Esplanade – Singapore

[email protected] – Singapore

Selamat Pagi Siang Sore Malam dan Subuh kepada seluruh pembaca Baltyra. Sekali lagi saya mencoba membagi photo dan menulis sedikit tentang kota/daerah/negara di mana saya tinggal saat ini dan bekerja, Singapore.

Daripada saya menjelaskan tentang Singapore, mending kita bicarain salah satu object wisata yang selalu dikunjungi oleh banyak orang, apalagi teman2 dari Indonesia yang berkunjung kemari, hampir 100% pasti pernah 1x mengunjungi si durian montong ini. Baiklah, untuk mempersingkat cerita ini silahkan dinikmati foto2 di bawah.

Waduh, jangan kaget gitu dong, Cuma karena melihat buah durian ini, sebetulnya konsep dasar Esplanade adalah buah durian. Buah yang selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk Negara sekecil ini. Untuk melihat lebih lengkap sejarah mengenai si durian ini silahkan baca di mas Wiki.

http://en.wikipedia.org/wiki/Esplanade,_Singapore

Nah, maka dari itu untuk mempersingkat kata2 maka saya tampilkan :-

Cerita dikit ahhh… Ada satu kejadian sedikit konyol ketika mengambil photo Fig 6. & Fig. 7 ini, ketika itu sedang asyik2nya berusaha untuk mengambil photo bayangan matahari di sore hari, tiba2 salah satu dari security guard Esplanade datang menghampiri dan berkata “I’m sorry sir, but you’re not allowed to take picture inside Esplanade, this detail is copywrite”.

Dan setelah kaget sesaat, saya berkata “ huh… sorry? We’re not allowed?”;

“yes sir, u’r not allowed to take picture inside here”, dan dia tetap berdiri di tempat untuk memastikan bahwa detail atap tersebut tidak diphoto lagi.

Dengan bertampang BT dan sedikit sok tau saya berkata “ I thought we’re not allowed to take picture after that gate (pointing the entrance to the theater) and inside the theater, but not here. There is no sign NO PICTURE TAKING here, I know there is those sign inside the theater. So that’s mean I can take picture of anything here, including that (pointing to the nice shadow). Show me the rules&regulation that we can’t take picture of the shadow inside Esplanade.”

Sesaat kemudian setelah tampak berpikir sebentar pergilah sang petugas keamanan tersebut. (entah mau ambil/baca peraturannya dulu atau gimana). Lalu pergilah saya dan dengan rasa penasaran yang masih cukup tinggi (emosi jg tinggi) saya mencoba bertanya kepada salah seorang dari Management Esplanade (ada di lantai 2) they gave me an answer that for me is abit kind of weird… ‘yes, u can take anything inside Esplanade except inside ‘the theater’. From outside the theater do not point u’r camera to the theater area. It’s illegal. But for the shadow ABOVE or the structure above is ok.”. setelah mendapat jawaban seperti itu, bingung, berjalanlah saya menuju ke roof terrace Esplanade. Inilah apa yang saya tangkap dari atas…

Tidak lengkap kalo berjalan ke Esplanade tanpa mengunjungi sang Merlion, benar begitu mas Buto? Secara tinggal nyeberangin Singapore River sudah sampai. Untuk Merlion banyak sekali photo2 yang sudah beredar. Jadi ini hanya tambahan.

Baik sekian sekilas info dari Esplanade & Merlion. Bagi anda yang sedang berkunjung jalan2 ke Singapura atau tinggal di Singapura. Coba jika anda berjalan di jembatan sekitar Padang, Esplanade, & Merlion apakah anda bisa melihat salah satu graffiti di jembatan (illegal tentunya). Sebulan/duabulan ya lupa tepatnya…. saya lewati jembatan tersebut. Masih ada…

Cherio,
Note :semua photo yang malam hari itu hunting no 11. Jadi masih agak2 jelek dan pertama kalinya hunting photo di malam hari :D

About [email protected]

Nama Panggilan PamPam atau Pampers, nama beken [email protected], nama Asli (rahasia)... bergelut dibidang dunia arsitektur, sempat di Singapore cukup lama lebih dari 10 tahun, menempa pengalaman di negeri tetangga, dan akhirnya balik ke Indonesia dengan cita2 mengembangkan "public housing" atau kata bekennya rumah susun di Indonesia.

Arsip Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.