Bintang iklan: Presiden Amerika

Kanakin – Canada

Hidup sebagai orang yang terkenal selalu akan menjadi sumber pemberitaan baik yang baik maupun jelek. Sedikit lengah bisa dijadikan objek untuk berbagai kepentingan.

Ini terjadi dengan Presiden Obama yang muncul di billboard besar di Times Square New York tgl. 6 Januari kemarin. Ide ini muncul sewaktu Freddie Stollmack (President Weatherproof, perusahaan yang bergerak di bidang outerwear) melihat di koran yang meliput kunjungan Obama ke China bulan Nopember yang lalu. Merasa familiar dengan jaket yang dipakai Obama, Freddie memakai kaca pembesar dan ternyata samar2 terlihat logo dari Brand mereka.

Komentar dari orang2 yang di'interview dalam pemberitaan TV ternyata mereka senang sekali melihat wajah presiden mereka yang cakep dan trendy, tapi sambil tertawa mereka katakan setuju dengan permintaan Gedung Putih untuk menurunkan billboard tersebut karena ada peraturan yang tidak memperbolehkan hal itu terjadi, lagi pula tanpa ijin presiden.

Boleh bangga bahwa foto ini diambil oleh orang Indonesia, Charles Dharapak (wartawan AP yang masih family dengan Pak Dino Patti Djalal?) di Great Wall Badaling China. Walaupun hak siar foto tersebut telah dibeli oleh perusahaan ini dari The Associated Press, di dalam perjanjiannya perusahaan pembeli harus memiliki beberapa clearance untuk bisa disiarkan sebagai iklan.

Walaupun nantinya di turunkan, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan ini sudah kembali dengan disiarkannya berita ini ke seluruh dunia dan merk ini menjadi terkenal. Walaupun iklannya Cuma dipasang 1-2 hari sudah lebih dari cukup. Ide marketing yang cemerlang ya…

Entah apa yang terjadi di Indonesia kalau hal demikian terjadi. Saya jadi ingat ada iklan produk flu yang figurnya memakai jaket tentara diminta tarik, demikian juga iklan sikat gigi yang meng endorse profesi dokter gigi.

Sumber: Berbagai sumber pemberitaan TV dan Koran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.