The fall of a Tiger

Josh Chen – Global Citizen

Siapa tak kenal Tiger Woods? Rasanya semua sobat Baltyra kenal…

Terlahir di Cypress, California dengan nama Eldrick Tont Woods pada 30 Desember 1975, ia lahir sebagai keturunan Afro-Amerika-Thailand dari ayah Earl Woods (1932-2006), seorang prajurit pada Perang Vietnam, anggota Beret Hijau dan ibunya, Kultida (lahir 1944), yang berasal dari Thailand. Dia adalah anak tunggal dari perkawinan Earl dan Tida, tapi memiliki 2 half-brother, Earl Jr. (lahir 1955) dan Kevin (lahir 1957) serta seorang half-sister Royce (lahir 1958). Ketiga saudara tiri ini adalah anak-anak hasil dari perkawinan Earl Woods dengan istri pertamanya Barbara Woods Gray.

Earl, sang ayah adalah blasteran dari berbagai etnis, Afro-American, Chinese, dan native America (kulit merah). Tida yang berasal dari Thailand adalah campuran dari Thai, Chinese dan Belanda. Campuran semua inilah yang menyebabkan tampilan khas Tiger Woods dengan wajah eksotis dan sering dia menyebut dirinya sebagai etnis Cablinasian (Caucasian, Black, (native American) Indian dan Asian).

Nama tengah Tont adalah nama tradisional Thai. Dia mendapatkan nama panggilan Tiger dari seorang veteran perang Vietnam teman ayahnya, Vuong Dang Phong. Akhirnya nama panggilan inilah yang lebih dikenal sampai sekarang.

Dia menjuarai Turnamen Masters tahun 1997 pada usia 21 tahun dan 3 bulan, menjadi juara termuda dalam sejarah. Dia juga memenangi empat gelar Major berturut-turut dimulai dari US Open 2000 hingga Masters 2001; peristiwa ini disebut "Tiger Slam", karena bukan diperoleh "dalam satu musim".

Pada Oktober 2004, ia menikah dengan model asal Swedia, Elin Nordegren. Pada 18 Juni 2007, istrinya melahirkan anak perempuan di sebuah rumah sakit di Los Angeles, California, Amerika Serikat tengah malam. Anak perempuan pertamanya diberi nama Sam Alexis Woods. Kelahiran bayi itu hanya berselang setahun setelah ayahnya meninggal dunia. Anak kedua Charlie Axel lahir tanggal 8 Februari 2009.

Pada tanggal 27 November 2009 Tiger Woods mengalami kecelakaan mobil. Mengutip dari AFP: "Tiger Woods mengalami kecelakaan kecil di luar rumahnya tadi malam. Ia dibawa, dirawat, dan keluar dari rumah sakit hari ini dalam kondisi baik," demikian pernyataan dari kantor Woods dan Florida Health Central Hospital yang dimuat di dalam situs pegolf itu.

Patroli Jalan Raya Florida (FHP) mengatakan, Woods (33) menabrak hidran air kemudian mengarah ke pohon setelah meninggalkan rumahnya pada Jumat dini hari di permukiman Isleworth, Windermere, luar kota Orlando.

Menurut juru bicara FHP Kim Montes, kecelakaan itu terjadi sekitat pukul 02.25 waktu setempat.

Mulailah keguncangan perkawinan Tiger Woods dan model ayu Elin Nordegren terungkap berturut-turut.

Dan Nuni sudah pernah menuliskan dari sisi lain menyebutkan: Konon menurut embusan kabar dari media pula – berdasarkan pengakuan saksi-saksi yang melihat – kecelakaan itu diduga terjadi karena Woods mendapat gangguan saat mengendarai mobilnya. Gangguan yang dimaksud adalah sang istri – mantan model cantik asal Swedia – yang sedang dibakar api cemburu memukulkan stick golf ke kaca mobil sang pegolf flamboyan tersebut.

Lalu apa yang membuat istri Woods begitu marah pada suaminya? Berita dari sebuah website menganalisa kemungkinan sang istri cemburu dan berusaha mengkornfirmasi berita tidak sedap yang sampai ke telinganya yang dia dengar dari sumber terdekat. Selengkapnya ada di: Infidelity, problem klasik pasutri

Ternyata citra seorang olahragawan, suami dan ayah yang baik hanyalah semu belaka. Sirna sudah itu semua ketika satu per satu wanita yang pernah berkencan, bercinta, naik ke tempat tidur, apapun istilahnya; mulai angkat suara, mengungkapkan atau berkicau ke publik.

Dan keluarlah satu per satu, entah benar entah memanfaatkan kesempatan, tapi yang jelas dari pihak Tiger Woods sendiri sejauh ini tak ada sanggahan dan bantahan. Dan malah si istri sedang memroses perceraian dan menyuruh kuasa hukumnya untuk menelisik prenuptial agreement dan mengusahakan hak asuh dan perwalian anak-anak mereka.

Inilah jajaran Tiger’s Mistresses:

Jamie Grubbs (atau kadang ditulis Jamiee Grubbs). Grubss yang bekerja sebagai pelayan mengaku sempat menjalin hubungan dengan Woods selama 31 bulan. Pengakuan Grubbs cukup meyakinkan karena dia punya rekaman pesan suara dari Woods. Kebenarannya? Walahualam…

Tapi Jamie Grubbs dengan terbuka di majalah gossip US Weekly memaparkan rekaman tsb: "Hey it's Tiger, I need you to do me a huge favor. Can you please take your name off your phone? My wife went through my phone…You got to do this for me. Huge. Quickly. Bye." (Foto: The Examiner)

Jamie Jungers. Model seksi asal Las Vegas itu mengaku tidur dengan Woods saat ayahnya, Earl Woods, meninggal dunia tahun 2007 lalu.

Mindy Lawton. Dia mengklaim telah berhubungan dengan Woods di berbagai lokasi berbeda. Keduanya bertemu di sebuah rumah makan tempat Lawton bekerja, yang lokasinya dekat dengan salah satu rumah Woods di wilayah Florida.

Kalika Moquin dalam sebuah cover majalah Life and Syle. Moquin mengaku dicurhati Woods tentang perkawinannya dengan Elin Nordegren yang tak bahagia. (Daylife)

Cori Rist. Seorang perempuan berusia 31 tahun yang sudah punya satu anak. Foto ini dirilis oleh NBC ketika Rist diwawancara di televisi Amerika itu tentang affairnya dengan Woods. (NBC)

Holly Sampson, seorang bintang porno yang juga berprofesi sebagai penari. Keduanya pertama kali bertemu saat Sampson menjadi 'penari' dalam sebuah pesta kejutan ulang tahun Woods. (Vivid Video)

Rachel Uchitel. Seorang pelayan yang menjadi awal terbukanya skandal Woods. Elin Nordegren bertengkar dengan Woods karena Uchitel dan memicu terjadinya kecelakaan mobil Woods. (Reuters)

Uchitel inilah yang menghebohkan dan menjadi “pintu pembuka” terungkapnya jajaran para WIL Tiger Woods ini.

Dari jaman dulu sampai sekarang, hal-hal seperti ini memang tak terhindarkan, selalu saja ada dalam masyarakat. Entah raja, gubernur, presiden, pendekar, kaisar, dan banyak lagi, jatuh karena perilakunya seperti cerita Tiger Woods di atas…

Satu demi satu, sponsor dan “mesin duit” Tiger Woods melepaskannya, walaupun memang ada sebagian yang bertahan dengan icon Tiger Woods ini. Mentioning a few: Accenture, Nike, Gillette, Gatorade, dan masih banyak lagi…

Dalam budaya Jawa juga ada ungkapan mengenai ini, yaitu Mo Limo…di mana salah satunya adalah Madon yang berarti bermain perempuan…

Dan dalam ungkapan Mandarin ada disebut: 英雄难过美人关, pinyin: ying xiong nan guo mei ren guan, baca: ing siung nan kuo mei ren kuan; secara bebas artinya adalah “seorang pendekar pun akan susah menghindari/melewati urusan wanita cantik”…


Sumber foto:

golf.com
tigerwoods-information.com
eonline.com
telegraph.co.uk

About J C

I'm just another ordinary writer. Seorang penulis lepas dengan ketertarikan bidang: budaya, diversity, fotografi, ekonomi dan politik.

Arsip Artikel Website

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *