Begang aka bebek panggang ala Imeii

Imeii – USA

 

Note:  mohon jangan memperbandingkan bebekku dengan bebek Pekingnya Sophie ya, sudah pasti kalah montok dan mulus, tapi untuk rasa, aku berani tanding deh, soalnya sesuai dengan seleraku…. Ini hanya bebek panggang biasa.. 

 

Halo…sobat Baltyra… kita jumpa lagi., habis liburan kita semua kembali ke daily life masing2.. kali ini aku mau berbagi resep rekaanku sendiri, ini percobaan pertama dan syukur deh hasilnya maknyuss.. 

 

Beberapa waktu yang lalu daku sempat berbincang dengan seorang temen mayaku yang tinggal di WA, seperti biasa, kalo udah ngobrol di telpon yg kadang bisa sampai berjam2, topik menarik kami adalah soal makanan selain topik lainnya yang juga menarik, soal peralatan dapur keluaran baru, soal anak2nya dan banyak lagi…

 

Beliau sempat cerita kalo lagi mau bikin bebek panggang, wah mataku langsung bersinar, membayangkan enaknya bebek panggang yang digantung di rumah makan Asia.. dalam hati langsung deh nyatet kalo itu juga termasuk salah satu menu buat kami nanti, kapan2….

 

Setelah melihat foto bebeknya diblog beliau, wah makin nekat deh, apalagi kemudian disajikan bebek Peking oleh Sophie.. dengan semangat 45, aku ke toko local sini, dan tanyain kalo mereka jual bebek, ternyata ada, dan tinggal satu2nya dan aku dikasih diskon buanyak (mungkin bebek di sini ngga banyak peminat), langsung deh kusambar tawaran diskonnya… kupandangin wajah suamiku, sepertinya beliau shock dan tidak begitu bergairah dengan keputusanku beli bebek, tapi seperti biasa, beliau tidak ngomong apa2, menyerahkan semua keputusan di tanganku (baru kusadari bahwa daku tidak sempat bilang kalo aku mau beli bebek, jadi beliau kaget juga)

 

Setelah browse sana sini, akhirnya kuputuskan untuk membumbui sesuai seleraku, untuk caranya sih sempat nyontek dikit di youtube.. ternyata hasilnya oke banget, si abang juga kayaknya surprise dengan enaknya bebek panggangku, keliatan banget dari ekspresi wajahnya saat gigitan pertama.. duh happy deh… alamat lain kali bakal beli bebek lagi…

Mulai yok:

 

Bahan:

1 ekor bebek, bilas bersih, kemudian dikeringin, aku pakai paper towel aja, kalo menurut youtube sih diletakkan dekat kipas angin atau diangin2in  selama berjam2 (ogah ah, takut masuk bakteri)

 

 

Bumbu2nya: merica, ketumbar bubuk, garlic powder, ngohiong (five spices powder), angkak, garam, sedikit kecap manis dan minyak, 2 sdm air jeruk nipis/lemon, semuanya campur rata

 

 

 Cara:

         setelah bebek dikeringin, olehin bumbu keseluruh badan bebek, bagian dalam perut juga

         letakan dalam loyang (roaster), jangan lupa dikasih rak, dengan demikian semua lemak akan turun dalam loyang

         ambil topo ato sapu tangan bersih, basahin dengan minyak, tutupin bebeknya

 

 

         panggang dalam api 350oF / 175oC selama 2 jam lebih, sekali2 dikeluarkan buat diolesin bumbu lagi, juga jangan lupa tusuk2 badan bebek biar minyaknya keluar semua

 

 

 

sajikan dengan nasi anget  

 

 jangan lupa sambal terasinya

untuk si abang, dada bebek dengan baked potato

Untuk teman2 yang vegetarian semoga cukup puas dengan buncis dan snow pea rebus ya..

Terima kasih untuk kesempatan tayang kali ini, semoga bisa berguna buat teman2 pembaca, kalau ngak suka bebek, boleh pakai ayam juga..

Salam ngebul dari dapur miniku..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.