Badai Salju

Sophie Mou

Hallo sobat Baltyra, terutama yang berada di daerah tropis. Apa kabarnya ? Berbahagialah kalian yang sedang menikmati sinar matahari. Daku di sini sedang mengigil kedinginan. Suhu di kotaku malam ini berkisar di antara –8oC, cukup asyikkan…

Tetapi dibanding dengan yang berada di China bagian utara, rasanya cuaca di sini masih lebih baik. Mereka yang berada di bagian utara sedang mengalami badai salju.

Jika ada salah satu saudara atau teman yang sedang di Beijing atau sedang dalam posisi transit di China bagian Utara, dapat dipastikan nasibnya sedang tidak beruntung, terjebak dalam badai salju.

China bagian utara sedang dilanda badai salju hebat, menjadikan Beijing mencapai suhu terendah dalam 60 tahun terakhir ini , yaitu –16oC. Cuaca yang parah memaksa ribuan sekolah dasar dan Universitas untuk menangguhkan kelas pada tgl 4 Januari 2010, hari pertama kembali beraktivitas setelah liburan tahun baru selama 3 hari.

Pemerintah telah menutup sekolah di Beijing dan Tianjin, lebih dari 2,2 juta siswa berdiam dirumah. Selain sekolah, penutupan juga terjadi pada bandar udara di Beijing, Tianjin, Hohhot dan Dalian, mengakibatkan puluhan ribu penumpang terlantar.

Di bandara internasional ibu kota Beijing, 491 penerbangan tertunda, dan  756 penerbangan dibatalkan, dengan hanya membuka satu dari tiga landasan pacu.

Salju telah memaksa mobil mobil berjalan dengan kecepatan kurang dari 40 km. Banyak jalan tol yang menghubungkan Beijing dengan kota kota di sekitarnya tertutup oleh salju. Bis antar kota juga terhambat oleh cuaca, yang dapat beroperasi dengan normal hanya sistem kereta api.

Stasiun Meteorologi Pusat (CMS) kemarin pagi memperluas peringatan mengenai badai salju dengan mengeluarkan peringatan oranye, peringkat kedua tertinggi mengenai badai salju.

Suhu akan turun 8 sampai 12oC di tengah dan barat Mongolia dalam, bagian timur Cina Barat Laut, Cina Utara, Guizhou dan Chongqing.

Sedangkan di bagian Inner Mongolia dan bagian utara provinsi Shanxi dan Shaanxi akan turun mencapai –20oC di bawah nol. Suhu terendah di wilayah barat laut provinsi Heilongjiang akan mencapai -36oC di bawah nol .

Pemerintah telah memerintahkan secara Nasional dan ke 23 provinsi untuk waspada dan terus memantau arus dingin dan badai salju. "Dengan keadaan kota diselimuti salju, suhu di Beijing diperkirakan akan mencapai titik terendah dalam setengah abad dengan minimum mencapai 16oC di bawah nol," penjelasan dari Guo Hu, kepala biro meteorologi Beijing. Keadaan ini akan berlangsung selama tiga hari setidaknya, kata Guo.

Lebih dari 7.000 polisi lalu lintas dikerahkan untuk berpatroli di jalan-jalan utama kota dan lebih dari 5.000 relawan diterjunkan untuk menjaga ketertiban di halte bus.

Kebayang ngak sih -36oC itu seperti apa ? Daku pernah mengalami badai salju yang hebat di thn 2003 itupun hanya mencapai suhu -15oC. Huh dinginnya sudah makbles deh, brrrr. Nah kalau -36oC itu mungkin kuping sudah berasa ngak nempel kali ya..

Salju yang berat menyebabkan penundaan 13 penumpang kereta di Mongolia Dalam, dan memaksa penutupan keempat bandara di Shandong, serta penutupan jalan raya di 30 negara bagian utara Cina. Gimana mau jalan, lha jalan kereta apinya saja tertutup salju, belum lagi pintu2 kereta yang membeku tidak bisa dibuka.

15 kereta terkubur di salju dan lebih dari 1.400 penumpang terdampar di kereta api tanpa penerangan dan pemanasan. Polisi membongkar pintu kereta yang membeku dikarenakan suhu -28oC. Mereka akhirnya berhasil membuka satu pintu dan mengevakuasi penumpang. Dalam situasi seperti ini, polisi dan para pekerja relawan sangat berjasa, tanpa lelah lebih dari 2000 orang, mereka bahu membahu membersihkan jalur kereta api, ada yang sudah bangun dari jam 4 pagi, dan bekerja hingga jam 12 malam, jatah makanan mereka hanya satu kali dikarenakan kekurangannya pasokan makanan.

Ada yang suka dengan salju bahkan ada yang termimpi mimpi main salju, berguling2an di atas salju, pertama kali liat salju rasanya whuahh senang banget, tapi kalau sudah kebanyakan seperti ini, ampun deh. Mudah2an 3 hari ke depan badai ini cepat berlalu.

 

Ref:

Chinadaily


Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.