Gadon ala Pawon Peony

Peony – Serpong

Halooo Sahabat Baltyra di manapun berada…

Apa kabarnya?? Semoga semuanya senantiasa dalam lindungan Tuhan YME ya..

Udah lama ya Peony gak masak di Baltyra, mohon dimaklumi karena awal tahun kesibukan di kantorku luar biasa… "menyesakkan"… hikz…

Tapi sekarang dah lega-an jadi mari kita masak lagi di dapurku, Pawon Peony. Menu kali ini adalah menu berbahan dasar daging sapi yang sangat praktis dan ekonomis, aku pelajari dari biasa masih dari Mami-ku.. hehehe, dan namanya "Gadon".. 

Aku gak tahu seberapa banyak rekan-rekanku Sahabat Baltyra yang sudah pernah dengar menu ini (lha wong suamiku aja ngak tahu apa itu makanan yang namanya "Gadon).. tapi seingatku menu ini sangat jamak di Jawa Tengah…

Dan gak pake lama… inilah sajianku hari ini

Gadon ala Pawon Peony

Bahan:

  • 250 gr daging sapi giling siap pakai
  • 500 gr kol / kobis, iris halus
  • 20 butir bawang merah iris halus
  • 4 batang serai, dimemarkan
  • 8 lembar daun salam
  • 3 butir telur ayam
  • santan dari 1/2 butir kelapa atau 50 ml santan siap pakai
  • garam, lada secukupnya
  • sedikit gula pasir untuk stabilizer rasa.

Caranya:

  • Kocok lepas telur ayam + garam + lada + gula pasir, masukkan santan, aduk hingga rata.
  • Masukkan daging giling + irisan bawang merah ke dalam kocokan telur santan, aduk hingga tercampur rata. Masukkan irisan kol, aduk-aduk lagi sampai tercampur rata.
  • Siapkan wadah tahan panas, beri beberapa lembar daun salam pada dasar wadah, masukkan adonan gadon, sampai setengah wadah, masukkan serai dan tutup dengan adonan gadon lagi, beri daun salam dan serai di atas adonan.

  • Kukus adonan hingga matang.
  • Siap disajikan dengan sepiring nasi putih hangat dan sambal terasi..

Ohya, versi aslinya yang sedikit agak ribet, adonan gadon ini dibungkus (dipincuk / di-tum) dengan daun pisang, kemudian kukus hingga matang.

Tapi karena aku mau praktis, maka aku pakai wadah tahan panas aja dan mengenai rasanya tetep enak kok., ngak percaya?? silakan langsung aja dicoba. Siapa tahu cocok dengan selera ya…

OK deh. Selalu memasak dengan sepenuh hati, Peony.

Dear Redaksi Baltyra, terima kasih ya udah ditayang…

Sahabat Baltyra, terima kasih ya udah membaca resep-resep ala dapurku, Pawon Peony (http://pawonpeony.blogspot.com/)

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.