Agama Baru: Sepak Bola

Edy – Qatar

Pada tanggal 14 Nov 2009 yang lalu, pemerintah Qatar berhasil mendatangkan team sepak bola dari Inggris dan Brazil, 2 negara yang sangat erat dengan sepak bola. Dalam pertandingan persahabatan ini, Brazil berhasil memenangi 1-0.
Sekilas catatan tentang Inggris:
  • Sebagai negara penemu sepak bola
  • Liga premier nya terkenal selalu ramai penonton, baik yang main papan atas maupun papan bawah, berbeda denagn liga di Italy atau Spanyol.
  • Holigannya sangat terkenal antusias dan mereka bernyanyi sepanjang pertandingan, mereka mau nglurug ke negara2 yang jauh sekalipun untuk menonton team favoritnya.
  • Dari hasil survey, wanita inggris lebih jeli dan unggul dibanding pri nya dalam menilai offside tidak nya pemain bola.
  • Pemain terkenal nya a/l: Gary Lineker, Steven Gerard, dan David Bekham? Ikon dan idola pria dan wanita, pasti komment disini nanti akan banyak mengenai si ganteng Bekham ini.
  • Duduk di sebelah saya , sekeluarga orang Inggris, terdengar bagaimana antusiasnya sang bapak menjelaskan /mengomentari permainan di lapangan kepada anak tentang startegy bermain , Kaka buka gap, si pemain sayap memancing keluar beck, dll. Dididik sejak kecil rupanya.

Inilah agama baru bagi orang Inggris, saat week end stadion penuh orang.

Nah, sekarang tentang Brazil:

  • Brazil sebagai pemenang terbanyak dalam piala dunia.
  • Sejak anak2 mereka sudah bermain bola di mana mana, bahkan di jalanan bila lapangan bola nya tidak tersedia. Saking banyaknya talenta di sana, mereka mampu membuat 10 team dengan kekuatan yang sebanding untuk level piala dunia.
  • Pemain2 Brazil banyak bertebaran di seluruh dunia, yang terkenal a/l: Pele, Ronaldinho, Kaka, Rivaldo, dll.

Suasana di luar stadion sebelum pertandingan dimulai, bisa menikmati pameran budaya, nonton band, atau ikut pawai penonton / pendukung team.

Sepak Bola 1

Sepak Bola 2

Sepak Bola 3

Suasana di dalam stadion tentu saja lebih seru dibanding di luar, banyak orang membawa bermacam-macam atribut, ada yang face painting bendera di muka, ada yang bawa bendera, ada yang mengenakan kaos team, membawa spanduk raksasa dan di putar ke seluruh penonton secara marathon, ada yang bawa tambur/drum dan tentu saja yel yel, bernyanyi bersama. Karena saya belum pernah menonton piala dunia secara langsung, mungkin aura nya akan dan lebih dari ini.

Yang paling mengesankan, saat lampu di stadion dipadamkan dan semua souvenir berupa lampu phospor yang dibagian ketika masuk gate, menyala terang kebiru-biruan di seluruh stadion.

Sepak Bola 4

Sepak Bola 5

Sepak Bola 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.