Kristal dan batu mulia

Dewi Aichi – Brasil

Lihatlah kemilau cahaya kristal, sungguh indah, menakjubkan. Pada setiap warna kristal yang dipancarkan, membawa keindahan tersendiri, memukau setiap mata yang memandangnya. Pijaran-pijaran cahaya kristal memberikan kesan mewah dan glamour. Karena itulah maka kristal dijadikan perhiasan dan accesories yang menawan.Warna-warna kristal sangat beragam. Warna-warna kristal juga mengikuti bulan:

-Januari: Delima, simbol kepercayaan dan persahabatan. Warnanya semakin merah semakin mahal.

-Februari: Kecubung, sering bertindak mengikuti falsafah agama. Warnanya ungu gelap.

-Maret: Aquamarine,menenangkan, meredam perasaan amarah.

-April: Berlian, simbul kasih sayang, semangat, ceria.

-Mei: Zamrud, berkaitan dengan kesuburan, konon pemakainya bisa awet muda.

-Juni: Mutiara, simbul kebahagiaan rumah tangga.

-Juli: Merah Delima, dikaitkan dengan kekuatan dan kekuasaan.

-Agustus: Peridot, simbul pelindung, atau pengayom.

-September: Nilam, konon dipercaya bahwa pemakai akan mempunyai daya tarik.

-Oktober: Tourmaline, sesuai untuk yang berjiwa muda.

-November: Citrine, memberikan semangat dan harapan. Warna kuning kecoklatan.

-Desember: Turquisa, memberikan energi positif. Warna biru laut.

warna-warna kristal

PB240080_800_600

Selain kristal, ada beragam batu mulia yang konon dipercaya mempunyai kekuatan mistik, atau untuk penyembuhan suatu penyakit. Bahkan banyak pula yang menyimpannya untuk jimat.  Tentang ini aku tidak mengerti dan tidak paham kebenarannya. Aku mengagumi jenis-jenis batu mulia karena keindahannya, warnanya. Contoh batu mulia berdasarkan tingkat kekerasannya:

Berlian ( jenis batu mulia yang paling keras), korondrum, topaz, kuarsa, ortoklase, apatit,fluroid, kalsit, gipsum, talk.  Ada jenis batu mulia "jade" atau dikenal dengan nama batu giok yang warnanya ijo. Jade sendiri berasal dari bahasa Spanyol yaitu piedra de ijada yang artinya batu dari sisi. Pada jaman Colombus, batu giok dihargai lebih mahal daripada emas. ini karena kegunaannya yang konon bisa mengobati penyakit ginjal. Warna batu giok sendiri bermacam-macam, tidak sebatas warna hijau saja, ada warna biru agak ke abu-abuan, orange, merah, coklat.

paragraf.1

PB240078_800_600

PB240079_800_600

Tulisan ini adalah hasil dari kunjunganku ke sebuah showroom yang letaknya di sebelah utara jembatan kali Krasak (perbatasan DIY-Jawa Tengah). Dari arah Jogja menuju candi Borobudur ada 3 buah showroom (maaf untuk nama saya lupa, karena tidak sengaja nyasar masuk). Showroom yang paling dekat dengan jembatan kali Krasak adalah showroom yang mirip museum, didalam terdapat bongkahan-bongkahan batu kristal, dan batu mulia. Pengunjung bisa meminta petugas untuk mengetahui cara memproses bongkahan batu mulia hingga menjadi sebuah perhiasan yang cantik.

PB240074_800_600

PB240082_800_600

Untuk showroom ke 2 dan 3, pas dari jalan Magelang belok ke kiri (arah dari Jogja) menuju candi Borobudur, berada di sebelah kanan jalan. Di sini sama halnya dengan showroom-showroom perak yang berada di Kotagede. Berbagai macam perhiasan mulai dari perak dan batu-batu mulia ada di showroom ini. Di sebelah showroom ada juga butik yang menawarkan berbagai macam baju batik, dari model yang cantik sampai model yang norak-norak juga ada.

Nah, kalau anda mau mengunjungi candi Borobudur, baik yang dari arah Jogja maupun yang dari arah Semarang, pasti akan melewati depan showroom ini. Ngga rugi bagi yang menyukai accesories, hmm…pasti tergoda ! Karena memang sangat cantik-cantik.

Imagem 012_800_600

Imagem 013_800_600

PB240083_800_600

PB240085_800_600

PB240087_800_600

PB240088_800_600

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

63 Comments to "Kristal dan batu mulia"

  1. wiwik  9 March, 2014 at 06:24

    Saya sangat tertarik mempelajari tentang batu mulia, dimanakah sy bisa memperlajarinya secara langsung. Mohon jika ada yg bisa membantu. Tq.

  2. dhianie nurjanah  26 March, 2012 at 20:53

    saya minta no hp anda…ayah saya butuh info tentang bongkahan batu permata

  3. Dewi Aichi  13 February, 2012 at 16:46

    Helmi….lho kenapa kok hilang?

Terima kasih sudah membaca dan berkomentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Image (JPEG, max 50KB, please)