Hairy Crab

Sophie Mou

Suka makan kepiting ? Kalau kepitingnya berbulu ? Yup, Kepiting berbulu atau Hairy Crab.

hairy crab

hairy crab 4

Setiap musim gugur adalah musim panen kepiting berbulu, hampir semua restorant di China menyajikan Kepiting ini. Apa kehebatan makhluk kecil ini sampai berharga puluhan RMB China , ada yang ratusan dollar RMB, bahkan diexport keluar negeri.Yang ceng lake

yang cheng lake 1

Makhluk kecil ini dikenal sebagai makanan dengan kenikmatan tertinggi dalam masakan Shanghai. Kepiting berbulu ini adalah salah satu jenis kepiting air tawar, diternakkan di sepanjang garis pantai yang panjang antara Sungai LiaoHe di utara hingga Sungai ZhuJiang di selatan China. Kepiting yang berasal dari YangCeng Lake dan Taihu di Propinsi JiangSu adalah yang terbaik dan terpopuler. Kepiting dari YangCeng Lake memiliki daging manis, dan lebih kecil bentuknya. Yang lebih besar berasal dari Taihu. Kepiting ini mahal harganya karena khusus diternakkan. Kepiting ini diternakan di danau yang bersih airnya dari polusi, dengan kedalaman tidak lebih dari 2m, dengan sinar matahari yang mencapai dasar laut danau.

Harga kepiting yang besar berkisar antara 340 RMB – 400 RMB perkilo-nya. Yang agak sedang 200 RMB – 150 RMB/kg. Ada juga Kepiting yang kecil berkisar antara 80 RMB – 120 RMB/kg. Kepiting jantan bobotnya berkisar antara 100g – 200g, dan yang betina antara 15g – 60 g. Kepiting berbulu ini mempunyai warna merah keemasan dengan dua cangkang depan yang dipenuhi dengan bulu-bulu lembut.

Mengukus adalah cara paling klasik untuk memasak kepiting berbulu, terutama dimaksudkan untuk menonjolkan rasa asli dari kepiting. Kepiting ini dipercaya mempunyai hawa Yin ( atau dingin ), sebagai pendingin bagi tubuh manusia. Salah satu bagian yang paling disukai adalah telur kepiting yang berwarna merah. Telur kepiting ini dimakan dengan saus cuka, irisan jahe dan kecap.

crab egg

hairy crab

crab egg

hairy crab 7

utensils

cuka

Picture :

Lsay

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.