Christmas cookies… nastar

Imeii – USA

 

Halo sobat pembaca Baltyra  semuanya… semoga anda semua dalam keadaan baik-baik dan bahagia, Natal dan tahun baru sudah di ambang pintu, untuk teman-teman yang merayakan, udah pada siap-siap belum? Jadi ingat dulu waktu masih kecil, saat-saat begini sibuk banget rasanya, mikirin apa yang paling diinginin supaya bisa didengar santa dan dapat hadiahnya di malam Natal.. biasanya hadiah diletakkan di samping bantal, pagi2 hari Natal pada kesenangan dapat hadiah dari Santa…

 

Oooops… cukup soal nostalgia natal masa kecil ya, kali ini aku mau berbagi resep cookies, Natal juga identik dengan cookies, bermacam-macam cookies, warna warni, rencanaku juga mau bikin beberapa macam cookies ala orang sini, lebih gampang dan juga enak rasanya,  tapi untuk kali ini, resep nastar aja, cookies klasik ala kita, banyak macam resep nastar, tapi yang akrab di lidahku adalah resep dari ibuku, resep ini biasanya dibikin oleh kakakku juga, enak banget, kulitnya renyah dan rasa asem-asem manis selain nenasnya begitu terasa (nendang, istilah bekennya)..

 

Emang rada repot dan makan waktu banyak sih, tapi untuk  pengiritan (kalo beli online mahal sekali) dan juga mengisi waktu luang, akhirnya kuputuskan untuk bikin, sebagai antaran istimewa natal tahun ini.. keluarga suamiku suka  sekali makan nastar ini, dulu sering kubikin, tapi beberapa tahun terakhir ini ngga, malas…

Mulai yok:

Bahan untuk selai nenas:

bisa dibikin sebelumnya, masukkan dalam wadah tertutup rapat dan simpan dalam kulkas

         3 buah nenas sedang, kupas, buang matanya, bisa juga pakai nenas kalengan, pisahin airnya, blender, jangan terlalu halus juga

         gula secukupnya deh, cobain aja

         garam sedikit

         kayu manis

         nenas dimasak sp mendidih, kecilin api, tambahin kayu manis, kemudian masak sp hampir kering, kasih gula dan garam, masak lagi sampai kering, kalo nenasnya terlalu berair, sebaiknya sebagian airnya dipisahin (bisa buat juice nenas)

 

 

Bahan untuk kulit:

         450 gram mentega

         600 gram terigu

         2 sdm susu bubuk

         2 sdm gula pasir

         2 sdm susu kental manis

         3 kuning telor, 1 putih

 Cara:

       kocok mentega dan gula sampai rata (3 menit), tambahin telur, kocok sebentar, campurin bahan lainnya, aduk sampai kalis (aduknya dari bawah keatas.. ngga tau kenapa hehe)

 mulai bagian ini  kukerjain sambil di sofa sambil nonton tivi…

     –     ambil 1/3 bagian dari adonan, sisanya ditutup dengan kain lembab

         pilin dan potong2 sebesar 2 cm an

         ambil 1 potong adonan, bulatkan, kemudian pipihan, isi dengan selai nenas

         tutup  dan bulatkan

         kerjakan sampai selesai, jangan lupa loyang yang sudah penuh ditutupin kain lembab juga

         panaskan api oven, 160’C

         olesin bulatan dengan kuning telor

         panggang sampai matang kira2 20 menit

         dinginkan dan simpan dalam wadah tertutup

Siap dikirim

 

 

yang di bawah ini bikinan emak dan kakakku, daku ngga setelaten itu :)

 

 

Demikian resep kali ini, semoga berkenan ya… emang butuh perjuangan untuk bikin kukis ini,  oleh karena itu makin terasa nikmatnya..

 

Sampai jumpa di resep berikutnya


Salam ngebul dari dapur miniku

Imeii

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.