Pengalamanku dilasik

Ambarmeri – Jakarta

Dear all Baltyrans,

Note ini adalah kesaksian pribadi aku yg ingin aku bagi pada rekan Baltyra, terutama untuk tanteku tercinta nun jauh di sana moga keinginan tante dapat terwujud, amin :) Sebelumnya aku ingin menyampaikan rasa terima kasihku tentu pada Tuhan yg telah menuntun tangan para dokter & perawat dan pihak rumah sakit yang telah bekerja dengan sangat baik. DAN, Suamiku tercinta :) untuk segala support, doa & cintamu hingga miracle ini dapat engkau wujudkan :) I lv u Yank :)

Aku menjalani operasi lasik pada tgl 25 November 2009. Sebelum menjalani lasik mata tersebut, aku pribadi takut & was-was karena aku belum pernah jalani yang namanya operasi. Apalagi ini operasi mata, kalo gagal gimana ? Wahhh bakal kiamat hidupku :( hehehehe itulah yg ada di pikiranku. Akhirnya setelah cari info dan browsing internet dan juga terutama karena ada dukungan dari suami tercinta, aku & suami memutuskan untuk coba konsultasi dulu ke salah satu Dokter di Jakarta Eye Center Menteng Jakarta. Kenapa aku pilih JEC menteng, pilihan ini semata mata karena faktor pilihan suami. Di mana Atasan tempat suami bertugas memiliki record pelayanan yang sangat baik. Kualifikasi dokter lasiknya sangat bagus dan fasilitasnya juga bagus … pokoknya harus cari yang expertnya deh :) heheehhe

Pemeriksaan Awal
Pagi hari tgl 21 November 2009, dateng ke JEC jam 09.00. Habis isi formulir pendaftaran dan antri untuk konsultasi. Oh ya , Dokter yg aku pilih waktu itu DR Dr. Tjahjono Gondhowiardjo SP.M. Beliau adalah Wakil Direktur RS. JEC Menteng. Dokternya sangat ramah & informative. Saat no antrianku dipanggil untuk bertemu langsung dengan Dr.nya. Aku dan suami ajukan pertanyaan, Lasik itu apa sih Dok ? Trus gimana prosesnya, sayaaratnya apa dan apakah mata saya bisa dilasik ato enggak. Enggak ketinggalan aku sampaikan keluhanku, dimana aku sering ngerasain sakit kepala, seperti vertigo, sekitar kening sering sekali ngerasa nyut nyutan, capek mata. Dan pasti sangat menganggu penampilan hehehehe. Ternyata Dokter menyarankan agar aku jalani pemeriksaan awal, setelah keluar hasil dari pemeriksaan awal tsb baru deh dokternya bisa jelasin bla bla bla … hehehehe…

Ya udah deh, akhrnya aku antri untuk pemeriksaan awal. Pemeriksaan dimulai dengan test tekanan bola mata, pemetaan bola mata, dan test test lainnya. pokoknya aku ikutin petunjuk dokternya :0

Pemeriksaan awal ini sama sekali enggak sakit kok, jadi tenang aja. Oh ya kondisi kedua mata aku minus 9 dan silindris 1. Aku udah pake kacamata sejak SMP kelas 1. Awalnya minusku dulu hanya minus 1/4 dan minus 1/2. Tidak ada silindrisnya. Di dalam keluarga hanya aku yg pake kacamata, aku sering diledek sama kakakku " wahhh ada ibu guru cilik" karena itu aku sering melepas kacamata. lalu aku beralih pake soft lense. Mungkin karena kebiasaanku yg lepas pakai kacamata/soflense dan ada faktor bertambahnya umur. MInus kedua mataku tambah lama tambah naik :( sampe dengan yg udah aku sebutkan di atas.

Saat pemeriksaan awal udah aku jalani semua … Lalu hasilnya aku berikan pada Dr.nya. Waktu itu Expresi dokter cuma angguk angguk dan bilang bagus … bagus … hehehehhee…

Ternyata hasilnya kondisi mata, kornea, syaraf dan semuanya sangat bagus. Minusku stabil dalam 1 tahun terakhir. dan aku udah lepas soft lense lebih dari 3 bulan. Yang aku saranin bahwa… bicaralah apa adanya sama dokter, jangan ada yang disembunyikan karena pasti dokter akan tau semuanya. Lalu, mulai deh dokternya jelasin apa itu sebenarnya lasik … bla .. bla .. bla :)

Setelah jelas semuanya, dokter umumkan pada aku & suami bahwa kalo aku siap hari itu juga bisa langsung dilasik. WADUCH ! Wahhh grogi donk aku dengar penjelasannya. Rencana cuma mau konsultasi dulu ternyata dokter bilang bisa dilasik nanti sore jika aku siap. JUJUR aja aku belum siap lahir bathin dok ! hehehheheh. aku bilang akan dipikirkan dulu.

Setelah musyawarah mufakat dengan suami dan minta pendapat sama ortu. Dan Dukungan moril maupun materiil dari suami tercinta hehehehhee, aku bikin janji siap laksanakan lasik tgl 25 November 2009.

Proses Lasik
Tanggal 25 November 2009 jam 16.00 aku siap dilasik. Perawat sangat ramah. Ruangan Operasinya cukup nyaman. Sambil nunggu dokternya dateng, perawat memberikan aku obat tetes mata sebagai biusnya. Kalo gak salah 3 X aku di kasih obat tetes mata. Obat tetes ini pertama diteteskan kerasa perih sekali, tapi bisa kau tahan, enggak sakit kok … Enggak sampe 5 menit rasa perihnya udah hilang. Jam 17. 15 WIB dokter Tjahjono dateng dengan senyum ramah. Ayuk Meri kita masuk ! WADUCH … deg deg annya masih ada ! Tapi karna aku yakin… aku berkata dalam hati. Semua dapat berjalan lancar, Tuhan ada di sampingku :) aku gak takut.

Lalu aku ditidurkan, dan mataku kembali diteteskan obat bius mata. Kondisiku sadar. Lalu mataku dipasang alat seperti cincin yg gunakan agar mata tidak bergerak. Oh ya, sebelumnya perawat dan dokter memberi instruksi bahwa aku harus ikuti arahannya. Mata jangan berkedip atau menutup.

Langkah pertama

Pembuatan flap kornea mata, di mana selaput tipis pada mataku diiris mengunakan laser. Proses ini dilakukan bertahap artinya satu-satu. Mata kanan dulu lalu kemudian mata kiri. Saat pemasangan ciincin yg dieratkan pada bola mataku rasanya seperti ada tekanan, tapi gak sakit kok ! Pembuatan flap kornea mata juga enggak terasa sakit sama sekali.lalu mataku dilaser, dokter menyuruhku menatap sinar hijau. Prosesnya sangat cepat hanya 15 detik. Dan, Puji Tuhan aku dapat bekerja sama dgn perawat & dokter. Aku sanggup tetap konsentrasi agar mata tidak berkedip/ goyang saat mata dilaser. Lasernya terasa dingin.

Setelah itu aku menunggu sekitar 10 menit agar gelembung-gelembung udara di bola mataku hilang. Lalu aku pindah tempat tidur. Prosesnya sama sekali enggak sakit.

Langkah kedua

Flap yg telah dibuat dibuka lalu dilaser kembali. Di sinilah proses penghilangan minus, silindris ataupun plus. Mataku kembali dipasang cincin, lalu aku diminta menatap sinar merah. Proses ini berlangsung selama 15 detik. Enggak terasa sakit! Lasernya terasa dingin, namun aku mencium seperti aroma terbakar. Dokter akan menghitung mundur. Enggak terasa, tau-tau udah selesai. Flap yg dibuka tadi, dikembalikan ke posisi semula, dokter menyuruh aku berkedip kedip. Di sini otomanis flap kan menyatu kembali. Proses ini tanpa ada jahitan. karena semua dikerjakan dengan menggunakan laser.

Miracle itu Datang
Akhirnya enggak sampai 30 menit, proses operasi lasik itu selasai, sampai akupun terheran heran ! Udah selesai ya dok! hehehehehehe

Saat itupun aku udah bisa melihat wajah dokter utuh dan jelas sekali. Masih terasa berkabut sihh .. tapi aku langsung bisa liat situasi kamar operasi. Waktu masuk kamar operasi terlihat buram :)

Proses operasi lasik itu bisa dilihat langsung oleh suamiku. Saat itu aku didampingi suami dan ayahku :) Mereka juga bilang kok cepet banget :) Sayank, suamiku lupa ngerekam prosesnya. Karena konsen melihat prosesnya :) hehehhehehe

bersambung

36 Comments to "Pengalamanku dilasik"

  1. Lia  31 May, 2012 at 20:29

    sis.. aq jg pingin lasik, kmarin ini udah ngejalanin serangkaian pemeriksaan mata jg.. dan hasil nya layak lasik.. cmn ngebayangin kornea diiris agak ngeri sis. Padahal udah bete bgt ake kacamata melulu dr SD.
    Oya aq mau tnya nih.. sis kan udah pengalaman Dari setelah mata sis di lasik thn 2009, sampai skrg 2012 ini gimana kondisi mata nya? Trus habis di lasik, apa nggak ada keluhan sama sekali sis? udah langsung bisa ngelihat normal? Thx

  2. Ambarmeri  20 January, 2010 at 08:44

    Sophie,
    yg aku rasakan saat itu penglihatanku sudah jelas tapi masih berkabut. Aku langsung bisa mengenali wajah perawat yg lagi nulis dgn jrk kira kira 3meter loh

  3. Ambarmeri  20 January, 2010 at 08:40

    Ihampst, Aimee & Encek =>
    aku cm bedrest total 1 hari aja kok, kalo mandi aku pake kcmt renang, tapi tetep aja gak berani keramas selama 3 hr, setelah itu berani keramas tapi sambil merem hehehehhe
    Dana yg dikeluarin kalo di JEC menteng, aku pake yg ilasik. 1 mata 9jt ( aku lsg 2 mata = 18 juta ), pemeriksaan awal sekitar 1.5jt, obat2nya sekitar 200rb. Total sekitar 20jt.
    Encek : sekalor itu apa ya ?????????

  4. Ambarmeri  20 January, 2010 at 08:32

    P Dj,
    Apa kabar Bpk ? senang dgr p dj sehat Betul p, skr harus sy hrs jaga baik baik mata baru ini, jgn sampai pake kcmt lg Hobby baca n nokrong didpn PC jg harus dikurangin :0 hehehehehe

  5. Ambarmeri  20 January, 2010 at 08:20

    Chiko :
    waktu itu aku operasi lasik jam 17.00, 1 hari 1 malam aku langsung bedrest, besok pagi udah fresh loh…. Memang selama 1 minggu aku ambil cuti kantor, selama itu hanya diam di dalam rumah aja tetapi masih bisa aktifitas sperti biasa kok…. tapi yg ringan ringan aja

  6. Ambarmeri  19 January, 2010 at 16:56

    Gondhez => hmmm… waktu itu sih aku hny konsultasi ke satu org Dr. aja, tapi sebelumnya aku udah cari info apa itu lasik, apa yg akan terjadi sesudah lasik, efek negatif / positif via internet. Aku percaya dengan Dr. yg nangani aku krn ada referensi dari suami Pasti percaya donk sama suami sendiri :0 heheheheh

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

Image (JPEG, max 50KB, please)