diskriminasi. Diskriminasi itu yang memungkinkan adalah karena tindak tanduk kita sendiri yg tidak tahu diri. Integrasi itulah kuncinya, bukan kepentingan agama, suku, ras sendiri lebih dipentingkan, tetapi hukum dan ketertiban.
    Hampir semua negara2 eropa bersih dari korupsi dan suapan bila dibandingkan dengan negara2 di Asia itulah satu kenyataan. Hanya Singapura adalah satu2nya negara di Asia yang menduduki tempat di ranking 10 negara terbersih didunia, karena hukum juga diterapkan, dan tidak bisa ditawar menawar.

    Harap jangan memakai forum ini untuk meluapkan emosi anda sendiri dengan menulis seperti ini karena hanya dapat mengacaukan suasana gembira disitus ini. Itulah yang saya ingin tekankan.

    JC.
    Mpek jadi besanan sama Sophie gak? Itu lho tinggal milih salah satu dari 3 di foto…
    Wadooh, Sopshapie baru umur 26 dan anaknya baru 13 mana bisa? Kan menurut hukum, anak dibawah umur juga dilindungi hukum. Udah Victor saya kirim ke Tahiti atau Hawai saja, biar cari disana Black black sweet, tidak soal asal atinya baek, dan nggak rakus. Mau kawin sama suku apapun kami nggak keberatan. Yg penting dia happy. Itu kan harapan orang tua.

    DEWI AICHI
    Mpek Dul: cewe2 sana kok dadakurata semua ya???
    Ya, karena nggak diganjal silicone, pure nature. Buat apa dadakumbendol kalo pake anabolide dan digenjel dipompa silicon, kan namanya palsu dan bahaya? Itu kan cuman buat show?
    Semua manusia itu mempunyai kecantikan sendiri2, sayang sekali tidak semua orang menyadarinya, dan tidak semua barang yg bersinar dan bercahaya itu emas bukan?

    Pesan mpek, Pake komputer yg powerful, dan jangan beli di loakan karena murah, jadi nggak terganggu.
    Nah selamat sore semua sebab ferry yg ke Swedia sudah mulai bergerak dan laptop mau mpek tutup. Sudah boleh makan dan mau antree ambil makanan ikan salmon dan knackerbjord + salad, sebab mpek nggak makan babi dan sapi, takut kalau bau babi atau sapi
    Bon Appetite

  7. Sophie  22 November, 2009 at 20:09

    Ko Han, kadang komentnya suka masuk kespam, jadi mesti ditarik keluar lagi.
    Itu kemarin ada kesalahan link, kalau buka dgn IE tdk sempurna, terpotong artikelnya. Sudah dibenarkan, jadinya sekarang blas blas metu semua potone

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Image (JPEG, max 50KB, please)