Christmas ala Hawaii

Lani – Kona, Hawaii

December 2009

Hari Natal tahun ini mengambil tema : The song of Christmas, dalam bahasa Hawaii “ Na Mele O Kalikimaka “

Aloha Baltyrans….jumpa lagi dalam artikelku yang no 4. Tak terasa Christmas akan segera kita sambut, dan Tahun Baru 2010 sudah di ambang pintu.

Ini adalah Christmas parade yang kedua bagiku di Kona, Hawaii. Christmas parade di Hawaii sangat menarik, karena pesertanya dari seluruh perwakilan mulai dari para Veteran perang, Polisi, fire department, murid sekolah dari TK sampai academy, wakil dari pebisnis/toko, gereja (di Hawaii segala macam gereja ada, you name it) hampir di tiap pojok ada gereja, aku sendiri kadang sampai tidak ngerti alirannya.

Humane society lengkap dengan mobil keliling jika ada hewan sakit, mereka berpawai sambil bawa anjing masing-masing sangat menarik.

Rumah Sakit, gym, para kontraktor bangunan, Helco (PLN nya HI), miss Kona Coffee, miss HI, perwakilan dari mayor office, tak ketinggalan perwakilan dari pendatang seperti the Phillipines, Japan, Mexico, green group.

Sambil ber-parade mereka nyebar aneka permen, bangle terbuat dari karet, memberi buku anak-anak, origami.
Kesannya sangat meriah, semua ikut bergembira ria, antara orang yang ikut parade dan penggembira dipinggiran dua sisi jalan.
Sehari setelah Christmas parade, ada street fair, yang diadakan sebulan sekali, jalanan utama ditutup, diganti dengan bertebarnya tenda dari para pedagang, yang dijual beraneka ragam mulai dr crafts, painting, jewelry, bath and beyond, tanaman bunga, tukang pijat juga ikut beraksi, clothings, ada juga street musicians, tapi kemarin istimewa karena ada panggung live music, dengan 3 penyanyi cewe, semua Hawaiian, suara mereka TOP MARKOTOP.

Mereka berdendang dengan bahasa Hawaii dan Inggris, yang nonton tumpleg bleg, udah gitu panggung menghadap ke laut, cuaca cerah, indah tak terkira pemandangan ketika sang penguasa terang dengan cahaya keemasannya bak pijar bola api mulai turun ke titik nadir dan akhirnya menghilang.

Sunset is always gorgeous in Hawaii, membawa nuansa hati tersendiri yang kadang sulit untuk diwujudkan dengan kata-kata hanya bisa dinikmati saja.

Street fair selesai jam 6 sore, cuaca sudah mulai remang-remang, akan tetapi karena ada janji dengan teman untuk ketemu dipinggir pantai, duduk, sambil ngobrol ngalor-ngidul, menikmati deburan ombak yang tiada henti, semilirnya angin laut, keliatan kerlap-kerlip lampu beberapa kapal penangkap ikan berlabuh , sempat melihat burung laut berdiri sendirian dikegelapan malam, entah dia kesasar, atau ketinggalan rombongannya ngga tau.

Kami tinggalkan pantai hampir jam 8 malam.

Tak lupa ku ucapkan pada semua teman di Baltyra yang merayakan “Mele Kaliki Maka (Selamat Hari Natal) 2009” & Ha Ole Makahiki Ho (Selamat Tahun Baru) 2010"


Sampai ketemu di artikel selanjutnya…

Mahalo nui loa,
Lani
Kailua Kona, The Big Island of Hawaii

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.